Resep dan Cara Membuat Tepung Hunkwe: Pengertian, Kandungan dan Mudahnya Membuat

Resep dan Cara Membuat Tepung Hunkwe: Pengertian, Kandungan dan Mudahnya Membuat

Resep dan Cara Membuat Tepung Hunkwe: Pengertian, Kandungan dan Mudahnya Membuat. Anda tahu cendol? Kue lembut atau puding? Ternyata itu semua terbuat dari tepung dari kacang hijau atau Tepung Hunkwe. Tepung ini berwarna putih dan biasanya dikemas dengan kertas berbentuk silender sekitar 18 cm (dipasaran). Jika dimasak tepung ini aromanya harum dan berwarna bening dan kenyal teksturnya.


Biasanya diolah menjadi cendol, kue pisang atau puding. Karena agak unik aromanya maka tepung ini sulit diganti dengan tepung lain. Meskipun bisa juga diganti dengan tepung kanji dengan hasil sedikit berbeda. Tepung Kacang Hijau atau Tepung Hunkwee adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Tepung Hunkwee mengandung energi sebesar 364 kilokalori, protein 4,5 gram, karbohidrat 83,5 gram, lemak 1 gram, kalsium 50 miligram, fosfor 100 miligram, dan zat besi 1 miligram. Kandungan lain dalam tepung Hunkwee juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Tepung Hunkwee, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %. Kandungan tepung ini sadar tidak sadar telah lama menjadi konsumsi masyarakat Indonesia.

Resep dan Cara Membuat Tepung Hunkwe

Nama Asli dan nama lain

Nama asli sebutannya adalah tepung Hunkwee atau disebuat juga dengan tepung pati kacang hijau atau tepung kacang ijo atau tepung Hunkwe (Mungbean Flour).

Kandungan Tepung Hunkwe

  • Banyaknya Tepung Hunkwee yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian Tepung Hunkwee yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
  • Jumlah Kandungan Energi Tepung Hunkwee = 364 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Tepung Hunkwee = 4,5 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Tepung Hunkwee = 1 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Tepung Hunkwee = 83,5 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Tepung Hunkwee = 50 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Tepung Hunkwee = 100 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Tepung Hunkwee = 1 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Tepung Hunkwee = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Tepung Hunkwee = 0 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Tepung Hunkwee = 0 mg
  • Khasiat / Manfaat Tepung Hunkwee : – (Belum Tersedia)
  • Huruf Awal Nama Bahan Makanan : T

Sumber : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Keterangan lain Tepung Hunkwe

Hasil riset atau penelitian pada Tepung Hunkwee yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.  Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Tepung Hunkwee ini.  Semoga informasi kandungan gizi/nutrisi Tepung Hunkwee ini bisa bermanfaat untuk kita semua.  Terima Kasih.

Bahan dan cara membuat tepung Hunkwe

Warta-solo akan memberikan kriteria bahan kacang hijau pilihan, cara membuat tepung dengan penggilingan sebagai mana penggilingan tepung beras. Tapi dipastikan kondisi kacang hijau sudah kering layak giling dan tidak terlalu basah.

Ini yang penting, sebelum digiling cara memastikan kacang hijau kering bisa dengan menggigit pakai gigi sendiri atau di ulek barang sejumput untuk mengetahui tingkat layak kering sebelum digiling. BACA JUGA: Tips Membuat Cendol Manis Legit menggoda lidah. [M. Anis – WartaSolo.com]


Kategori: Kuliner
Tagged as: proses pembuatan tepung hunkwe, komposisi tepung hunkwe, cara buat kue hunkwe, kandungan pada tepung hunkwe, kandungan hangkwe, jurnal pembuatan tepung hunkwe, cara pembuatan tepung hunkwe, teknik dan cara pengolahan tepung hunkwe, cara membuat kue hunkwe, cara membuat hunkwe dan mutiara, Cara mebuat tepung hukwe dari kacang, dan lainnya.

Info Menarik Lainnya:

WartaSolo.com - Berita dan Informasi Terkini April 2018. Ikuti perkembangan terbaru jadwal motogp 2018, nama pembalap motogp 2018, klasemen motogp 2018, jadwal f1 2018, serta update klasemen f1 2018, dan jadwal superbike 2018, klasemen superbike 2018.