Cara Membuat Emping Jengkol Mantap, Pedasnya Nendang Banget

Cara Membuat Emping Jengkol Mantap, Pedasnya Nendang Banget

Cara Membuat Emping Jengkol Mantap, Pedasnya Nendang Banget. Siapa yang tidak kenal dengan jengkol. Makanan berbau menyengat ini dapat dengan mudah dijumpai. Bangsa barat menyebut jengkol dengan nama dog fruit. Tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang menyukai bahan makanan yang satu ini melainkan Malaysia, Myanmar, Thailand juga sangat menggemarinya.

Jengkol memiliki bau yang khas sama seperti dengan petai. Selain memiliki bau yang kha buah yang satu ini apabila dikonsumsi juga akan mempengaruhi bau urine. Namun meskipun bau dari jengkol yang begitu menyengat banyak masyarakat yang menyukai bahan makanan yang satu ini.

Apabila jengkol diolah dengan benar maka bau dari jengkol akan hilang selain itu rasa yang begitu gurih membuat jengkol banyak diolah dengan berbagai masakan. Perpaduan bumbu rempah yang dipadu padankan dengan jengkol yang gurih akan menghasilkan masakan yang begitu nikmat.

Cara Membuat Emping Jengkol

Kali ini tim wartasolo.com akan membahas mengenai cara mengolah Emping Jengkol. Rendang merupakan masakan yang sangat disukai banyak orang. Namun bagaimana dengan Emping Jengkol….hmmmm pasti penasaran kan

Baca Juga:

Berikut resep dan cara membuat Emping Jengkol tanpa bau menyengat beserta bumbu-bumbu yang digunakan untuk menghilangkan baunya.

Bahan Membuat Emping Jengkol

  • 500 gram jengkol tua
  • 1 sendok teh garam
  • 1 liter minyak sayur

Cara Membuat Emping Jengkol:

  1. Jengkol dibelah 2, rendam air dibaskom semalaman. Sampai kulit nya terlepas. Tiriskan airnya.
  2. Goreng jengkol dengan minyak sampai 1/2 matang. Angkat taro dibaskom, beri garam, aduk2, dinginkan.
  3. Siapkan plastik, oles sedikit minyak, ambil 1 jengkol, pipihkan dengan batu atau palu, sampai melebar dan tdk pecah. Susun ditampah, jemur bolak balik hingga kering.
  4. Siapkan minyak, setelah panas, kecilkan api. Goreng keripik jengkol bolak balik, segera angkat. Karana cpt hangus. Simpan ditoples. Sajikan keripik dengan sambel terasi lebih nikmat.

Demikian tadi resep Emping Jengkol yang enak banget dan bebas dari bau jengkol yang menyengat. Semoga resep diatas bermanfaat. Selamat mencoba. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]

Kategori: Kuliner
Tagged as: cara membuat emping jengkol, cara membuat jengkol emping, dan lainnya.