Tanda-tanda Bayi Kena Alergi Susu Sapi, Kenali Cirinya Pada Si Buah Hati

Tanda-tanda Bayi Kena Alergi Susu Sapi, Kenali Cirinya Pada Si Buah Hati

Tanda-tanda Bayi Kena Alergi Susu Sapi, Kenali Cirinya Pada Si Buah Hati. Buah hati yang sehat dan pintar menjadi dambaan setiap orang tua. Kebanggaan dan kepuasan dalam mengasuh anak terkhusus asupan gizi yang berimbang menjadi perjuangan tersendiri dari ayah dan bunda dalam mempersembahkan fasilitas tumbuh kembang si kecil yang terbaik. Susu sapi yang merupakan asupan terbesar protein pada anak balita seolah selalu menjadi pembahasan yang tidak habis-habis. Topik tanda-tanda bayi kena alergi susu sapi kali ini sebagai warning awal apabila

Permasalahan alergi, tidak cocok, bahkan sampai mempuat kondisi si kecil melemah karena susu sapi menjadi hal penting dan harus di simak. Pasalnya tidak semua anak kecil (bayi) cocok mengkonsumsi asupan gizi kaya protein yang bernama susu sami. Kenali sejak dini tanda-tanda bayi kena alergi susu sapi di sini agar penanganan yang semestinya segera didapatkan bila terjadi pada si buah hati. Tidak ada kata terlambay bila ayah bunda mendapati ciri-ciri berikut agar anak-anak terhindar dari yang namanya alergi susu sapi.


Bahasa lain dengan alergi susu sapi memang bisa saja mengancam semua orang. Ciri-ciri si kecil mengalami alergi pada susu sapi dimana kondisi ini paling sering terjadi pada si bayi silakan simak di sini. Jika Anda tidak bisa memberikan ASI maka susu fomula bisa diberikan sebagai alternatif nutrisi untuk si kecil. Namun susu formula yang berasal dari susu sapi sering menyebabkan si kecil terkena alergi yang terjadi dengan cepat.

Saat si kecil terkena alergi susu sapi maka ini menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh si kecil menjadi lebih lemah sehingga tidak bisa menerima protein dari susu sapi. Salah satu zat yang menyebabkan alergi pada bayi adalah protein yang terkandung dalam susu bayi. Proten dalam susu sapi jelas berbeda dengan susu ASI. Tanda-tanda bayi kena alergi susu sapi setidaknya dimulai dari pengetahuan ayah bunda agar mengetahui secara dini efeknya.

Tanda-tanda Bayi Kena Alergi Susu Sapi

Berikut tanda-tanda bayi kena alergi susu sapi yang sering menjadi perhatian bersama:

1. Perut menjadi kembung pada si kecil

Perut kembung pada debi menjadi tanda-tanda bayi kena alergi susu sapi yang pertama. Ciri ini mudah dikenali dengan melihat dan meraba perut bayi. Saat si kecil tidak bisa menerima susu sapi maka kondisi pencernaan si kecil akan marah atau tidak nyaman. Kondisi ini bisa menyebabkan si kecil terkena perut kembung yang bisa memicu si kecil mual atau muntah. Perut kembung pada si kecil menyebabkan si kecil tidak bisa buang gas sehingga perut menjadi lebih besar dan jika Anda ketuk pelan maka ada suara nyaring dari perut. Kondisi ini bisa menyebabkan si kecil tidak nyaman sehingga akan lebih sering rewel dan tidak mau minum susu lagi. Jika sudah parah maka si kecil bisa muntah-muntah dan tidak bisa menerima makanan dengan baik.

2. Adanya bintik merah pada kulit si kecil

Selanjutnya tanda-tanda bayi kena alergi susu sapi adalah adanya gatal atau bintik merah pada kulit si kecil. Si kecil yang baru lahir bisa menerima dampak yang berat karena kulit si kecil yang baru lahir memang masih sangat sensitif. Bintik merah pada si kecil akibat alergi susu sapi berbeda dengan bintik merah akibat biang keringat. Terkadang bintik merah akibat alergi susu sapi bisa menyebabkan rasa gatal yang parah sehingga ruam merah seperti menumpuk pada kulit si kecil. Reaksi ini bisa terjadi dengan cepat setelah si kecil minum susu sapi.

3. Adanya bunyi nafas si kecil

Ciri paling kelihatan yang paling sering adalah nafas si kecil yang berbunyi. Nafas si kecil berbunyi terjadi akibat si kecil terkena kesulitan bernafas. Pada dasarnya saluran pernafasan memberikan reaksi alergi yang cepat karena pada bagian ini terdapat banyak lendir. Lendir dihasilkan oleh saluran pernafasan namun jika berlebihan maka pernafasan si kecil menjadi tidak nyaman. Kondisi kesulitan bernafas juga bisa menjadi gejala asma pada si kecil, sehingga pemeriksaan lainnya sangat diperlukan.

