Cara Mengobati Gatal Yang Disebabkan Alergi Secara Alami



Cara Mengobati Gatal Yang Disebabkan Alergi Secara Alami, Gambar

Cara Mengobati Gatal Yang Disebabkan Alergi Secara Alami. Alergi yang disebabkan makanan, iritasi kulit, pruritis, dermatitis. Cara mengobati gatal dengan bahan alami, penanganan yang tepat, cara cepat menyembuhkan gatal. Banyak sekali macam alergi kulit yang menyebabkan gatal. Bagi seseorang yang mempunyai kulit sensitif memang sering mengeluhkan berbagai masalah kulit. Tanda dari iritasi yang biasa dikenali adalah rasa gatal, kulit memerah, timbul ruam pada kulit serta bengkak.

Penyebab dari rasa gatal bisa disebabkan oleh makanan, cuaca, udara serta pola hidup yang kurang sehat, kurang menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Sebenarnya alergi pada kulit bukan merupakan hal yang serius namun bila dibiarkan begitu saja akan menjalar keseluruh tubuh dan akan mengganggu penampilan.

Sebaiknya bila anda terkena alergi hal pertama yang mesti anda lakukan adalah mengidentifikasi terjadinya alergi. Apakah penyebab alergi dari udara, makanan, atau malah produk kecantikan anda. Bila itu dari produk kecantikan anda bisa menghentikan pemakaian dan menjalani perawatan untuk menyembuhkan alergi terlebih dahulu.

Cara Mengobati Gatal

Bila alergi tak kunjung sembuh anda bisa mengkonsultasikan dengan dokter, pemberian salep gatal akan meringankan rasa gatal dan menyembuhkan luka. Namun penggunaan salep dalam jangka panjang kurang baik untuk kesehtan kulit.

Baca Juga:

Anda bisa mencoba dengan menggunakan bahan alam untuk mengobati gatal yang disebabkan oleh alergi. Bahan alam yang bisa digunakan untuk menyembuhkan gatal yang disebabkan alergi yaitu:

  • 6 gr daun sirih yang bertemu uratnya
  • 1 potong bangle
  • 1 sendok teh minyak kayu putih

Cara membuat ramuan untuk menyembuhkan alergi

  1. Tumbuk sampai halus daunsirih dan bangle hingga halus.
  2. Setelah halus campurlah dengan minyak kayu putih.
  3. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Oleskan secara merata pada kulit yang terkena alergi.

reaksi yang timbul dari ramuan diatas, kulit akan terasa panas dan perih tetapi tidak perlu khawatir karena hal tersebut adalah reaksi yang sudah biasa terjadi. Oleskan 3 kali sehari agar kulit cepat sembuh.

Demikian tadi cara alergi yang menyebabkan gatal. Bila anda menggunakan salep atau obat-obatan bijaklah menjadi konsumen cerdas. Pilihlah produk yang aman untuk kulit dan juga untuk kesehatan. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]