Tulisan Salam yang Benar Menurut Islam: Penjelasan Singkat dan Ringan

Tulisan Salam yang Benar Menurut Islam: Penjelasan Singkat dan Ringan

Tulisan Salam yang Benar Menurut Islam: Penjelasan Singkat dan Ringan. Bagi umat Islam salam tidak sekedar membangun kedekatan ataupun kebiasaan dan adat istidat. Salam dalam Islam penuh dengan makna yang dalam. Salam tersebut berisi doa keselataman bagi yang memberi salam maupun yang menerima salam. Karena jawaban salam dari seseorang juga berarti doa kembali kepada pemberi salam. Oleh karenanya tulisan yang benar seputar salam sapa hendaknya sesuai apa yang dalam Islam ajarkan.

Pernah dan sering kan kita memberi salam? Berarti doa kebaikan kita senantiasa ada pada orang yang kita beri salam. Pernah dan sering juga kan kita menerima salam? Itupun juga berarti kita mendapatkan doa kebaikan dari orang lain.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:
Kalian tidak akan masuk Jannah sampai kalian beriman dan kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan apa yang bisa membuat kalian saling mencintai? Para Shahabat berkata : “Tentu ya Rasulullah..” Sebarkanlah salam diantara kalian”.
(HR. Muslim no.54)

 BACA JUGA:

Nah sering kita jumpai tulisan-tulisan yang beredar baik lewat bbm, whatsapp, facebook, instagram, telegram dan deretan media sosial lainnnya. Tak sedikit maksud baik seseorang dalam memberi salam dengan tulisan yang disingkat. Orang yang menerima salam juga cukup mengerti apa yang dimaksud pemberi salam. Nah di sini sering tulisan-tulisan arti salam berbeda arti dan makna bila kita cermati. Sebagai contoh banyak kita jumpai seperti ini:
“As”, “Ass”, “Akum”, “Askum”, “Ass. Wr. Wb”, “Mikum”, “Samlekom” dan masih banyak tulisan salam disingkat dengan berbagai macam.

Dari singkatan salam tadi, tahukah makna dan artinya?

Tulisan Salam yang Benar Menurut Islam

Dalam tulisan bahasa arab salam adalah sebagai berikut :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Artinya : “Semoga keselamatan, rahmat Allah dan berkah-Nya tercurah kepadamu.”

Assalamu’alaikum ini artinya adalah semoga keselamatan tercurah kepadamu (terselamatkan dari segala duka, kesulitan dan nestapa). Terkesan agak panjang dan ribet barangkali seseorang menyingkatnya dengan berbagai gaya.

Dari Imran Ibn Hushain radhiyallahu ‘anhu berkata,
“Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu mengucapkan “Assalamu ‘alaikum”. Nabi menjawab salam itu, lalu orang itu duduk. Nabi berkata, “sepuluh (kebaikan)”. Kemudian datang orang lain dan mengucapkan, “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah”. Nabi menjawabnya, lalu orang itu duduk dan Nabi berkata, “Dua puluh (kebaikan)”. Kemudian datang orang lain lagi dan mengucapkan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh”. Nabi membalas salamnya lalu dia duduk dan Nabi berkata, “Tiga puluh (kebaikan).” (HR. Abu Daud)
Menurut hadits di atas ada  3 jenis ucapan salam tergantung pada pahalanya:

1. “Assalamu ‘alaikum” (10 kebaikan)

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ
2. “Assalamu ‘alaikum warahmatullah” (20 kebaikan)
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

3. “Assalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh” ( 30 kebaikan)

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Mencermati Gaya Tulisan Salam yang Beredar

Lihat sejenak perbedaan arti beberapa singkatan tulisan salam berikut:

“Assalaamu’alaikum = Semoga keselamatan tercurah atas kamu.”

“As (dalam bahasa Inggris)” malah memiliki arti “sebagai.”

“Ass (dalam bahasa Inggris)” memiliki arti yang sangat parah yaitu keledai, orang bodoh dan (maaf) pantat.

“Akum (gelar untuk orang-orang yahudi)” adalah singkatan dari “Avde Kokhavim U Mazzalot” yang artinya hamba-hamba binatang dan orang-orang sesat.”

Ass. Wr. Wb. dibandingkan dengan Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Wr = tidak di ketahui maknanya dibanding Warahmatullaahi = dan rahmat Allah (tercurah atas kamu juga)

Wb = tidak di ketahui maknanya dibanding Wabarakaatuh= dan Berkah Allah (selalu tercurah atas kamu juga)

Mikum = tidak diketahui maknanya. Apa ada yang tahu?

Samlekom = matilah kamu (dari kabar beredar artinya “matilah lo”).

Nah jelas sekali kan arti tulisan salam yang berbeda dari berbagai gaya singkatan yang selama ini beredar, paling tidak kita bisa menulis salam dengan kalimat “Assalamu ‘alaikum”

Tulisan salam yang benar menurut Islam sudah jelas kan? Bilamana jawaban salam yang benar menurut Islam silakan ikuti penjelasannya di sini. Semoga kita termasuk dalam orang-orang yang diberikan jalan yang lurus. Niat baik dan tulus kita senantiasa ditunjukkan dengan cara yang baik dan benar juga dari Allah SWT. BACA JUGA:  Debat Islam Kristen Singkat, Membuat Muslim Makin Kuat Imannya. [M. Anis – WartaSolo.com]

Kategori: Islam
Tagged as: samlek, dan lainnya.