Manisan Kolang Kaling, Perpaduan Kenyal Dan Manis Yang Menggelitik

Manisan Kolang Kaling, Perpaduan Kenyal Dan Manis Yang Menggelitik


Manisan Kolang Kaling, Perpaduan Kenyal Dan Manis Yang Menggelitik. Dari sejak kecil saya paling suka kalo suruh makan manisan kolang-kaling. Terlebih ketika SD, tetangga saya rutin jualan manisan kolang-kaling di samping sekolah. Kala itu manisan kolang-kaling penyejiannya masih seperti sate. Manisan kolang-kaling paling enak disantap dalam keadaan dingin jadi sensasinya antara kenyel, manis, dingin dimulut.

Cara membuat manisan kolang-kaling tergolong sangat mudah, buah kolang-kaling juga banyak ditemukan dipasar tradisional. Tinggal cuuuzzz kepasar semua bahannya sudah tersedia disana. Dan mulailah membuat manisan kolang-kaling yang mantap.


Berikut cara membuat manisan kolang-kaling agar bisa bertahan lama dalam lemari es dan rasanya tetap mantap “kata anak saya”

Bahan Manisan Kolang-kaling

1 kg kolang kaling

500 ml fanta, warna dan rasa sesuai selera

1 lembar daun pandan

10 lembar daun jeruk

air cucian beras dan air panas (mendidih)

250 gram gula pasir

Cara Membuat Manisan Kolang-kaling

  1. Pertama-tama cuci kolang kaling dengan menggunakan air cucian beras hingga bersih, bilas dengan air bersih kemudian tiriskan. Rendam dengan air mendidih dan biarkan beberapa saat, tiriskan.
  2. Sekarang rebus fanta, gula, daun jeruk dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan kolang kaling, masak sampai mendidih dan biarkan beberapa saat. Matikan api lalu dinginkan manisan dan simpan di lemari es.

Jika menginginkan warna yang lain / yang lebih tua bisa mengganti fanta dengan menggunakan pewarna makanan. Manisan kolang-kaling bisa bertahan didalam lemari es selama 2 minggu. Jadi jika ingin memasak manisan kolang-kaling tidak prlu khawatir mengenai masa bertahannya. Semoga resep diatas bermanfaat, selamat mencoba. Baca Juga: Ice Cream Kekinian Yang Enak Banget [YuKe-WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kuliner
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...