Tanda Dan Gejala Awal Sirkulasi Darah Tidak Lancar



sirkulasi darah tidak lancar

Tanda Dan Gejala Sirkulasi Darah Tidak Lancar. Jangan anggap remeh bila tubuh anda pernah merasakan tanda peredaran darah bermasalah dan tidak lancar. Segera kenali ciri-cirinya mulai sekarang, sebab begitu pentingnya peranan sirkulasi darah di dalam tubuh kita. Ia digambarkan sebagai kurir pengantar yang tak pernah  berhenti bekerja dan tak kenal lelah. Mengangkut zat-zat penting yang sangat diperlukan oleh organ-organ tubuh seperti protein, karbohidrat, mineral, protein dan cakupan oksigen.

Jika sirkulasi darah ini mengalami gangguan atau rusak seperti pengentalan sampai penyumbatan darah dan tak segera ditanggulagi secara tepat sudah dapat dipastikan akan mengalami gangguan kesehatan buruk sampai timbulnya penyakit berbahaya yang mengancam jiwa seperti Stroke, Leukopenia, hemophilia sampai kanker darah. Jadi kenali sejak dini tanda-tanda peredaran darah bermasalah pada tubuh anda seperti berikut ini:

Terjadi Gangguan Kesehatan pada Sistem Pencernaan

Bagi anda yang susah gemuk, Padahal anda sudah melebihkan porsi makanan, mencoba makan dan cemilan ditengah malam agar tubuh anda yang kurus bisa cepat gemuk. Percuma saja meskipun anda menambahkannya dengan mencoba minum multivitamin ataupun susu.

Ini sama saja halnya seperti terbuang sia-sia makanan atau minuman yang sudah anda konsumsi. Sebab semua asupan energi dan nutrisi ini tidak bisa tersampaikan dikarenakan sirkulasi darah yang memburuk jadi nutrisi yang masuk kedalam tubuh terbuang sia-sia.  Dan salah satu dampak buruknya menyebabkan system organ pencernaan sering lambat dan lama kelamaan mengalami sembelit.

Sering Mengantuk dan Mudah Merasa Kelelahan

Apakah akhir-akhir ini anda sering merasa lelah ataupun mengantuk? Padahal anda sudah cukup tidur dan beristirahat.  Bila ada yang mengkaitkan ini dengan gejala penyakit diabetes belum tentu loh, apalagi jika anda orang tua anda tidak memiliki riwayat keturunan penyakit tersebut hal tersebut bisa diakibatkan karena sirkulasi darah anda kurang normal..

Mudah merasakan kelelahan merupakan salah satu ciri tanda peredaran darah bermasalah sehingga membuat fungsi otot tubuh akan mudah lelah,sakit dan lemas. Dan biasanya disertai juga gejala pernafasan menjadi pendek-pendek, seperti berat.

Bila anda sudah mengalami kondisi seperti ini jangan pernah meremehkan,  segera periksakan kesehatan anda ke dokter agar dapat ditanggulangi sejak dini.

Mengalami Bengkak di Tangan atau Kaki

Apabila sirkulasi darah atau peredaran darah mengalami gangguan, juga bisa menyebabkan organ tubuh tidak normal seperti terjadinya pembengkakan pada bagian kaki dan tangan.  Hal tersebut akibat gejala peredaran darah buruk bisa mengakibatkan rusaknya kinerja ginjal, atau edema dalam tubuh. Sehingga terjadilah penumpukan cairan di bagian kaki dan tangan, yang kemudian membesar dan bengkak.

Dengan begitu, terjadinya bengkak di tangan dan kaki bisa menjadi pertanda bahwa keadaan sirkulasi darah dalam tubuh sedang memburuk. Jadi kenalilah sedini mungkin tanda-tanda sirkulasi darah anda kurang lancar.

Baca Juga: Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

Penyebab Kinerja dan Daya Fungsi Otak Menurun

Akibat-akibat lainnya yang bisa ditimbulkan oleh sirkulasi darah yang terhambat atau tidak normal, juga bisa menjadikan fungsi otak semakin menurun karena asupan oksigen ke otak berkurang. Sebab akan membuat gangguan tingkat konsentrasi dimana menurunnya fungsi memori otak, dan mudah sekali mengalami rasa pusing di kepala.

Sehingga beberapa gejala ini, bisa menjadi pertanda bahwa peredaran darah dalam tubuh sedang memburuk atau tidak normal. Dan bukan hanya pusing saja, sering merasakan telat mikir ataupun menjadi pelupa juga bisa menjadi indikasi buruknya peredaran darah.

