Buah Yang Aman Dikonsumsi Saat Puasa Ramadhan



Buah Yang Aman Dikonsumsi Saat Puasa Ramadhan

Buah Yang Aman Dikonsumsi Saat Puasa Ramadhan. Ramadhan sudah tiba,berbagai persiapan untuk menyambut bulan penuh berkah telah disiapkan dengan matang. Terlebih untuk makanan yang akan disajikan pada bulan Ramadhan. Sampai-sampai para ibu sudah menyiapkan list menu buka dan sahur yang akan disajikan selama 1 bulan dibulan Ramadhan.

Memang makanan merupakan elemen penting yang perlu diperhatikan dalam puasa selain stamina yang bagus. Makanan yang sehat dan bergizi akan membuat tubuh tetap fit selama menjalani ibadah puasa. Dengan makanan yang seimbang tubuh akan tetap bisa melakukan aktifitas meskipun dalam keadaan puasa.

Salah satu yang perlu dipersiapkan juga adalah buah-buahan. Karena tidak semua buah-buahan bisa dikonsumsi saat puasa, lantas buah apa saja yang aman dikonsumsi saat puasa?. Ada buah-buahan yang akan menimbulkan gas saat dikonsumsi seperti nangka dan durian. Pemilihan buah-buahan yang tepat akan baik untuk pencernaan. Buah yang bergizi banyak vitamin sangat dibutuhkan tubuh dalam puasa. Berikut daftar buah yang aman dikonsumsi saat puasa Ramadhan

Buah Yang Aman Dikonsumsi Saat Puasa

Semangka

Buah berwarna merah ini sangat bermanfaat untuk penyejuk tubuh, selain itu buah semangka juga bisa menurunkan panas tubuh bagi anda yang sedang demam. Semangka mengandung vitamin A dan C yang menjadi sumber antioksidan yang baik. Warna merah pada semangka menandakan tingginya likopen, salah satu komponen karotenoid. Likopen semangka lebih ampuh memerangi radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit, seperti kanker.

Simak Juga: Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh

Pepaya

Selain murah, pepaya juga menjadi buah yang sangat menyehatkan. Banyak sekali manfaat dengan mengkonsumsi buah papaya selain baik untuk pencernaan anda bisa mendapatkan manfaat lain dari buah papaya. Umumnya, pepaya matang menandung betakaroten, beta-cryptoxanthin, serta lutein dan zeaksantin. Betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas.

Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang paling menonjol dalam pepaya. Satu potong pepaya ukuran 140 gram juga menyumbang vitamin C sebesar 150% dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari (AKG), serta 10% serat. Tak heran kenapa buah semangka dijadikan sebagai buah yang aman dikonsumsi saat puasa Ramadhan.

Baca Juga: Pepaya Baik Untuk Pencernaan Dan Lambung

Blewah

Blewah memiliki kandungan kalium yang sangat baik bagi tubuh. Kalium bermanfaat mengendalikan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko serangan stroke, membersihkan karbondioksida di dalam darah, juga untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Selain itu, blewah juga kaya akan gula dari mo-nosakrida, seperti sukrosa dan fruktosa, sehingga baik untuk berbuka puasa. Kandungan airnya yang sangat tinggi dapat mengatasi dehidrasi setelah tubuh 12-14 jam tidak mengonsumsi air. Rasanya yang menyegarkan menjadikan blewah primadona saat puasa Ramadhan

Baca Juga: Blewah Sangat Baik Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Apel

Apel mengandung gizi yang sangat tinggi, terutama vitamin dan mineral. Sama seperti pir, apel juga dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif. Konsumsilah satu apel setiap harinya untuk membuat kulit tetap halus dan tubuh menjadi langsing.

Simak Juga: Apel Mampu Meningkatkan Kecerdasan Anak

Pir

Buah yang berbentuk seperti jambu monyet ini mengandung asam kloro-genat, salah satu bagian dari asam hidroksi sinamat. Kandungan asam ini berperan sebagai antioksidan yang membendung pembentukan sell kanker, serta mampu mencegah pertumbuhan bakteri shigella sonnei, penyebab penyakit pada saluran pencernaan.

Pir juga baik untuk mencegah radikal bebas karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C memacu sel darah putih melawan infeksi, membunuh bakteri dan virus, serta meregenerasi vitamin E. tanpa kehadiran vitamin C, vitamin E akan teroksidasi oleh radikal bebas, inilah aasan kenapa buah pir direkomendasikan sebagai buah yang aman dikonsumsi saat puasa.

Simak Juga: Buah Pir Dan Kandungan Nutrisinya Sangat Baik Untuk Tubuh

Mangga

Selain air, karbohidrat, dan serat, mangga juga mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, dan macam-macam asam, tanin, zat warna, dan zat volatil.

Karbohidrat daging buah mangga terdiri atas gula sederhana (sukrosa, glukosa, fruktosa), pati, dan selulosa. Gula berperan dalam memberikan rasa manis dan penghasil energi yang dapat segera digunakan oleh tubuh.

Anggur

Sama seperti apel, anggur juga memiliki kandungan gizi yang sangat penting seperti vitamin C, B1, B6, serta mineral mangan dan kalium. Mangan diperlukandalam sintetis energi, sehingga membantu menjaga kestabilan gula di dalam darah. Selain itu, bagi kamu yang mengalami insomnia, anggur juga bagus dikonsumsi karena mengandung melatonin, hormon yang membantu mengatur jam biologis tidur.

Baca Juga: Tampil Sehat Dengan Mengkonsumsi Buah Anggur

Demikian tadi beberapa buah yang aman dikonsumsi saat puasa Ramadhan. Meskipun banyak sekali jenis buah yang ada namun sebaiknya anda selektif dalam memilih buah saat puasa, karena pada saat puasa perut tidak mendapatkan suplai makanan selama kurang lebih 13 jam. Selain buah-buahan diatas ada buah yang wajib dikonsumsi saat puasa yang bisa mengembalikan energi anda yang hilang setelah sehaian, buah tersebut adalah kurma. Semoga ulasan diatas bermanfaat, Salam sehat selalu. Baca Juga:Resep Menu Buka Puasa Yang Sehat, Mudah Dan Nikmat[Yuni HAstuti – WartaSolo.com]