Cara Membuat Bakso Beranak Ala Rumahan Yang Nikmat Dan Lezat

Cara Membuat Bakso Beranak Ala Rumahan Yang Nikmat Dan Lezat

Cara Membuat Bakso Beranak Ala Rumahan Yang Nikmat Dan Lezat. Bakso adalah salah satu makanan khas Indonesia yang ada di hampir seluruh daerah. Bakso merupakan olahan dari daging dicampur dengan tepung kanji atau tepung sagu tani. Daging yang umum digunakan untuk membuat bakso yaitu daging ayam dan sapi. Akhir-akhir ini khasanah kuliner Indonesia diramaikan dengan fenomena bakso beranak.

Bakso ini merupakan bakso di dalam bakso. Bakso ini terkenal di seluruh wilayah seperti Batam, Medan, Jakarta, Surabaya, Banyuwangi, Malang, Sidoarjo, Bandung, dan lain sebagainya. Bakso beranak merupakan bakso dengan tampilan besar didalam bakso yang besar tersebut ada beberapa bakso kecil dan telur. Bakso beranak merupakan bakso dengan porsi jumbo.


Anda bisa membuat sendiri bakso beranak dirumah, caranya gampang seperti kita membuat bakso pada umumnya hanya saja bakso bakso yang sudah matang kemudian dibungkus dengan adonan bakso yang lebih besar. Wooow sudah membayangkan gimana bentuknya. Saat bakso kita belah didalamnya aka nada sekumpulan bakso-bakso kecil. Simak dengan men-schroll di layar hp Anda cara membuat bakso beranak di sini.

Cara Membuat Bakso Beranak Ala Rumahan Yang Nikmat Dan Lezat

Berikut cara membuat bakso beranak ala rumahan dari bahan-bahan hingga langkah-langkahnya:

Bahan:

  • 1/4 daging sapi
  • 5btr bwg putih
  • 4 sdm munjung tepung sagu tani
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1sdt garam
  • 1/2 bks penyedap sapi
  • Telur puyuh rebus

Cara Membuat:

  1. Blender daging sapi dan bawang putihdengan menambah 1/2 gls air es, sampai adonan rata (untuk air es bisa ditambah sesuai kebutuhan)
  2. Setelah halus masukkan bahan-bahan lain kecuali telur puyuh rebus, ratakan.
  3. Bentuk bakso dengan tangan dan sendok untuk membuat bakso kecil (anak)
  4. Didihkan air di panci agak banyak, setelah mendidih matikan api
  5. Masukkan bakso kecil ke dalam panci mendidih, angkat jika sudah mengapung, lalu tiriskan.
  6. Cetak lapisan luar bakso dengan menggunakan mangkok kecil.
  7. Masukkan bakso kecil dan telur puyuh kedalamnya, lalu tutup hingga bakso kecil dan telur puyuh tidak terlihat (bakso beranak berbentuk bulat)
  8. Didihkan kembali air rebusan pentol, lalu masukkan bakso beranak ke dalamnya.
  9. Rebus hingga matang, dan mengapung dengan menggunakan api kecil, lalu tiriskan.
  10. Bakso beranak siap disajikan.

Sangat mudahkan cara membuatnya. Kita bisa makan bakso beranak sendiri dirumah dengan lebih santai dan tidak diliputi perasaan was-was karena dagingnya atau bahannya kurang sehat. Semoga ulasan mengenai bakso beranak diatas menambah wawasan para ibu-bu dibidang kuliner untuk tetap berkreasi didapur, Selamat mencoba. Simak Juga: Cara Membuat Bakso Sapi Goyang Lidah Dijamin Maknyus serta Resep Bakso Goreng Ayam Pelangi Maknyus. [ Yuni Hastuti – WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kuliner
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...