Kondisi Tangan dan Kaki Berubah Menjadi Dingin

Salah satu ciri-ciri peredaran darah memburuk alias bermasalah sehingga tidak bisa berfungsi secara normal , baik itu terjadi pengentalan, sirkulasi darah tertutup, maupun terjadi penyumbatan terhadap aliran darah, Maka salah satu hal yang menjadi indikasi yakni suhu tubuh menjadi menurun, terutama di bagian ujung tubuh baik kaki maupun tangan akan terasa dingin walaupun dengan suhu normal dan didalam ruangan.

Oleh karena itu, bilamana bagian kaki dan tangan ini mengalami penurunan suhu secara mendadak seperti berada di suhu udara yang dingin, maka hal demikian bisa menjadi pertanda bahwa sirkulasi darah dalam tubuh mengalami gangguan.

Fungsi Daya Tahan Tubuh Semakin Melemah

“Gangguan sirkulasi darah” yang memburuk, menjadikan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit pun menjadi lemah pula. Dan terjadilah daya imunitas tubuh yang kurang mumpuni atau mudah terserang oleh berbagai macam virus/ penyakit berbahaya, dan radikal bebas yang ada.

Alhasil daya tahan tubuh menjadi lemah, dan ini bisa menjadi salah satu pertanda bahwa sirkulasi darah mengalami permasalahan.  Ambil tindakan sekarang juga, lebih cepat lebih baik sebelum merembet semakin parah.

Gara-gara Dicium Setan Warna kulit biru atau memar

Semua orang pasti merasa kaget ketika terbangun di pagi hari, tiba-tiba  kulit pada salah satu bagian tubuhnya membiru atau memar, konon seperti kata orang bilang ini katanya akibat digigit atau dicium setan. Padahal kenyataannya tidak seperti itu, semua bisa dijelaskan dalam ilmu kesehatan.

Hal demikian bisa menjadi ciri-ciri bahwa kondisi peredaran darah dalam tubuh sedang memburuk atau tidak normal. Dimana terjadinya warna kulit yang membiru atau memar ini, dapat disebabkan oleh aliran oksigen dalam tubuh tidak lancar hingga merambat ke berbagai organ tubuh lainnya.

Membuat Nafsu dan Pola Makan menjadi Buruk

Mengalami nafsu makan yang menurun, bisa juga menjadi tanda bahwa sirkulasi darah dalam tubuh tidak lancar atau mengalami masalah. Hal demikian karena peredaran darah yang memburuk juga akan berdampak pada sinyal lapar yang dikirimkan organ hati ke otak menjadi lemah.

Sehingga hal itu menimbulkan nafsu makan menjadi hilang. Oleh karena itu, bila anda menemukan kondisi yang seperti ini, setidaknya anda mulai melakukan langkah antisipasi demi menormalkan peredaran darah dalam tubuh layaknya sediakala.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Nafsu Makan

Rambut Mudah Rontok

Rambut anda saat ini mengalami rontok berlebihan dan menyangka ini hanya gara-gara stress, kurang vitamin ataupun siklus pertumbuhan rambut yang tidak seimbang. Padahal penyebab rambut rontok berlebihan bukan hanya karena itu saja.

Saat rambut kira mengalami pertumbuhan  harusnya memiliki jumlah nutrisi yang tepat namun nutrisi yang dibutuhkan itu tidak bisa tersalurkan ke akar rambut. Tahukah anda bila itu semua juga disebabkan oleh gangguan peredaran darah yang memburuk. Selain tanda akan rambut yang rontok, kuku tangan yang rapuh dan pucat juga bisa dijadikan indikasi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Disfungsi ereksi, Impotensi dan Ejakulasi Dini

Tak dapat dibayangkan bagi seorang pria dalam hidupnya, memiliki pekerjaan yang terbilang wah, rumah mewah dan tentunya ditemani istri yang cantik bagaikan bidadari. Akan tetapi senjatanya melempem saat  di kokang, ketika dipakai bertempur.

Wadau bisa-bisa dicemberutin istri terus nih kalau-kalau sampai mengalami hal seperti itu. Tahukah anda jika gangguan peredaran darah juga dapat menyebabkan impotensi pada seorang pria , selain itu juga bisa membuat seorang pria menjadi ejakulasi dini ( cepat keluar seperti bebek).

Jadi bila anda seperti merasakan gejala-gejala seperti ini segera periksa kesehatan anda, jangan sampai semuanya terlambat sehingga keris pusaka anda tak bisa berfungsi lagi dan hanya menjadi hiasan gantungan kunci saja.

Demikian tadi tanda-tanda awal sirkulasi darah yang tidak normal. Selalu deteksi perubahan yang terjadi pada diri anda untuk menghindari hal-hal yang kurang baik. Serta mulailah dengan pola hidup sehat, rajin berolah raga. Baca Juga: Manfaat Olah Raga. [YuQe-WartaSolo.com]