Es Lidah Buaya, Minuman Segar Kaya Manfaat

Es Lidah Buaya, Minuman Segar Kaya Manfaat

Es Lidah Buaya, Minuman Segar Kaya Manfaat. Lidah buaya adalah tanaman yang juga dikenal dengan nama aloe vera. Tanaman ini sudah dikenal ribuan tahun lamanya dan digunakan sebagai bahan untuk penyubur rambut, perawatan kulit dan juga sebagai penyembuh luka yang baik. Berdasarkan penelitian, lidah buaya ini memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Kandungan yang terdapat pada tanaman lidah buaya yaitu mineral, asam amino, enzim, vitamin dan polisakarida. Pada perkembangannya tanaman ini kemudian diolah menjadi bahan kosmetik dan juga bahan obat yang memiliki khasiat yang luar biasa. Khasiat yang bisa diambil dari lidah buaya antara lain bisa menurunkan kada gula darah, merangsang kekebalan tubuh , anti bakteri, anti jamur dan banyak lagi khasiat lainnya.

Tidak hanya itu saja tanaman lidah buaya banyak dicari untuk dikonsumsi sifatnya yang mampu meredam panas dalam digunakan untuk membuat makanan dan minuman yang menyehathan. Banyak sekali makanan maupun minuman yang menggunakan bahan dasar lidah buaya. Salah satu minuman yang menggunakan lidah buaya yaitu es lidah buaya.


Berikut cara membuat es lidah buaya yang enak, segar dan menyehatkan tubuh

Bahan-bahan :

600 gram lidah buaya (pilih yang tebal)

1 sendok teh kapur sirih

300 ml air

1 sendok teh garam

Air bersih secukupnya (untuk merebus lidah buaya)

800 ml air

400 gram guula pasir

2 lembar daun pandan (dipotong-potong)

1/2 sendok teh vanili

1 sendok makan biji selasih kering (rendam hingga mengembang)

Es batu secukupnya saja

Cara membuatnya :

  1. Kupas batang lidah buaya, potong-potong bentuk kotak, lalu dicuci hingga bersih. Campurkan potongan lidah buaya dengan kapur sirih yang sidah dilarutkan dengan 300 ml air dan garam, lalu aduk-aduk. Diamkan campuran tersebut hingga sekitar 60 menit. Kemudian cuci lagi hingga tidak berlendir dan tiriskan.
  2. Masak air hingga mendidih, kemudian masukkan potongan lidah buaya, rebus dalam waktu kurang lebih 10 menit, lalu angkat dan tiriskan, lalu sisihkan dahulu.
  3. Masaklah 800 ml air dicampur dengan gula pasir dan daun pandan, lakukan hingga gula larut bersama air. Masukkan vanili, kemudian masukkan juga lidah buaya yang telah direbus sebelumnya, aduk-aduk sebentar, lalu angkat dan dinginkan. Selanjutnya tambahkan selasih dan aduk. Sajikan lidah buaya dengan dicampur es batu agar lebih menyegarkan.

Demikian cara membuat es lidah buaya kaya manfaat yang sangat cocok bila disajikan bersamaan dengan cimol. Semoga resep diatas bermanfaat, selamat mencoba. Baca Juga: Kolak Pisang Menu Takjil Pemulih Stamina serta Sop Buah Segar, Minuman Aneka Buah Banyak Manfaat [YuKe-WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kuliner
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...