Manfaat dan Khasiat Tanaman Kemuning (Murraya Paniculata) Untuk Menyembuhkan Penyakit



manfaat dan khasiat tanaman Kemuning unutk penyembuhan penyakit

Manfaat dan Khasiat Tanaman Kemuning (Murraya Paniculata) Untuk Menyembuhkan Penyakit. Tanaman kemuning dapat tumbuh dengan liar disemak-semak belukar. Dikarenakan memiliki manfaat dan khasiat obat, maka tanaman ini banyak dipelihara dengan media pot. Energi yang ada dalam tanaman ini dipercayai dapat memberikan keteangan jiwa yang sedang galau dewasa ini.

Tanaman kemuning atau yang disebtu dengan nama ilmiah/Murraya Paniculata merupakan tumbuhan tropis yang mampu mencapai 7 meter dan berbunga sepanjang tahun. Daunnya seperti daun jeruk, akan tetapi berukuran lebih kecil dan banyak orang memanfaatkannya sebagai tumbuhan hias seperti untuk pagar.

Baca Juga : Inilah 5 Manfaat Rebusan Daun Salam Untuk Kesehatan 

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat tumbuhnan kemuning untuk menyembuhkan penyakit :

  1. Dapat Mencegah Kolesterol Tinggi – yaitu dengan merebus daun kemuning 20 gr dengan tiga gelas air, serta tunggu sampai mendidih sisakan samapi dengan ukuran satu gelas, lalu berikan 1 sdm madu dan minum sehari 3x sebanyak satu gelas tadi.
  2. Dapat Menyembuhkan Kulit Kasar – cuci daun kemuning sebanyak 30 gr lalu ditumbuk sampai lumat dan dicampur dengan satu gelas, aduk hingga merata dan oleskan pada kulit yang kasar sebelum tidur.
  3. Dapat Mengobati Infeksi Saluran Kencing – dengan mencuci daun kemuning segar 35 gr dan tambahkan 3 gelas air yang bersih, rebus sampai dengan airnya tersisa separuhnya, setelah dingin lalu disaring dan diminum 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.
  4. Dapat Melangsingkan Badan – dengan daun kemuning, daun mengkudu yang masing-masing segenggam penuh serta temugiring sebanyak 1/2 jari kelingking ditumbuk halus, tambahkan 1 cangkir air masak sambil diaduk merata, lalu peras dengan sepotong kain, air yang terkumpul diminum sekaligus pada pagi hari sebelum makan.
  5. Dapat Menyembuhkan Sakit Gigi – ampuh untuk gigi yang berlubang dengan cara kulit batang kemuning yang dibakar diteteskan ke dalam gigi yang berlubang.
  6. Dapat Mengobati Penyakit Rheumatik – dengan cara akar kemuning yang kering 15-30 gr dicuci lalau dipotong-potong seperlunya, tambahkan air sebanyak 1, 5 gelas lalu direbus samapi tersisa 1 gelas, setelah dingin disaring dan minum 2 kali.

Baca Juga : 5 Manfaat daun Salam Untuk Terapi Penyakit

Maka dari itu masih banyak lagi tentang artikel terkait kesehatan yang ada di laman kami. Dan semoga kita semua dalam keadaan sehat selalu dalam lindungan sang pencipta dalam beraktivitas sehari-hari. Kesehatan adalah sebuah kebutuhan tubuh kita dan sangat penting untuk menopang aktivitas yang padat dalam keseharian. Simak Juga : Tetap Cantik dan Sehat Dengan Daun Salam. [YuQe-WartaSolo.com]