Penyebab Ruam Popok Yang Harus Dhindari Ibu Dalam Merawat Sibuah Hati



Penyebab Ruam Popok Yang Harus Dhindari Ibu Dalam Merawat Sibuah Hati

Penyebab Ruam Popok Yang Harus Dhindari Ibu Dalam Merawat Sibuah Hati. Ruam popok merupakan suatu keadaan dimana terjadinya radang atau infeksi disekitar area popok seperti paha dan pantat pada bayi yang disebabkan kulit bayi terpapar zat amonia yang terdapat pada urine dan feses bayi dalam jangka waktu lama.

Sebagai orang tua hendaknya lebih memperhatikan kesehatan anak. Karena penyebab ruam popok karena jarang mengganti popok terutama pada popok sekali pakai yang mampu menampung lebih banyak air kencing. Gunakan popok kain untuk menghindari ruam popok pada bayi.

Selain itu biasakan untuk membersihkan pantat bayi ketika bayi BAB atau BAK. Gunakan air bersih untuk membersihkannya karena akan membersihkan pori-pori bayi dari zat amonia. Untuk kulit bayi yang sensitif jangan gunakan tisue basah, karena tisue basah mengandung zat kimia yang kurang bagus untuk kulit bayi se;ain itu tingkat kebersihannya kurang maksimal.

Penyebab Ruam Popok

Simak Juga Ulasan Lainnya:

Anda akan bisa mengenali gejalanya pada saat bayi terkena ruam popok, dengan ciri-ciri kulit di area popok terlihat merah, bengkak dan meradang pada bagian bokong, paha, dan alat kelamin, dan pada kasus tertentu timbul jerawat. Ruam popok akan membuat iritasi bayi dan jika tidak ditangani akan berkembang menjadi sesuatu yang lebih serius, termasuk infeksi-infeksi tertentu. Bruam popokmakan membuat bayi merasa tidak nyaman, menangis lebih sering dan keras, serta memperlihatkan ketidaksenangan secara umum.

Dalam hal pemakaian popok pada bayi ini, pilihannya adalah antara menggunakan popok sekali pakai yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit tapi lebih praktis namun anda harus mengganti popok tiap kali bayi BAK atau memakai popok kain/clodi yang lebih hemat (terutama dalam jangka panjang) namun tenaga dan waktu yang harus dicurahkan akan lebih banyak. Hal ini tentu tidak berlaku bagi orang tua yang mempekerjakan asisten rumah tangga yang bisa membantu melakukan sebagian besar pekerjaan rumah tangga termasuk mencuci popok kain atau cloth diaper bayi.

Baca Juga:

Anda bisa menggunakan cream yang mengandung zink apabila bayi anda terkena ruam popok. Cream tersebut membantu memulihkan kondisi bayi serta membuat luka cepat mengering jadi bayi tidak uring-uringan bila BAB ataupun BAK.

Demikian tadi ulasan mengenai penyebab ruam popok yang harus dihindari ibu dalam merawat sibuah hati. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan ibu. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]