Resep dan Cara Membuat Peyek Laron, Nikmat dan Gurihnya Selangit

Resep dan Cara Membuat Peyek Laron, Nikmat dan Gurihnya Selangit

Resep dan Cara Membuat Peyek Laron, Nikmat dan Gurihnya Selangit. Musim penghujan datang selain berkah air juga ada musim laron menghampiri. Hewan yang satu ini selalu hadir dan menjadi pemandangan di pusat-pusat cahaya malam (lampu, lilin, dan lainnya). Cara membikin rempeyek laron menjadi buruan sekarang.

Saat jaman old sering orang menggunakan “tampah” (semacam alat yang terbuat dari anyaman belahan batang pohon bambu yang di belah yang berbentuk bundar seperti piring berdiameter antara 65-80 c) yang di tengahnya ada lampu minyak untuk menarik perhatian yang namanya laron.


Dari situlah dikumpulkan dan di buat bahan olahan rakyat yang namanya bothok laron, rempeyek laron, dan masakan lain yang berhahan laron. Resep dan cara membuat peyek laron sedikit berbeda dengan resep rempeyek lainnya. Selain dari bahan dasarnya yang berbeda juga cara menangani bahan ini agar tidak rusak juga perlu teknik khusus.

Resep dan Cara Membuat Peyek Laron, Nikmat dan Gurihnya Selangit

Laron adalah jenis rayap yang merupakan binantang serangga dengan sayap kembar. Laron berasal dari telur yang menetas menjadi larva. Selanjutnya larva, yang bentuknya serupa rayap de­wasa, berkembang menjadi pekerja, serdadu, dan nimfa. Nimfa adalah bakal raja dan ratu dalam koloni rayap. Pembentukan jcasta pekerja, serdadu, ratu, serta raja dikendalikan sejak larva oleh suatu bahan kimia yang disebut fero- mon.

Resep dan Cara Membuat Peyek Laron

Larva yang bakal menjadi raja atau ratu menga­lami perubahan bentuk, yaitu nimfanya memiliki ton­jolan sayap, sedangkan warna tubuhnya menjadi hitam kelam. Tak lama kemudian, sayapnya berkem­bang lebih sempurna. Bentuk seperti inilah yang dise­but laron. Laron memiliki ciri yang berbeda dengan sulung (laron kecil) yaitu badanya lebih besar.

Untuk mendapatkan bahan laron gunakan teknik matikan lampu seluruh rumah dan hanya ada satu sumber cahaya (lilin, lampu minyak, lampu baterai, senter powerbank dll) dengan menggunakan tampah.

Bila sudah terkumpul dan untuk membuat sayap laron terlepas lakukan penginteran atau telapak tangan dibuka dan di tempelkan ke arah laron putar-putar di atas laron (masih di tampah) hingga sayap terlepas. Ambil dan sisihkan dagingnya saja karena sebagian orang tidak suka sayap laron.

Berikut resep dan cara membuat peyek laron yang singkat dan cepat.

Bahan-bahan peyek laron:

  • Laron
  • Tepung beras (takaran sesuai selera)

Bumbu halus peyek laron:

  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • secukupnya penyedap rasa
  • 2 lbr daun jeruk iris-iris

Langkah-langkah cara membuat peyek laron:

  1. Membuat adonan tepung plus air. Ingat tidak terlalu encer dan kental.
  2. Kemudian campur dengan bumbu.
  3. Masukkan laron yangg sudah dicuci bersih dan aduk sampe tercampur bahan dan bumbu.
  4. Panaskan minyak, goreng dengan api sedang.
  5. Angkat dan nikmati.

Baca Juga:

Selain bisa dibuat masakan lezat Laron juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menguatkan tulang dan otot, mencegah rambut rontok, meningkatkan seleran makan, membuat tubuh lebih bergairah, diet sehat, dan mengandung banyak vitamin. Coba saja resep dan cara membuat peyek laron tersebut bila masih penasaran. [M. Anis – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kuliner
Tagged as: peyek laron, Gambar peyek laron, bumbu peyek laron, cara membuat peyek laron, resep peyek laron gurih renyah, cara membuat peyek laron renyah, membuat peyek laron, resep rempeyek laron, dan lainnya.
Loading...