Es Doger Bandung, Sajian Berbuka Puasa Enak Dan Menyegarkan

Es Doger Bandung, Sajian Berbuka Puasa Enak Dan Menyegarkan

Es Doger Bandung, Sajian Berbuka Puasa Ramadhan Yang Enak Dan Menyegarkan. Cara membuat es doger sebenarnya sangat mudah dan tidak sulit. Tetapi kebanyakan orang lebih senang membeli dari pada membuat sendiri es yang satu ini. Memang es doger merupakan salah satu jenis es khas Indonesia yang sangat mudah ditemukan. Es doger cukup populer seperti jenis es lainnya misalnya es cendol manis, es kopyor atau es kacang hijau. Es doger sangat nikmat diminum ketika cuaca sedang panas dan matahari bersinar dengan terik.


Es doger juga sangat nikmat sebagai minuman pembuka saat puasa Ramadhan. Hampir sama dengan jenis minuman es khas Indonesia pada umumnya, maka es doger juga memiliki berbagai macam isian. Ciri khas dari es doger adalah warnanya yang menarik dan cantik. Tidak heran jika es yang satu ini memiliki banyak penggemar.

Es doger banyak dijual oleh pedagang kaki lima hingga di restoran. Es yang satu ini sebenarnya berasal dari daerah Jawa Barat tetapi sekarang sudah mudah ditemukan dimana saja. Untuk anda penggemar es doger yang penasaran dan ingin membuat sendiri di rumah, berikut ini adalah cara membuat es doger yang segar dan mudah. Cara membuat es doger sebenanya sangat mudah, yuk kita intip gimana cara membuat es doger yang menanrik dengan rasa yang enak dan menyegarkan.

Bahan-bahan akan dipisah menjadi dua, yaitu bahan I yang berisi isian es doger dan bahan II yang akan menjadi kuah sirup dari es doger.

Bahan Untuk Isian Es Doger

  • Es serut sebanyak 250 gram
  • Sagu mutiara hijau matang sebanyak 25 gram
  • Sagu mutiara merah matang sebanyak 25 gram
  • Daging kelapa muda yang sudah dikerik sebanyak 200 gram
  • Tape singkong sebanyak 100 gram
  • Tape ketan hitam sebanyak 75 gram
  • Nangka matang sebanyak 125 gram
  • Daging alpukat yang sudah dikeruk sebanyak 125 gram
  • Susu kental manis

Bahan Kuah Es Doger

  • Pewarna makanan merah secukupnya
  • Gula pasir sebanyak ½ kg
  • Garam sebanyak ½ sdt
  • Santan kental sebanyak 250 ml

Langkah-langkah Membuat Es Doger:

  1. Langkah pertama yaitu membuat kuah sirupnya terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan merebus semua bahan untuk membuat kuahdengan menggunakan api yang kecil. Setelah mendidih kemudian angkat dan dinginkan.
  2. Jika sudah dingin, campur sirup dengan es serut. Tuangkan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga merata lalu simpan ke dalam freezeer untuk dibekukan.
  3. Setelah selesai membuat sirup, maka selanjutnya adalah menyiapkan es doger. Siapkan gelas kemudian tata isian dari es doger, mulai dari sagu mutiara hijau dan merah, kelapa muda, tape singkong, tape ketan hitam, alpukat, hingga nangka. Setelah itu tuangkan susu kental manis di atasnya.
  4. Selanjutnya tambahkan es yang sebelumnya sudah dicampur dengan es. Es doger pun sudah siap untuk dinikmati.

Demikian cara membuat es doger yang menarik, enak dan sangat menyegarkan. Tampilan es doger yang membuat orang terpesona melihatnya menambah penikmat es doger. Semoga resep es doger diatas bermanfaat, selamat mencoba. Baca Juga: Es Selendang Mayang Yang memikat Hati serta Es Goyobod Yang Maknyus Segarnya [YuQe-WartaSolo.com]


Kategori: Kuliner
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...
WartaSolo.com - Berita dan Informasi Terkini Juli 2018. Ikuti perkembangan terbaru jadwal motogp 2018, nama pembalap motogp 2018, klasemen motogp 2018, jadwal f1 2018, serta update klasemen f1 2018, dan jadwal superbike 2018, klasemen superbike 2018.