Lumpia Goreng, Jajanan Khas Semarang Yang Melegenda Ke Pelosok Negeri

Lumpia Goreng, Jajanan Khas Semarang Yang Melegenda Ke Pelosok Negeri

Lumpia Goreng, Jajanan Khas Semarang Yang Melegenda Ke Pelosok Negeri. Jajanan selanjutnya yang akan kita bongkar resepnya yaitu jajanan dari kota Semarang, yang terkenal dengan kelezatannya adalah Lumpia. Lumpia terbagi dalam 2 macam, yaitu lumpia basah dan lumpia kering (goreng), kedua jajanan tersebut sama-sama lezat dan memiliki peminat tersendiri.


Pada umumnya Lumpia diisi dengan sayuran, namun bisa dikreasikan dengan ditambah telur, ayam dan daging untuk menambah kenikmatan gigitannya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas resep lumpia goreng alias lumpiah kering yang enak dan renyah sebagai hidangan untuk keluarga.

Cara membuat lumpia goreng sangat mudah, bisa dipastikan bunda mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain bahannya yang mudah untuk didapatkan, cara membuatnya juga sangat praktis. Dengan demikian ketika ingin menikmati jajanan lumpia tidak harus membeli meskipun jajanan mudah di jumpai, bila membuat sendiri bahan dan tingkat higienisnya lebih terjamin. Berikut resep lumpia goreng yang melegenda ke seluruh negeri

Bahan Kulit Lumpia :

400 gram tepung terigu

325 ml air

1 butir telur ayam yang sudah dikocok

1 sdm air kapur sirih

1 sdm minyak goreng

Garam secukupnya

Bahan Isi Lumpia :

150 gram daging ayam cincang

100 gram taoge yang telah disiangi

75 gram wortel, iris korek api

4 siung bawang merah,

cincang halus

4 siung bawang putih, cincang halus

2 sdm minyak untuk menumis

1 sdm daun bawang, potong kecil

1/4 sdt merica bubuk

1/2 sdm kecap manis

Garam secukupnya

Cara Membuat Kulit Lumpia :

  • Pertama-tama campurkan air, garam dan air kapur sirih, kemudian aduk hingga rata.
  • Setelah itu masukkan tepung terigu kedalam adonan, lalu tuangkan campuran air diatas secara sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga rata.
  • Kemudian masukkan telur, uleni hingga adonan tercampur dengan rata.
  • Masukkan minyak goreng, uleni hingga rata, diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Selanjutnya panaskan teflon, angkat.
  • Kemuidan tuang adonan hingga rata selagi teflon masih dalam keadaan hangat, masak diatas api sedang hingga adonan bisa dilepas, angkat.
  • Kulit Lumpia siap untuk digunakan.

Cara Membuat Isi Lumpia :

  • Panaskan minyak goreng terlebih dahulu, kemudian tumis bawang merah dan putih terlebih dahulu hingga harum. Kemudian masukkan ayam cincang, aduk-aduk hingga rata.
  • Setelah itu campurkan wortel hingga matang, tambahakn taoge, aduk lagi hingga rata.
  • Lalu masukkan saus tiram, kecap manis, gula pasir, merica bubuk dan garam, kemudian aduk hingga rata hingga bumbu meresap dan semua bahan campuran rata, angkat.
  • Siapkan kulit lumpia, lalu isi dengan dua sendok bahan isian yang telah matang, gulung lumpia dan rekatkan dengan putih telur.
  • Selanjutnya panaskan minyak goreng, goreng lumpia hingga kulit lumpia kering dan berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  • Lumpia goreng siap untuk disajikan.
  • Anda dapat menyajikan lumpia goreng dengan saus sambal atau lombok biji.

Demikian tadi resep membuat lumpia goreng khas Semarang yang begitu melegenda keseluruh pelosok negeri dan banyak penggemarnya. Semoga resep diatas bermanfaat, selamat mencoba. Baca Juga: Pancake Nikmat, Empuk Dan Lembut, Cara Membuatnya Juga Sangat Sederhana serta Putri Ayu, Tampilannya Begitu Memikat Hati Serta Rasa Yang Menggoda [YuQe-WartaSolo.com]


Kategori: Kuliner
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...
WartaSolo.com - Berita dan Informasi Terkini Juni 2018. Ikuti perkembangan terbaru jadwal motogp 2018, nama pembalap motogp 2018, klasemen motogp 2018, jadwal f1 2018, serta update klasemen f1 2018, dan jadwal superbike 2018, klasemen superbike 2018.