Tips Hemat Saat Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, Bulan yang sangat ditunggu-tunggu bagi kaum muslim. Dengan datangnya bulan Ramadhan umat muslim bisa menjalankan puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Dengan menjalankan ibadah puasa umat muslim berharap mendapatkan ridho dari Illahi.

Secara logika seharusnya pada saat puasa Ramadhan tingkat pengeluaran bisa ditekan anda bisa berhemat karena puasa, namun kenyataannya berbanding terbalik. Justru pada saat puasa pengeluaran malah meledak. Fenomena pusat perbelanjaan yang ramai ketika Ramadhan bukan suatu hal yang tabu lagi di masyarakat. Bahkan jauh-jauh hari sebelum bulan suci ini tiba, masyarakat seakan bersiap menyambutnya dengan berbelaanja kebutuhan rumah tangga. Banyak barang-barang yang gag begitu penting dibeli lantaran akan datangnya Idul fitri.


Penyebab boros pada saat bulan Ramadhan adalah adanya pengeluaran tidak rutin dengan jumlah yang besar. Baik untuk keperluan Ramadhan maupun untuk keperluan lebaran. Pada saat Ramadhan pastinya kita ingin mempersembahkan Ibadah terbaik jadi wajar saja saat bulan Ramadhan disikapi secara istimewa oleh masyarakat.

Baca Juga:

Tips Hemat Saat Ramadhan

Buat Daftar Menu Selama Ramadhan

Saat Bulan Ramadhan buatlah daftar menu buka dan sahur selama Ramadhan, beserta bahan-bahan yang akan digunakan. Hal tersebut bertujuan untuk estimasi anggaran agar lebih mudah, selain itu pembengkakan dapat diminimalisir.

Belanja Kebutuhan Langsung Sebulan

Dengan membelanjakan kebutuhan anda selama sebulan anda bisa berhemat terhadap barang-barang yang kurang terpakai, apalagi bila anda konsumtif. Selain itu anda juga bisa berhemat pada parkir dan bensin.

Bawa Bekal Buka Puasa Dari Rumah

Selain masakan sendiri lebih higienis membawa bekal sendiri membuat anda tidak konsumtif.

Batasi Buka Puasa Diluar

Anda harus mengagendakan berapa kali selama Ramadhan anda akan berbuka puasa diluar dan siapa saja yang akan ikut dalam buka puasa tersebut. Buat rencana diawal untuk estimasi anggaran.

Selalu Ingat Untuk Berhemat

Bila anda mengingat bahwa anda perlu berhemat pasti anda tidak akan konsumtif dengan membeli barang yang kurang terpakai.

Demikian beberapa tips hemat saat bulan Ramadhan. Selalu buat anggaran baik itu pada saat Ramadhan ataupun pada bulan-bulan biasa itu akan mengajarkan anda untuk berhemat selain itu pisahkan uang sesuai postnya supaya uang tidak terpakai pada post yang lain. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [Om_brew Purwawasita – WartaSolo.com]