Resep Dan Cara Membuat Tahu Acar Khas Solo Yang Segar Dan Mantap

Resep Dan Cara Membuat Tahu Acar Khas Solo Yang Segar Dan Mantap


Resep Dan Cara Membuat Tahu Acar Khas Solo Yang Segar Dan Mantap. Sepertinya sajian makanan lezat dari bahan dasar tahu memang akan sering sekali dijumpai terutama pada sajian masakan khas nusantara. Salah satu makanan lezat yang menggunakan bahan dasar tahu tersebut yaitu tahu acar khas solo atau acar tahu. Makanan sekaligus cemilan nikmat dan jajanan enak ini berasal dari kota solo di mana pada tahap penyajiannya tahu acar ini mencampurkan bahan tambahan berupa potongan tempe, mie kuning, sayuran segar dan kuah kecap yang begitu sedapnya. Bagi yang ingin mencobanya dapat menyajikan tahu acar ini lewat resep cara membuat tahu acar khas solo sedap berikut ini.

Resep Tahu Acar Solo


Bahan-bahan Tahu Acar Khas Solo Segar dan Mantap

Tahu cina 3 bh, potong-potong

Tempe ¼ kg, potong-potong

Mie kuning basah ¼ kg, seduh lalu tiriskan

Kol 200 gr, iri-iris

Tauge 100 gr, seduh lalu tiriskan

Mentimun ¼ kg, potong-potong kotak

Tomat merah 150 gr, iris-iris

Minyak goreng secukupnya

Bahan Kuah Tahu Acar Khas Solo Segar dan Mantap

Air bersih 1000 cc, didihkan

Kecap manis 50 cc

Cuka masak 1 sdm

Bawang merah goreng 2 sdm

Minyak goreng 1 sdm

Bumbu Halus Masakan Tahu Acar Khas Solo Segar dan Mantap

Kemiri sangrai 3 pcs

Bawang putih 5 pcs

Merica utuh ½ sdt

Garam dapur 1 sdt

Gula merah 3 sdm, sisir halus

Bahan Taburan Tahu Acar Khas Solo Segar dan Mantap

Kacang tanah goreng 100 gr

Seledri cincang 2 sdm

Bahan Pelengkap Tahu Acar Khas Solo Segar dan Mantap

Acar mentimun secukupnya

Irisan cabe rawit secukupnya

Cara Membuat Sajian Tahu Acar Khas Solo Segar dan Mantap

  • Panaskan minyak lalu ambil tahu dan tempe yang sudah dipotong-potong dan masak sampai agak matang. Angkat lalu tiriskan sejenak.
  • Sekarang membuat kuahnya dengan cara menumis bahan bumbu yang telah dihaluskan sampai mengeluarkan aroma sedap lalu tambahkan masakan bumbu tersebut dengan air. Aduk merata dan biarkan airnya matang.
  • Setelah itu, tambahkan masakan dengan cabe rawit dan kecap manis aduk merata dan biarkan kuahnya sampai sedikit menyusut lalu angkat.
  • Setelah kuah yang dimasak mulai terasa hangat, selanjutnya campurkan bawang goreng dan cuka ke dalam kuah. Aduk-aduk hingga merata.
  • Terakhir, ambil piring saji lalu letakan mie kuning yang sudah diseduh di atasnya bersama dengan potongan tahu dan tempe yang telah digoreng kemudian siramkan kuah yang telah dimasak di atas bahan-bahan yang sudah diletakkan di atas piring tersebut.
  • Tahu acar solo siap disajikan.

Demikian tadi resep dan cara membuat tahu acar khas solo yang segar dan mantap. Rasanya yang menggugah selera karena menggunakan sayuran mentah yang lebih segar dimulut. Semoga resep acar tahu diatas bermanfaat. Baca Juga: Resep Dan Cara Membuat Soto Ayam Bumbu Kuning Yang Nikmat Sekali [YuQe-WartaSolo.com]

Advertisements


Kategori: Kuliner
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...