Ketahui Ciri-ciri Madu Asli agar Anda Tidak Salah Pilih

Ketahui Ciri ciri Madu Asli agar Anda Tidak Salah Pilih

Sudah sejak lama madu dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kecantikan dan juga kesehatan tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena madu memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa.

Maka tidak mengherankan apabila banyak orang yang mengonsumsi madu untuk menjaga kessehatan, menambah energi, dan juga meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Semua manfaat itu bisa didapatkan dengan mengonsumsi madu asli atau murni.

Hanya saja tidak semua madu yang dijual di pasaran merupakan madu asli. Sebagian diantaranya ada yang berupa madu palsu, yakni dicampur dengan bahan-bahan lain, mulai dari glukosa, gula tambahan, sirup gula dan lainnya.

Banyak orang yang menjual madu palsu demi mearup keuntungan jauh jauh lebih besar. Padahal, jika Anda mengonsumsi madu palsu, maka bisa saja hal itu akan berisiko mendatangkan bahaya untuk kesehatan tubuh Anda.

Maka ada baiknya sebelum membeli madu, Anda pahami terlebih dahulu bagaimana ciri-ciri madu asli. Dengan demikian, Anda tidak akan salah dalam memilihnya.

Ciri-ciri Madu Asli

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri madu asli yang bisa Anda jadikan pedoman agar tidak salah memilih dengan madu yang palsu.

1. Warna & Rasa

Ciri-ciri madu asli yang pertama dapat Anda amati dari warna dan rasa madu tersebut. Madu asli umumnya mempunyai warna yang lebih gelap. Pasalnya, hal ini diengaruhi oleh pH madu asli dan berbagai kandungan mineral di dalamnya. Sebut saja magnesium, potassium, zat besi, sodium, sulfur dan klorin yang tinggi.

Madu palsu sering kali berwarna bening dan cerah untuk memikat calon konsumen. Selain itu, rasa madu murni itu tidak akan meninggalkan bekas sensasi rasa manis di lidah. Hal ini sangat berbeda dengan madu palsu yang biasanya akan menyisakan rasa manis di lidah. Bisa jadi itu karena adanya tambahan gula.

2. Lebih Keruh

Masih berhubungan dengan ciri madu asli yang pertama, selain berwarna agak gelap juga lebih keruh karena adanya kandungan pollen pada madu murni. Tidak seperti madu palsu yang umumnya tampak bening dan bersih.

3. Tekstur yang Kental

Ciri selanjutnya dari madu asli adalah teksturnya yang kental dan tidak cair seperti sirup atau air. Anda dapat mengetesnya dengan menggoyang-goyangkan botolnya.

Madu palsu biasanya memiliki tekstur yang ringan atau tidak kental, dan juga mudah bergerak ketika botolnya digoyangkan.

4. Mengalir Tanpa Putus

Madu asli dengan kualitas tinggi yang memiliki kandungan air kurang dari 18% atau bahkan 14%, maka akan membuat madu tersebut mengalir tanpa putus ketika dituangkan. Selain itu madu murni tersebut akan membentuk gumpalan ketika berada di ujung permukaan datar, serta menyerap dengan cepat.

Sedangkan pada madu palsu, bisa saja kandungan airnya lebih dari 20%. Hal ini akan menyebabkan madu akan mengalir putus-putus saat dituangkan ke permukaan datar.

5. Tidak Lengket

Madu yang asli selain teksturnya sangat kental, juga tidak lengket ketika diletakkan pada dua jari. Selain itu, madu yang murni juga akan mudah meresap ke kulit.

Sebaliknya, madu yang palsu umumnya agak lengket karena adanya berbagai bahan tambahan yang dicampurkan. Selain itu, madu palsu juga meninggalkan butiran kecil pada jari setelah diusapkan.

Itulah beberapa ciri-ciri dari madu asli yang perlu Anda ketahui. Dengan memahami bagaimana kriteria madu asli, maka Anda akan terhindar dari mengonsumsi madu yang palsu.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743