Cara Membersihkan Telinga Bayi Yang Aman Dan Nyaman. Sebagai orang tua memang seharusnya diharap mampu dengan cekatan mengurus anaknya apalagi yang masih bayi. Bayi membutuhkan perawatan khusus bila dibandingkan dengan anak-anak.

Semua organ bayi masih sangat rawan, perawatan yang hati-hati dan membutuhkan penanganan khusus memang perlu diterapkan agar bayi tetap sehat dan jauh dari penyakit. Untuk menghindari berbaga penyakit bayi harus bersih baik itu telinga, hidung, maupun bagian tubuh lainnya.


Cara membersihkan telinga bayi memang terbilang agak susah. Bila kita membersihkan dengan menggunakan cutton bud ada perasaan was-was kotorannya malah masuk kedalam terdorong oleh cutton bud. Mengingat lubang telinga bayi masih sempit dan sangat sensitif.

Cara Membersihkan Telinga Bayi

Namun bila tidak dibersihkan dengan berkala kotoran pada telinga/serum menjadi menumpuk dan akhirnya pendengaran bayi terganggu. Sebagai orang tua yang bijak perlu memperhatikan dan menjaga kebersihan telinga serta tahu cara yang tepat untuk membersihkan telinga bayi.

Simak Juga Ulasan Lainnya:

Berikut cara membersihkan telinga bayi yang aman dan nyaman menurut tim wartasolo.com:

  1. Pengecekan dilakukan secara rutin untuk mengetahui ada tidaknya kotoran dalam telinga bayi
  2. Perhatikan anak bila sudah mengorek, menggaruk atau menarik telinganya sendiri
  3. Kotoran memang dapat keluar dengan sendirinya namun bukan berarti kotoran akan menggelinding keluar, kotoran keluar sedikit demi sedikit hal tersebut bisa diamati pada bagian telinga luar bila tampak kuning maka kotoran keluar, tugas anda adalah membersihkan
  4. Cutton bud digunakan hanya untuk membersihkan telinga bagian luar saja
  5. Hati-hati dalam menggunakan cutton bud, jangan sampai kotoran malah terdorong kedalam
  6. kotoran yang mengeras dapat dilunakkan dengan cairan karbogliserin yang bisa anda lakukan sendiri dirumah
  7. Khusus bagi balita memang dianjurkan untuk ke dokter THT minimal 6 bulan sekali

Ada baiknya anda membuat jadwal sendiri untuk sibuah hati, dengan jadwal pengecekan seluruh badan bayi diharapkan anda lebih konsisten dalam menangani bayi anda. Anda juga harus sabar saat membersihkan telinga bayi. Gerakan bayi yang tiba-tiba kadang membuat orang tua merasa gugup. Tenangkan bayi dengan nyanyian lembut atau ajak komunikasi bayi untuk membuatnya rileks. Semoga ulasan mengenai cara membersihkan telinga bayi dengan aman dan nyaman diatas bermanfaat.