Kolak Pisang Menu Takjil di Bulan Ramadhan

Kolak Pisang Menu Takjil di Bulan Ramadhan

Kolak Pisang Menu Takjil di Bulan Ramadhan. Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah untuk semua umat-Nya terlebih bagi para pedagang kolak pisang. Bagaimana tidak, banyak sekali orang yang mencari takjil kolak pisang untuk buka puasa mereka. Lantaran mereka enggan untuk memasak kolak pisang sendiri. Padahal cara membuat dan bahan yan digunakan untuk membuat kolak pisang sangatlah mudah.

Cara memasak kolak pisang menu takjil. Memang selain dapat memuaskan dahaga, kolak pisang juga sangat enak dan manis. Apalagi jika kita membuatnya dengan special. Selain buah kurma kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah pisang, rasa manis, serta gurihnya santan mampu mengembalikan energy yang hilang selama sehari yang sangat cocok dijadikan sebagai menu takjil dibulan Ramadhan.


Bagi anda yang ingin menikmati kolak pisang buatan sendiri, bahan yang digunakan serta cara membuatnya cukup mudah. Tidak hanya itu bila kita membuat sendiri pastinya lebih higienis dan aman. Berikut cara membuat kolak pisang yang cepat namun rasanya nikmat

Kolak Pisang Menu Takjil di Bulan Ramadhan

Bahan – bahan untuk membuat kolak pisang :

  • 6 pisang raja atau pisang kapok
  • 100 gram labu kuning (jika anda ingin menambahkannya)
  • 50 gram nangka matang (jika anda ingin menambahkan)
  • 500 ml santan
  • 500 ml air
  • 2 keping gula merah
  • 2 helai daun pandan
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat kolak pisang:

  1. Pertama, rebus terlebih dahulu labu kuning yang sudah dipotong dadu sampai empuk, dan lembut. Ini dimaksudkan agar kolak lebih kental dan lebih mudah dicerna.
  2. Sekarang masukan air, gula merah, daun pandan, dan labu kukusnya kedalam sebuah wajan. Rebus sampai gula merahnya larut dengan air.
  3. Masukkan santan, pisang yang sudah dipotong – potong, gula pasir, dan nangkanya kedalam rebusan, rebus terus dengan api yang kecil saja sampai pisangnya berbah warna.
  4. Jangan lupa untuk tersu mengaduk pada saat merebus, hal ini bertujuan untuk mencegah santan tidak pecah dan tidak menggumpal.
  5. Sajikan pada gelas saji.

Baca Juga: Kumpulan Resep Kolak Selama Bulan Puasa

Demikian tadi cara membuat kolak pisang menu takjil special dihari yang penuh makna. Semoga resep diatas bermanfaat dan mampu menginspirasi para ibu-ibu untuk menciptakan menu baru, selamat mencoba. Baca Juga: Sop Buah Segar, Minuman Kaya Manfaat[Yuni Hastuti – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kuliner
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...