Ceramah Singkat Romadhon Terbaru: Hukum Memakan Katak. Link download kultum pendek ramadhan pdf dan ms word terbaru dengan judul Hukum Memakan Katak. Koleksi terkini pidato pendek kumpulan ceramah sederhana bulan puasa romadon untuk kultum tarawih dan kuliah subuh. Jika kultum singkat ramadhan Anda rasa bermanfaat, mohon kiranya untuk me-LIKE dan SHARE ke FB, twitter, Google+ dan lainnya agar teman-teman, sahabat dan saudara Anda dapat merasakan juga manfaatnya dengan membaca ceramah singkat tentang Hukum Memakan Katak.

Sebelumnya juga telah kami sajikan aneka kultum singkat ramadhan lainnya yang membahas mengenai BICARA TANPA PAHALA, dimana kultum ceramah tersebut juga bisa diunduh melalui tautan yang telah kami sediakan.


Berikut ini adalah materi kultum ceramah singkat bulan puasa romadhon terbaru dari WartaSolo.com untuk Anda semuanya.

JUDUL KULTUM SINGKAT RAMADHAN = Hukum Memakan Katak

Bismillaahhirrohmaanirrohiim.. Assalamu’alaikum warohmatullahi wa barokaatuuh..

Alhamdulillahirobbil ‘alamin, washolatu wasalmu’ala ashrofil ambya’i walmursalin, wa ‘ala alihi washohbihi aj’mangin. Ama ba’du…

Bapak Ibu yang dimuliakan Allah, marilah kita senantiasa meningkatkan iman dan takwa kita, salah satunya dengan selalu mensyukuri nikmat Allah serta menggunakannya untuk amal ibadah dan kebaikan.

Tak lupa salam dan shalawat semoga tetap terlimpahkan kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, sahabat dan para pengikutnya yang senantiasa istiqomah.

Jama’ah yang dirahmati Allah, pada kesempatan kali ini saya akan membacakan sebuah kultum dengan tema: Hukum Memakan Katak.

Bapak Ibu jamaah yang dimuliakan Allah, saya yakin jamaah yang ada disini insya Allah tidak ada yang hobinya makan katak. Namun tidak ada salahnya jika kita pelajari sejenak tentang hukum makan katak, dan bagaimana hukumnya bagi orang yang memperjual-belikan katak.

Pendapat yang kuat, katak terlarang atau haram dimakan. Hal ini berdasarkan hadist dari Abdurrahman bin Utsman radhiallallahu ‘anhu,

Ada seorang dokter yang menjelaskan tentang suatu penyakit di dekat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dokter itu menjelaskan bahwa katak bisa dijadikan obat untuk penyakit itu. Ternyata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang membunuh katak. (HR. Ahmad, Abu Daud, Nasa’i, dan sanadnya dinyatakan shahih oleh Syu’aib Al-Arnauth)

Dalam riwayat yang lain disebutkan, dari Sahl bin Sa’d As-Sa’idi,

Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang membunuh 5 hal: Semut, lebah, katak, burung suradi, dan burung hudhud. (HR. Baihaqi)


Sebagian ulama menetapkan kaidah, bahwa: “Setiap binatang yang dilarang untuk dibunuh maka haram untuk dikonsumsi.” Karena tidak ada cara yang sesuai syariat untuk memakan binatang kecuali dengan menyembelihnya. Sementara kita tidak mungkin menyembelih yang dilarang untuk dibunuh.


Ketika menjelaskan hadist dari Abdurrahman bin Utsman, As-Syaukani menyatakan: Hadist ini menyatakan haramnya memakan katak, setelah kita menerima kaidah bahwa larangan dibunuh berkonsekuensi haram untuk dimakan. (Nailul Authar, 8:143)

Lalu, bagaimanakah hukum orang yang menjual katak?

Setelah kita menyimpulkan katak hukumnya haram untuk dimakan, konsekuensi selanjutnya adalah haram untuk diperjual-belikan. Hal ini sebagaimana dinyatakan dalam hadist:

“Sesungguhnya jika Allah mengharamkan suatu kaum untuk memakan sesuatu, maka Dia akan mengharamkan hasil penjualan barang itu.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Jamaah yang dirahmati Allah, demikianlah sedikit yang dapat saya sampaikan, semoga dapat memberikan manfaat dan pemahaman kepada kita semua, aamiin..

Billahitaufik walhidayah.. Wassalamu’alaikum warohmatullahi wa barokaatuuh.

Link download kultum ceramah singkat romadhon. Jika Anda ingin mengunduh ceramah pendek dengan judul Hukum Memakan Katak dalam bentuk MS WORD dan PDF, serta materi kultum lainnya (total 30 file kultum singkat), silakan men-download melalui link di bawah ini:

DOWNLOAD KULTUM SINGKAT RAMADHAN TERBARU

Demikianlah informasi link download kumpulan ceramah singkat ramadhan atau kultum pendek tarawih bulan puasa romadhon “Hukum Memakan Katak” untuk Anda semuanya. Selamat mengunduh, semoga saja link kumpulan kultum ceramah singkat ramadan PDF dan MS Word terbaru ini bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan materi ceramah singkat romadhon terbaru, dan bisa menjadi ladang amal jariyah melalui ilmu yang bermanfaat bagi kita semuanya.

Sebagai penutup, tak lupa kami segenap tim redaksi WARTA SOLO mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa romadhon tahun ini, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, diampuni semua dosa-dosa kita, dan kelak kita dijauhkan dari siksa dan azab kubur, siksa dan azab api neraka, dan kita dimasukkan kedalam Surga Firdaus tanpa hisab sebagai tempat kembali yang kekal abadi di kampung akherat kelak, aamiin yaa robbal ‘aalamiin. BACA JUGA: DOA DALAM SHOLAT TARAWIH. [Nailah Azka – WartaSolo.com]