Kue Kering Idul Fitri 1438h: Telur Gabus Wijen, Gurih, Anak, Rasanya Ngena Banget. Telur gabus wijen merupakan sejenis kue kering dengan cita rasa yang unik. Memang biasanya telur gabus ada sebagai hidangan saat hari istimewa seperti hari raya lebaran, dan hari besar lainnya. Bukan hanya itu, bahkan saat ada pesta kue ini juga menjadi salah satu camilan yang sangat dinantikan oleh penikmatnya.

Ciri khas kue ini bisa dilihat dari bentuknya yang kecil tapi lonjong, benar-benar imut pokoknya. Waktu yang tepat untuk menikmati kue imut ini di saat santai bersama kelarga atau saat nonton acara tv. Perpaduan rasanya begitu bersahabat dengan lidah setiap orang. Sudah sejak lama kita tahu, wijen merupakan salah satu bahan campuran yang digunakan untuk beberapa jenis masakan atau pun kue. Yang nantinya akan memberikan citarasa yang mempunyai cirri khas tersendiri.


Untuk bahannya, tenang saja karena mudah di dapatkan dipasaran kok, seperti tepung sagu, terigu, telur, wijen dan bahan pelengkap lainnya. Lebih detailnya kita simak di bawah ini iya bunda untuk hasil yang maksimal nanti. berikut resep membuat telur gabus wijen yang gurih.

Bahan-Bahan Kue Telur Gabus Wijen :

Bahan Untuk kue :

  • 300 gram tepung sagu
  • 65 gram tepung terigu protein sedang
  • 3 butir telur, dikocok lepas
  • 10 gram wijen
  • 60 ml air
  • ½ sendok teh garam
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Besta :

  • 200 gram gula merah, disisir halus
  • 100 gram jahe parut, diperas airnya 3 ½ sendok makan
  • 100 ml air

Sedikit Tips Dalam Membuat Kue Telur Gabus Wijen :

  • Pilihlah bahan-bahan yang berkualitas.
  • Usahakan saat membuat adonan kita benar-benar menggunakan tangan supaya hasil kuenya lebih maksimal
  • Usahakan minyak di dalam wajan cukup banyak sehingga hasilnya nanti renyah dan matang sampai ke dalam.
  • Ketika kita akan menggoreng, sebaiknya minyak yang kita gunakan tidak boleh langsung panas, karena jika panas nantinya gorengan akan memercik layaknya menggoreng ikan

Cara Membuat Telur Gabus Wijen Yang Gurih :

  1. Ambil wadah ukuran sedang untuk membuat adonan. Masukkan tepung sagu, tepung terigu, dan garam dapur. Campur dan aduk bahan keing menggunakan spatula sampai semua bahan tercampur dengan sempurna. Tambahkan wijen perlahan, aduk kembali hingga rata.
  2. Masukkan dan kocok telur di tempat terpisah. Aduk sampai putih dan kuning telur tercampur rata.
  3. Masukkan telur sedikit demi sedikit ke dalam bahan kering tadi sambil diaduk menggunakan tangan atau biasa juga disebut uleni. Ulangi sampai telur habis dan adonan terasa kalis.
  4. Ambil adonan kue yang sudah jadi sedikit di atas telapak tangan. Gulung gulung sembari dibentuk adonan lonjong kecil panjang. Atau kita bisa membentuknya sesuai imajinasi dan kreasi kita sendiri. Ulangi proses tersebut sampai semua adonan terbentuk.
  5. Masukkan adonan yang sudah jadi ke dalam minyak dingin sebentar.

Untuk adonan Besta :

  1. Ambil wajan, kemudian kita rebus gula merah, air jahe, dan air sambil diaduk sampai berambut. Tambahkan telur gabus ke dalamnya. Aduk dengan api kecil sampai kering.
  2. Kue gabus bisa disajikan :)

Demikian tadi cara membuat kue telur gabus wijen yang enak banget, sensasi wijennya membuat ketagihan. Anda bisa membuat sendiri dirumah, mudah banget kok dan hasilnya luar biasa. Anda juga bisa mencoba resep kue kering lainnya seperti kue keciput atau kembang goyang. Semoga resep diatas bermanfaat, selamat mencoba. Baca Juga: Kukis Kincir Ara Camilan Sehat Banyak Manfaat [YuQe-WartaSolo.com]