Inilah Pentingnya 7 Senam Kaki Diabetik



pentingnya 7 senam kaki diabetik

Inilah Pentingnya 7 Senam Kaki Diabetik. Sebelum kita melakukan yang namanya senam kaki diabetik alangkah baiknya kita memahami yang namanya melakukan pemeriksaan kaki terlebih dahulu. Hal ini sangatlah penting karena kerusakan pada saraf kaki yang mnyebabbkan tidak dapat merasakan nyeri. Dengan memeriksa dibagian punggung kaki, telapak kaki, sisi-sisi kakai dan sela jari.

Dan kita juga harus memahami terlebih dahulu yang namanya tujuan dari senam kaki diabetik yaitu untuk memperbaiki sirkulasi darah, memperkuat otot kecil kaki dan mencegah terjadi kelainan bentuk kaki yang berisiko terjadi ulkus diabetik. Dan dalam pentingnya melakukan senam kaki diabetik dapat dilakukan dengan posisi, berdidi, duduk dan tidur dengan cara menggerakkan kaki dan sendi kaki misalnya dengan kedua tumit diangkat, mengangkat dan menurunkan kaki.

Baca Juga : Pemeriksaan dan Pencegahan Kaki Diabetik 

Dan berikut ini adalah 7 pentingnya senam kaki diabetik :

  1. Duduk tegak di kursi, kedua telapak kaki menyentuh lantai dan sejajar merapat.
  2. Gerakan jari-jari kaki naik turun bergantian kiri maupun kanan.
  3. Gerakan jari-jari kaki secara bergantian dengan tumit.
  4. Gerakan jari-jari kaki dengan tumit sebagi tumpuannya mengarah ke samping.
  5. Gerakan tumit dengan jari-jari kaki sebagai tumpuan melingkar.
  6. Sambil duduk di kursi, angkat kaki sejajar dan menuliskan angka 0 dan 9 di udara, lakukan secara bergantian untuk kaki kanan dan kiri.
  7. Sambil duduk, lakukan menyobek-nyobek koran menjadi potongan kecil membungkus potongan kecil tadi dengan selebar kertas koran, dibentuk menjadi bola.

Baca Juga : Upaya dan Larangan Terhadap Kaki Diabetik

Untuk senam kali ini dari urutan diatas no 1-6 dilakukan masing-masing 10 kali. Sedangkan untuk nor 7 hanya dilakukan sekali saja. Semoga sangat bermanfaat buat semuanya dan menjadikan referensi yang terbaik. Kesehatan adalah hal yang memang sangat penting untuk kita semuanya. Simak Juga : Manfaat Buah Srikaya Mampu Mencegah Penyakit Diabetes Sampai Kesehatan Kulit. [YuQe-WartaSolo.com]