Prediksi Siapa Juara Dunia MotoGP 2017: Marquez atau Dovizioso Kampiun Musim Ini?

Prediksi Siapa Juara Dunia MotoGP 2017: Marquez atau Dovizioso Kampiun Musim Ini?

Prediksi Siapa Juara Dunia MotoGP 2017: Marquez atau Dovizioso Kampiun Musim Ini? Ajang MOTOGP 2017 akan memasuki seri pamukas yang akan berlabuh di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada Minggu (12/11/2017) malam WIB. Balapan motogp seri terakhir ini akan menentukan siapa JUARA DUNIA MOTOGP 2017 kali ini. Hasil poin klasemen motogp 2017 jelang race GP Valencia tersisa dua rider (Marquez dan Dovizioso) yang berpeluang meraih title juara kelas motogp musim ini.

Gelaran balap motogp 2017 memasuki seri penutup yang bertajuk Gran Premio Motul de la Comunitat Valenciana. Balapan pamukas ini menjadi seri yang panas bagi setiap rider motogp, terutama Marc Marquez (Repsol Honda) dan Andrea Dovizioso (Ducati Corse) yang memiliki kans menjuarai motogp tahun ini.


Hingga jelang race motogp valencia, mereka berdua bersaing ketat sekali. Marquez memuncaki klasemen sementara motogp dengan mengoleksi 282 poin. Pembalap berusia 24 tahun itu unggul 21 angka dari rivalnya (Dovizioso) di urutan kedua.

Meskipun hanya selisih 21 poin, peluang masih terbuka lebar bagi The Risk Taker (julukan Marquez) untuk menjadi jawara tahun ini. Pasalnya rider berdarah Spanyol itu hanya butuh tambahan 5 poin saja untuk bisa mengunci gelar juara dunia yang ke-4 kalinya di kelas motoGP.

Bisa dibilang meskipun The Professor (julukan Dovizioso) memenangkan balapan seri Valencia nanti, Marquez tetap akan menjadi juara hanya dengan finish di urutan kesebelas (ke-11). Dengan begitu pembalap Ducati Corse itu mendapat tambahan 25 poin menjadi 286 angka. Sedangkan rider Repsol Honda memperoleh tambahan 5 angka sehingga jumlah poinnya menjadi 287 angka. Hanya selisi 1 poin saja sudah mengantarkan The Baby Alien keluar sebagai juara motogp musim 2017.

Tapi kalau The Little Dragon (julukan Dovizioso) masih ngotot ingin menjadi kampiun untuk pertama kali sepanjang kariernya di MotoGP, ia harus memenangkan balapan minggu nanti dan berharap agar Marquez finish di urutan ke-12 besar atau lebih buruk lagi.

Jika pada hasil balapan motogp valencia nanti Marquez finis di posisi 12, Dovizioso keluar sebagai juara meski memiliki poin yang sama nantinya yakni 286 angka. Namun, pembalapa berkebangsaan Italia itu unggul jumlah podium dibandingkan Marc Marquez (7:6). Apalagi jika rider Tim Repsol Honda itu hanya finish di urutan 13 atau bahkan gagal finish membuat Dovizioso semakin layak ditahbiskan sebagai juara motogp tahun 2017.

Namun seperti yang kita ketahui pebalap yang akrab disapa Dovi itu datang ke Valencia dengan pencapaian yang kurang baik. Sepanjang kariernya di kelas utama MotoGP sejak 2008, pembalap berpaspor Italia itu baru sekali berhasil meraih podium di lintasan sepanjang 4 kilometer tersebut, itupun ia hanya keluar sebagai peraih juara ketiga pada tahun 2011.

Sedangkan hasil yang cukup apik diraih oleh Marquez, rider juara 3 kali ini terbilang cukup sukses ketimbang Dovisiozo. Hal itu sangat jelas pasalnya pebalap yang memulai kariernya di kelas MotoGP tahun 2013 belum pernah absen untuk naik podium, meskipun hanya tercatat satu kali podium pertama pada tahun 2014.

Itu terbukti pada race motogp valencia musim 2016 lalu, Andrea Dovisiozo hanya mampu finish di urutan ke-7. Sedangkan rivalnya sukses menjadi runner up pada balapan tersebut. Sementara pemenang pada motogp Valencia musim lalu itu diraih oleh Jorge Lorenzo kala itu ia masih membela Tim Movistar Yamaha.

Jikalau Marc Marquez (MM93) kembali finish di urutan kedua seperti yang terjadi pada musim lalu, sudah dipastikan kakak dari Alex Marquez ini keluar sebagai kampiun musim ini, meskipun Dovi memenangi balapan di Valencia akhir pekan nanti.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai kedua rider calon juara dunia motogp 2017. Dengan begitu Anda sudah dapat menilai siapa kira-kira yang akan menjadi pemenang di kelas tertinggi ini. Namun seperti biasanya sesi race akan menjadi pemucak gelaran motogp yang meningkatkan agresifitas para rider, sehingga apapun bisa terjadi di atas lintasan. So nantikan aksi para pembalap di seri pamukas akhir pekan nanti. Berdasarkan jadwal motogp valencia kelas motoGP akan memulai balapan pada hari Minggu (12-11-2017) pukul 20:00 WIB Live di Trans7. [Wisnu Ramadhon – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Balap
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...