Waspada, Bahaya Olahraga Malam Bagi Kesehatan. Olahraga memang sangat menyehatkan. Dengan melakukan olahraga sirkulasi darah dalam tubuh akan lancar, mengeluarkan toksin dalam tubuh, peredaran darah lancar dan masih banyak lagi. Namun seiring berkembangnya zaman, manusia dituntuk dengan pekerjaannya berangkat kerja pagi hari dan pulang sudah menjelang malam hari. Lantas kapan waktu yang tepat digunakan untuk berolahraga?.

Malam hari, ya banyak orang memanfaatkan malam hari untuk melakukan olahraga. Kenyataannya olahraga baik dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terik dan sore hari. Olahraga malam sebenarnya kurang bagus bagi tubuh dan kesehatan.


Olahraga yang sering dilakukan pada malam hari biasanya futsal. Saking terbiasanya malah menjadi habit bahwa futsal itu ya cocoknya malam hari. Pandangan yang keliru tersebut sebaiknya segera diluruskan.

Waspada, Bahaya Olahraga Malam

Bagaimanapun juga olahraga malam kurang bagus bagi tubuh. Tubuh yang sudah lelah seharian dan membutuhkan wktu istirahat pada malam hari malah digunakan untuk berolahraga. Berikut beberapa efek dari olahraga malam diantaranya:

Baca Juga:

Hormon Berkurang

Olahraga malam ternyata akan menurunkan hormon karena faktor kecapean. Bagi anda yang sudah memiliki pasangan sebaiknya berfikirlah dua kali sebelum melakukan olahraga malam.

Insomnia

Insomnia merupakan suatu gangguan tidur (sulit tidur). Melakukan olahraga pada malam hari fisik akan menjadi normal, layaknya melakukan olahraga pada pagi atau sore. Hubungan antara olahraga malam dengan insomnia yaitu bila tubuh kembali bugar maka waktu untuk istirahat dan tidur menjadi terganggu.

Daya Tahan Tubuh Berkurang

Daya tahan tubuh berkurang seiring dengan banyaknya anda melakukan olahraga malam. Tubuh yang mengalami kecapean pada siang hari dan masih harus dipaksa untuk melakukan olahraga pada malam hari akan menurunkan daya tahan tubuh. Tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Bagi anda yang sudah terbiasa melakukan olahraga malam sebaiknya rubah pola hidup anda menjadi lebih baik. Biarkan organ dalam tubuh anda beristirahat pada malam hari. Selain itu biasakan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur pada pagi/sore hari. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]