Minuman Berbuka Puasa: Es Kacang Merah Spesial Enaknya Khas Palembang

Minuman Berbuka Puasa: Es Kacang Merah Spesial Enaknya Khas Palembang

Minuman Berbuka Puasa: Es Kacang Merah Spesial Enaknya Khas Palembang. Lagi panas-panasnya, apalagi yang menjadi perhatian kalau bukan seteguk minuman segar pelepas dahaga di tenggorokan. Hasrat mulai bergejolak mencari warung makan atau kedai es untuk sekadar mendapatkan nikmatnya minuman dingin nan menyegarkan. Tapi, tak jarang kita justru kebingungan untuk membeli apa. Apalagi kalau pas puasa Ramadhan, sensasi es kacang merah membuat air liur keluar.

Dari sekian banyak minuman, baik lahir di bumi nusantara maupun datang dari berbagai penjuru dunia, pasti Anda mempunyai satu minuman favorit. Tapi sebatas menyeruput minuman akan “memiskinkan” daya tangkap lidah Anda. Bangun, masih banyak minuman enak yang bisa dinikmati kala panas menerpa. Seperti es kacang merah, sup buah atau es cendol manis misalnya.

Es kacang merah merupakan minuman khas Bangka Belitung, Sumatera Selatan. Tentunya berbahan dasar kacang merah. Soal rasanya, itu tergantung selera lidah masing-masing individu. Anda mungkin pernah mendengar nama minuman ini, tapi belum pernah sekalipun mencobanya. Cara Membuat Es kacang merah sangatlah mudah berikut resep membuat es kacang merah.

Bahan Membuat Es Kacang Merah:

  • 300 gram kacang merah
  • 2 liter air atau 2000 ml air
  • ½ sdt garam
  • 5 sdm gula
  • ½ sdt vanili
  • 1 sdm cokelat bubuk, larutkan dengan air
  • 3 sdm gula merah, iris-iris
  • 1 sdm maizena
  • 300 ml santan (sekitar 2 gelas sedang), bisa juga pakai susu cair

Cara Membuat Es Kacang Merah Segar:

  1. Pertama, rendam dulu kacang merahnya sampai pecah terbuka dan memanjang (merekah). Untuk perkiraan waktunya bisa semalaman direndam.
  2. Setelah merekah, rebus kacang hingga empuk. Note: Jangan ditambahkan garam dan gula sebelum kacang empuk.
  3. Bila sudah empuk, masukkan garam, gula, vanili, gula merah, serta cokelat bubuk yang sudah cair. Aduk dan masak sampai kental dan air menyusut.
  4. Pada panci terpisah, masak santan atau susu cair bersama maizena sampai mengental.
  5. Campur cairan santan tadi dengan kacang merah yang masih direbus. Aduk rata sampai mendidih. Matikan api dan sisihkan.
  6. Es kacang merah siap saji.

Untuk penyajian Anda bisa menambahkan taburan keju parut di atasnya. Es kacang merah ini bisa dimakan dalam keadaan dingin ataupun hangat, sesuai selera Anda saja. Kalau saya enak yang dingin karena sensasinya akan berbeda. Semoga resep diatas bermanfaat, selamat mencoba. Baca Juga: Es Kopyor Yang Yummy Banget [YuQe-WartaSolo.com]

Kategori: Kuliner
Tagged as: , dan lainnya.