Ada sebagaian si kecil yang mengalami reaksi kuat terhadap susu sapi juga bisa menyebabkan mata si kecil berair dan merah. Beberapa orang tua menganggap jika kondisi ini bisa terjadi akibat serangga atau debu yang mengotori mata si kecil. Namun reaksi mata si kecil berair ini juga bisa memicu rasa gatal pada daerah mata sehingga si kecil cenderung tidak tenang. Jika mata si kecil yang berair tidak dirawat dengan tepat maka bisa berkembang menjadi mata bengkak. Terkadang beberapa si kecil juga bisa terkena mata bintitan sehingga si kecil akan sering menangis.

4. Kondisi si kecil sangat lemah

Akibat reaksi alergi susu sapi pada si kecil bisa menyebabkan si kecil menjadi sangat lemah. Kondisi ini bisa disebabkan karena si kecil mengalami penurunan tekanan darah dan terkadang jika sudah parah maka si kecil bisa pingsan. Kondisi berat yang harus dikenali sejak awal bahwa lemahnya si kecil mengindikasikan untuk segera mendapatkan perawatan ekstra dari rumah sakit. Jika si kecil sering menangis berlebihan setelah minum susu sapi maka kondisi ini juga bisa berhubungan. Jadi perhatikan semua tanda yang sering menyebabkan si kecil lebih lemah setelah minum susu sapi.

Si kecil memang memiliki sistem pernafasan yang sangat sensitif. Ketika tubuh si kecil menolak zat asing yang terkandung dalam susu sapi maka si kecil bisa batuk. Jenis batuk akibat alergi susu sapi bisa menyebabkan batuk kering atau batuk berdahak. Awalnya mungkin si kecil akan mengeluarkan suara serak sehingga membuat ekspresi si kecil ketika menangis terlihat seperti sangat sakit. Kemudian si kecil akan menjadi lebih sering batuk terutama sesaat setelah minum susu.


5. Bayi sering menangis saat menelan susu

Kejadian itu akibat reaksi alergi susu sapi yang lain adalah ketika si kecil menangis saat minum susu sapi. Umumnya banyak ibu yang menganggap jika kondisi ini berhubungan dengan rasa susu yang tidak enak. Namun penyebab sebenarnya adalah karena si kecil merasa sakit dan sesak pada bagian tenggorokan. Hal ini bisa dikatakan adanya reaksi pada saluran pernafasan yang berlebihan terhadap bahan kimia tertentu dalam sapi, termasuk protein yang dihasilkan. Jadi si kecil akan sulit untuk menelan susu dan menjadi menangis saat minum susu.

6. Si Bayi mengalami mencret/diare

Gejala alergi susu sapi pada si kecil yang lain adalah akan menyebabkan si kecil mudah terkena diare. Diare pada si kecil bisa menyebabkan si kecil menjadi sangat lemah. Reaksi diare bahkan bisa terjadi sangat cepat setelah si kecil minum susu sapi. Kondisi ini bisa disebabkan karena saluran pencernaan si kecil tidak bisa menerima bahan gula alami atau senyawa yang dihasilkan dalam susu sapi. Beberapa susu sapi juga mengandung bahan pemanis buatan dalam kadar yang normal namun kondisi ini tidak bisa diterima untuk si kecil yang mengalami alergi susu sapi.

7. Eksim pada kulit si kecil

Bagian terluar bayi yang namanya kulit menjadi sangat sangat sensitif, terlebih jika si kecil terkena alergi susu sapi. Beberapa si kecil bisa mengembangkan eksim yang sangat parah sehingga si kecil menjadi tidak nyaman. Awal dari eksim mungkin akan terlihat seperti ruam merah bisa. Kemudian gejala menjadi lebih parah setelah eksim menjadi bagian ruam yang menumpuk pada kulit si kecil. Bagian kulit yang terkena eksim akan menjadi merah, keras dan sangat gatal. Si kecil Anda juga tidak akan bisa tidur dengan nyenyak. Untuk perawatan eksim yang parah maka Anda bisa meminta bantuan dokter anak.

8. Terjadi bengkak pada wajah debi

Gejala anafilaksis bisa membuat wajah si kecil bengkak, merah, si kecil menangis terus karena sulit bernafas, perut kembung, mual dan muntah. Reaksi alergi ini bisa berlangsung sangat cepat sehingga terkadang perawatan pada si kecil terlambat dilakukan. Jika terkena kondisi ini maka si kecil harus segera dibawa ke rumah sakit.Susu sapi bisa menyebabkan alergi yang sangat buruk untuk tubuh si kecil. Beberapa si kecil bisa mengalami kondisi yang sangat mengerikan terkait dengan anafilaksis akibat susu sapi. Anafilaksis termasuk salah satu dampak alergi susu sapi yang paling mengerikan dan bisa menyebabkan kematian pada si kecil.

Baca Juga:

Dengan mengetahui┬átanda-tanda bayi kena alergi susu sapi yang baru saja diulas akan menjadikan setiap orang tua waspada dan jeli melihat perkembangan si buah hati. Anak adalah anugerah paling indah dan membahagiakan. Tidak ada kecuali persembahan terbaik dalam mendidik si buah hati menjadi anak yang diidam-idamkan. [M. Anis – WartaSolo.com]


Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...