Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Yang Mantap Banget



Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Yang Mantap Banget

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Yang Mantap Banget. Idul Adha akan segera datang, bagi para ibu-ibu tentunya ingin mencari resep untuk sajian Idul Adha. Idul Adha sangat identik dengan daging kambing banyak olahan daging kambing yang menggugah selera. Namun bagi anda yang masih bingung dalam menentukan resep disini akan kami bagikan resep membuat nasi goreng kambing kebon sirih yang mantap banget.

Nasi goreng kambing sama halnya dengan nasi goreng pada umumnya namun rempah-rempah yang digunakan dalam nasi goreng kambing lebih banyak selain itu juga perlu tehnik khusus untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Ada banyak cara mengolah nasi goeng kambing anda bisa memilih satu diantaranya.

Mungkin salah satu diantara kita pernah membuat nasi goreng kambing namun hasilnya masih bau prengus dan kurang sedap. Disini tim wartas0l0.com akan membagikan resep nasi goreng kambing yang enak banget tanpa bau prengus ataupun amis.

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Perhatikan dengan benar cara membuat nasi goreng kambing serta bumbu yang digunakan karena cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing memang membutuhkan perhatian yang khusus.

Simak Juga Resep Lainnya:

Bahan-bahan Resep Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

  • 3 – 4 piring ukuran standar nasi yang digunakan nasi dengan tekstur yang tidak lembek, bisa juga menggunakan nasi kemarin.
  • Daging kambing segar yang belum dicuci kurang lebih sebanyak 1/4 kg saja. Potong daging kambing bentuk kotak sesuai selera.
  • Kecap kental manis kualitas bagus secukupnya sesuai selera.
  • Kayu manis kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  • Lada halus atau bubuk secukupnya sesuai selera. (lada bisa dihilangkan bila tidak suka dengan aromanya)
  • Garam dapur secukupnya sesuai selera masing-masing.
  • Daun salam/daun bay 1 lembar saja. Cuci bersih sebelum dicampur dengan bumbu lainnya.
  • Minyak samin secukupnya untuk menumis bumbunya supaya lebih harum dan enak.
  • Air bersih secukupnya untuk merebus daging kambingnya

Bahan Bumbu Nasi Goreng Kambing Ala Kebon Sirih

  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 7 siung saja.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 siung saja.
  • Cabai merah dan cabai rawit yang sudah dicuci bersih secukupnya sesuai selera masing-masing.
  • Cengkeh kurang lebih sebanyak 2 batang saja.
  • Kapulaga kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  • Jintan halus atau jintan bubuk sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 0.25 sendok kecil saja.
  • Kunyit secukupnya atau bisa juga memakai yang sudah dibuat menjadi bubuk kurang lebih sebanyak 0.25 sendok kecil saja.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.

Cara Membuat Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Yang Enak Banget

  1. Siapkan panci dan isi air secukupnya. Rebus sampai mendidih kemudian masukkan daging kambingnya dan masak sampai setengah empuk. Jangan lupa buang busa dan kotoran yang mengambang supaya bau prengusnya hilang kemudian angkat dan sisihkan.
  2. Ambil cobek dan haluskan dengan tangan bumbu nasi gorengnya, diantaranya cabai, bawang putih, bawang merah, cengkeh, kapulaga, kunyit, garam dapur sedikit saja dan jintannya sampai benar-benar halus.
  3. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak samin secukupnya untuk menumis bumbu nasi goreng.
  4. Masukkan bumbu nasi goreng kambing yang sudah dihaluskan diatas ke dalam penggorengan bersama dengan kayu manis dan daun salamnya kemudian aduk-aduk sampai tercium bau harum khas.
  5. Masukkan potongan daging kambing yang sudah hampir empuk diatas kemudian aduk-aduk kembali sampai tercampur rata.
  6. Tambahkan air kaldu bekas rebusan diatas secukupnya (jangan terlalu banyak) kemudian masak kembali sambil sesekali diaduk sampai dagingnya empuk dan airnya mengental dengan aroma yang memikat.
  7. Tuang nasi pera yang sudah dipersiapkan sebelumnya kemudian aduk-aduk sampai tercampur rata dengan bumbu dan daging kambingnya.
  8. Tuang kecap manis kental diatas nasi gorengnya bersama dengan lada halus kalau suka kemudian aduk-aduk kembali sampai semua bagian benar-benar tercampur rata.
  9. Cek rasa dan tambahkan garam dapur beryodium atau kecap kalau diperlukan kemudian aduk-aduk kembali sampai benar-benar rata dan angkat.

Baca Juga:

Demikian tadi cara memasak nasi goreng kambing kebon sirih yang enak banget. Anda bisa menambahkan irisan mentimun atau irisan tomat untuk mempercantik tampilan, selamat mencoba. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]