Rendang Ayam Spesial Asli Padang, Membuat Lidah Terpana

rendang ayam

Rendang Ayam Spesial Asli Padang, Membuat Lidah Terpana. Rendang menjadi makanan yang banyak di sukai orang-orang terutama bagi anda yang senang berkuliner anda patut mencobanya rendang yang satu ini. Rendang khas padang merupakan salah satu rendang yang banyak diburu para kuliners.  Rendang ayam merupakan kreasi dari rendang daging sapi hanya saja daging yang digunakan diganti dengan daging ayam. Bumbu yang digunakan untuk membuat rendang ayam sama dengan rendang daging sapi. Lalu apa saja bumbu-bumbu tersebut?? Berikut cara membuat rendang ayam yang sangat yummy.

Bahan dan bumbu yang digunakan :

Ayam segar 1 kg, bersihkan, potong menjadi beberapa bagian, cuci

Kentang 150 gram

Santan kental 500 ml

Santan encer 1 ¼ ltr

Sangrai Parutan buah kelapa 100 gr

2 pcs serai

5 lmbr daun jeruk

2 pcs asam kandis

2 pcs daun kunyit

12 siung bawang merah

70 gram cabai merah

110 gram cabai merah kering

4 siung bawang putih

2 sdt ketumbar

2 cm jahe

3 cm kunyit

1 sdt gula merah

3 cm lengkuas

½ sdt merica

Garam secukupnya

Cara memasak rendang ayam padang enak:

  • Untuk membuat rendang, haluskan bumbu hingga benar-benar halus cabai merah, lengkuas, cabai kriting, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, gula merah, ketumbar, dan garam. Panaskan wajan dengan ukuran yang besar, lalu masukan minyak untuk menumis tambahkan bumbu yang sudah di haluskan, masak hingga matang dan benar-benar wangi.
  • Sambil anda aduk dengan bumbu yang lainnya masukan santan yang encer terus aduk hingga tercampur rata. Tambahkan asam kandis, daun kunyit, serai, daun jeruk, aduk kembali hingga merata dan tercampur.
  • Tambahkan daging ayam yang sudah di potong menjadi beberapa bagian, aduk hingga rata dan tercampur serta bumbunya meresap ke dalam daging dengan menggunakan api yang kecil.
  • Menjelang daging ayam agak empuk, masukan potongan kentang aduk kembali hingga rata, tambahkan lagi santan kental, dan kelapa yang di parut aduk hingga kuahnya benar-benar meresap dan menyerap.
  • Masak hingga matang, angkat dan siap di sajikan.

Demikian tadi resep membuat rending ayam yang super enak asli Padang dengan bumbu yang sederhana namun rasanya patut diacungi jempol. Semoga resep diatas bermanfaat, selamat mencoba. Baca Juga: Rendang Kentang Menggoda Selera serta Pepes Ayam Lezat Lengket Dilidah[YuQe-WartaSolo.com]