Manfaat Adas Bagi Kesehatan Tubuh, Mampu Mengobati Insomnia Hingga Penyakit Kuning



Manfaat Adas Bagi Kesehatan Tubuh, Mampu Mengobati Insomnia Hingga Penyakit Kuning, Gambar

Manfaat Adas Bagi Kesehatan Tubuh, Mampu Mengobati Insomnia Hingga Penyakit Kuning. Manfaat adas untuk kesehatan tubuh mampu mengobati penyakit anemia, gangguan pencernaan, sembelit, kolik, diare, perut kembung, demam, batuk dll. Adas merupakan salah satu jenis tanaman obat yang mempunyai banyak manfaat.

Adas banyak digunakan dalam racikan jamu tradisional, namun manfaat adas tidak hanya untuk pengobatan saja. Adas juga banyak digunakan sebagai bumbu masakan nusantara. Tanaman yang mempunyai nama latin foeniculum fulgare mill mempunyai ciri dalam satu rumpun mempunyai 3-5 batang, batang mempunyai alur dan beruas dengan warna hijau kebiru-biruan, daun menyempit menyerupai jarum, buah adas berbiji lonjong dan meruncing.

Bagi masyarakat jawa khususnya masyarakat Jogjakarta sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Disetiap daerah tanaman ini mempunyai julukan berbeda-beda misalnya di Bali disebut adas, di Aceh dinamakan pedas, Gorontalo dengu-dengu dan masih banyak sebutan lainnya.

Manfaat Adas Bagi Kesehatan Tubuh

Namun meskipun mempunyai julukan yang berbeda disetiap daerah tanaman yang satu ini mempunyai manfaat yang sama. Berikut beberapa manfaat tanaman adas bagi kesehatan tubuh.

  1. Kandungan minyak asiri yang terdapat di dalam tanaman adas memiliki khasiat yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah, serta dapat membantu memperbaiki abnormalitas pada organ ginjal dan pankreas.
  2. Mengurangi rasa sakit pada perut (mulas), rasa mual, muntah dan perut kembung atau begah bila dikonsumsi secara teratur.
  3. Meningkatkan produksi asi (air susu ibu)
  4. Meningkatkan daya penglihatan mata anda, sehingga daya penglihatan menjadi lebih tajam.
  5. Dapat mencegah penyakit infeksi paru-paru atau TBC.
  6. Dapat melancarkan buang air besar dan buang angin, sehingga perut aka terasa ringan dan saluran pencernaan menjadi lebih lancar
  7. Dapat mengobati keracunan yang dapat disebabkan oleh makanan dan obat-obatan.
  8. Mampu meningkatkan nafsu makan, sehingga secara bertahap meningtakan berat badan bagi seseorang yang memiliki badan kurus.
  9. Mampu mengatasi penyakit yang disebabkan oleh karena buah pelir turun (orchidoptosis) dan mengatasi penyakit yang disebabkan oleh karena usus turun ke lipat paha (hernia inguinalis)
  10. Dapat mencegah penimbunan cairan berlebih pada kantung yang terdapat pada buah zakar (hiodrokel testis)
  11. Bagi anda yang memiliki gangguan susah tidur (insomnia), tanaman ini dapat mengatasi penyakit tersebut secara cepat dan aman.
  12. Tanaman ini mampu mengatasi masalah kewanitaan seperti nyeri haid dan melancarkan haid.
  13. Dapat mengobati penyakit reumatik, hernia dan batu empedu.
  14. Dapat mengatasi penyakit kuning, baik pada bayi ataupun anak-anak.
  15. Dapat mengobati penyakit yang disebabkan faktor perubahan cuaca seperti demam, batuk dan influenza.
  16. Menghentikan diare atau mencret, baik pada anak atau orang dewasa.
  17. Menurunkan kadar asam urat.
  18. Mengatasi batuk.
  19. Mengatasi sariawan.
  20. Penambah rasa alami.

Baca Juga:

Memang banyak sekali manfaat yang bisa anda peroleh dari tanaman adas. meskipun bentuknya yang kecil namun manfaat luar biasa yang dihadirkan. Anda bisa menggunakan adas untuk mengatasi berbagai keluhan. Karena adas sangat aman bagi tubuh dan tidak mengandung pengawet berbeda dengan obat-obatan. Jadilah konsumen cerdas. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]