Rendang Daging Yang Begitu Memikat Hati Penggemarnya



rendang daging sapi spesial

Rendang Daging Yang Begitu Memikat Hati Penggemarnya. Anda mencari resep masakan untuk memasak rendang daging yang enak dan empuk. Rendang daging merupakan salah satu masakan yang mempunyai banyak penggemar dan sudah memasyarakat. Banyak resep daging rendang namun setelah dimakan ternyata dagingnya masih keras dan alot. Masakan rendang daging seharusnya selain enak juga dagingnya mudah dicerna dan tidak alot (empuk). Cara itulah yang dicari-cari para penggemar rendang untuk menikmati rendang yang nikmat dengan daging yang empuk.

Berikut akan kita ulas bagaimana cara membuat rendang daging sapi dengan tingkat keempukan daging yang begitu memikat alias empuk dan tidak alot.

Bahan membuat rendang daging sapi :

Daging sapi 1/2 kg. Sebaiknya anda memilih daging sapi kualitas bagus yakni bagian paha atas.

Bumbu bumbu rendang daging sapi :

  • Buah kelapa tua : 1 butir diparut dan di buat santan.
  • Bawang putih : 6 siung ukuran sedang ( jangan terlalu kecil ).
  • Bawang merah : 3 siung saja
  • Jahe : ukuran sedang ( ujung ibu jari )
  • Lengkuas : ukuran sedang ( ujung ibu jari )
  • Cabe merah keriting : 100 gram ( suka suka )
  • Bahan lain : kunyit ukuran kecil ( jari telunjuk ) dan daun jeruk ( 2 hingga 3 lembar )

Persiapan memasak rendang daging sapi

  1. Potong daging ukuran dadu gepeng besarnya sesuai selera. Perlu di ingat untuk menghasilkan rendang yang empuk maka buang bagian daging yang warna putih, sehingga hanya daging warna merah saja yang akan di masak.
  2. Buat santan sekitar 1 liter ( 1 buah kelapa tua ).
  3. Haluskan bumbu bumbu : bawang putih, bawang merah, cabe merah, jahe, lengkuas, kunyit, daun jeruk, dan lainnya ( tanpa garam ).

Cara memasak rendang daging

  1. Nyalakan kompor dan sangrai bumbu dengan sedikit minyak goreng hingga harum dan angkat. Sebaiknya gunakan wajan ukuran kecil saja.
  2. Rebus air di atas wajan ukuran sedang ( disesuaikan dengan bahan daging yang di masak ) tunggu hingga mendidih dan masukkan potongan daging. Gunakan air secukupnya dan usahakan jangan di tambah saat merebus daging sapi rendang.
  3. Tunggu hingga daging empuk namun jangan sampai air kering.
  4. Masukkan santan dan bumbu bersamaan dan ingat kecilkan nyala api kompor anda.
  5. Setelah air mulai berkurang masukkan garam sedikit demi sedikit sambil menyesuaikan rasa sesuai selera anda.
  6. Selama proses pematangan rendang ini sebaiknya jangan ditinggal masakan rendang anda dan aduk aduk perlahan untuk menjaga air santan tidak pecah.
  7. Setelah bumbu meresap dan air tinggal sedikit angkat dan siap dihidangkan.

Demikian tadi cara membuat rendang sapi yang begitu enak dan dengan daging yang empuk. Bagi anda yang sedang mencari resep rendang, resep diatas bisa menjadi masukan untuk membuat rendang yang enak dan dagingnya yang empuk. Semoga resep diatas bermanfaat, selamat mencoba. Baca Juga: Rendang Ayam Yang Membuat Lidah Terpana Memnggugah Selera [YuKe-WartaSolo.com]