5 Manfaat Zinc untuk Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Zinc untuk Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak

Meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah yang tidak banyak, sejatinya zinc merupakan salah satu nutrisi dari golongan mineral yang memegang peranan dan manfaat penting bagi anak. Khusunya dalam menjaga kesehatan dan berbagai fungsi vital tubuh si kecil agar selalu bekerja dengan dengan normal dan optimal.

Kebutuhan si kecil akan asupan zinc dapat dipenuhi melalui pemberian susu zinc, dan juga berbagai bahan makanan seperti daging merah, tiram, kerang, biji labu, udang, biji rami, gandum, kacang-kacangan, bubuk kakao, dan masih banyak lagi.

Namun, kebutuhan anak akan zinc setiap harinya tergantung pada berapa usianya. Bagi anak usia 1-3 tahun, 3 mg zinc per hari sudah cukup baginya. Sementara itu, dibutuhkan sekitar 5 mg zinc setiap harinya untuk anak usia 4-8 tahun. Adapun bagi anak usia 9-13 tahun, maka ia akan membutuhkan 8 mg zinc per hari.

Maka tidak berlebihan jika dikatakan bahwa zinc merupakan salah satu mineral penting yang harus dipenuhi asupannya karena berbagai manfaat dan peranannya bagi si kecil.

Manfaat Zinc untuk Anak

Zinc sangat berperan dalam berbagai fungsi penting tubuh si kecil. Berikut ini adalah beberapa manfaat zinc untuk anak.

1. Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Manfaat zinc yang pertama adalah mendukung tumbuh kembang anak. Dengan kata lain, zinc merupakan mineral esensial yang dibutuhkan untuk mendukung berbagai macam proses dalam tumbuh kembang anak.

Berikut ini adalah beberapa peran penting zinc dalam tumbuh kembang anak.

  • Zinc berperan membantu dalam produksi hormon yang pada akhirnya akan turut mempengaruhi pertumbuhan. Hormon tersebut antara lain adalah insulin, tiroid, dan testosteron.
  • Zinc juga berperan dalam mengaktivasi somatomadine-C, sehingga akan mampu menstimulasi hormon pertumbuhan pada jaringan halus perifer. Misalnya saja pada daerah rongga tulang, ginjal, saraf, kulit, otot, paru-paru, dan hati.
  • Zinc juga turut mengatur fungsi indera perasa, penciuman, dan nafsu makan pada anak.
  • Zinc berperan pula dalam memperlancar proses metabolisme protei, karbohidrat, dan lemak, sehingga tubuh si kecil mampu menyerap berbagai nutrisi tersebut secara optimal guna mendukung tumbuh kembangnya.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Fungsi selanjutnya dari zinc untuk kesehatan anak adalah peran pentingnya dalam membantu perkembangan serta kinerja dari berbagai sel pada sistem kekebalan tubuh, misalnya pada sel-T, sel-B, dan sitokin.

Lebih dari itu, zinc juga bermanfaat sebagai antioksidan dan stabilisasi membran alami, sehingga akan membantu sistem tubuh si kecil dalam mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas ataupun peradangan.

3. Menjaga Kesehatan Kulit Anak

Zinc juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit anak-anak. Pasalnya, mineral zinc terdapat hampir di seluruh sel tubuh. Dimana porsi terbanyaknya terdapat di epidermis kulit, yakni sekitar 5%.

Peranan zinc dalam menjaga kesehatan kulit adalah dengan cara membantu kulit untuk membangun keratin dan membentuk kolagen. Dimana sudah kita ketahui bersama, bahwa keratin dan kolagen sangat dibutuhkan guna menjaga kesehatan kulit.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Fungsi dan manfaat selanjutnya dari zinc adalah peranannya dalam membantu dan mempercepat penyembuhan luka. Mulai dari cidera kulit, luka bakar, infeksi kulit, dan berbagai jenis luka basah yang membutuhkan zinc dalam penyembuhannya.

5. Mendukung Perkembangan Seksual Anak

Manfaat zinc yang selanjutnya adalah peranannya dalam perkembangan seksual anak ketika mulai memasuki masa puber, khususnya bagi anak laki-laki. Kekurangan zinc bagi anak laki-laki bisa menjadi masalah serius di kemudian hari. Pengaruhnya mulai dari produksi testosteron yang kurang, fungsi dan perkembangan testis yang terhambat, serta kualitas dan jumlah sperma yang kurang atau di bawah standar optimal.

Sangat penting manfaat dan peran zinc untuk anak bagi kesehatan dan tumbuh kembangnya. Untuk itu Anda sebagai orang tua harus memastikan bahwa si kecil cukup mendapatkan asupan makanan yang kaya akan zinc. Sehingga kebutuhannya akan zinc dapat terpenuhi dengan baik.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743