Resep Kue Basah Terpopuler 2017: Cara Membuat Bolu Pandan Yang Empuk dan Enak Banget. Apakah anda sedang mencari informasi resep kue basah yang sedang popular di tahun 2017 ini? Tenang, kali ini tim WartaSolo akan berbagi resep dan cara membuat kue basah terpopuler sekarang ini, salah satunya adalah resep Bolu Pandan, karena sebelumnya kami juga sudah menyajikan beberapa resep kue basah yang populer saat ini, seperti resep Kue Bika Ambon, resep Kue Talam Original dan juga juga resep Bolu Kukus Ketan Hitam. Memang kue bolu pandan merupakan salah satu jenis bolu yang paling mudah dibuat. Hampir tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat cake yang satu ini. Meski di supermarket banyak dijual kue bolu pandan, namun tidak ada salahnya anda mempelajari resep bolu pandan ini dan mencoba membuatnya untuk keluarga anda.

Jangan kuwatir kalau bahannya susah ditemukan, karena bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu pandan sangat mudah di dapatkan baik di pasar tradisional maupun supermarket. Untuk penggunaan oven, anda bisa menggunakan oven listrik maupun oven biasa yang dipanaskan dengan kompor gas. Jika menggunakan oven biasa yang tidak dilengkapi dengan penunjuk suhu, untuk mendapatkan suhu 180oC seperti dalam resep, panaskan terlebih dahulu oven di atas kompor selama 10 hingga 15 menit dengan api sedang.


Untuk mendapatkan bolu pandan yang mengembang sempurna dan bertekstur lembut pastikan anda menggunakan telur bersuhu ruangan (jangan baru dikeluarkan dari lemari es), kocok telur hingga benar-benar mengembang baru kemudian dicampur dengan bahan kering lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk memanaskan oven terlebih dahulu sebelum adonan siap dipanggang. Jangan membiarkan adonan yang siap dipanggang terlalu lama berada di suhu ruangan. Hal ini akan mengakibatkan adonan turun dan bantat ketika matang.

Berikut adalah resep, bahan-bahan dan langkah-langkah cara membuat Bolu Pandang dengan mudah yang dapat anda praktekkan sendiri di rumah:


Bahan-bahan:

  • 6 butir telur ayam
  • 150 g gula halus
  • 100 g mentega, lelehkan
  • 1 sdt pasta pandan
  • 1 sdm air daun suji
  • 150 gr tepung terigu
  • ½ sdt baking powder

Cara Membuat Bolu Pandan:

  1. Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukkan terigu yang telah diayak bersama baking powder perlahan-lahan, bergantian dengan mentega yang sudah dilelehkan.
  2. Masukkan pasta pandan dan air daun suji, aduk hingga rata.
  3. Siapkan loyang bundar yang sudah diolesi mentega dan ditaburi sedikit tepung terigu. Tuang adonan bolu ke dalam loyang.
  4. Panggang dalam oven bersuhu 180ºC selama 30 menit.
  5. Keluarkan dari bolu dari loyang, potong-potong dan sajikan.

BACA JUGA:

Demikianlah informasi mengenai resep bolu pandan, kue basah terpopuler 2017 sekarang ini. Semoga bermanfaat bagi yang hendak mencari info bahan-bahan untuk membuat bolu pandan dan juga bagaimana cara membuat bolu pandang yang enak dan legit. [Wisnu Ramadhon – WartaSolo.com]