Buah dan Sayuran yang Paling Bermanfaat Untuk Tubuh dan Kesehatan Manusia



buah dan sayur untuk kesehatan

Buah dan Sayuran Yang Paling Bermanfaat Untuk Tubuh Dan Kesehatan Manusia. Kebanyakan orang, terutama pria, tidak suka buah dan sayuran. Padahal sayur dan buah sangat baik untuk tubuh kita. banyak manfaat yang bisa kita ambil dari mengkonsumsi rutin buat dan sayur setiap hari. Ada yang beranggapan sayur dan buah itu rasanya tidak enak. Memang sayur dan buah tidak seenak makanan instans yang dijual bebas dipasaran. Namun kita bisa mengambil banyak manfaat dari buah dan sayur.  Pada artikel lain tentang cara menurunkan berat badan saya sebutkan dalam salah satu poinnya bahwa mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran juga adalah metode yang baik digunakan dalam program diet.

Untuk itu, berikut akan kita ulas lebih dalam mengenai buah dan sayuran yang paling bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan manusia.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang paling bagus untuk pencernaan dan mengembalikan kestabilan peredaran darah Anda. Rasanya juga tidak begitu buruk, sehingga menjadi salah satu jus buah yang paling banyak penggemarnya walaupun bagi beberapa orang terlihat seperti jus ingus. Disamping penampilannya yang menggelikan, sebenarnya alpukat ini adalah salah satu buah yang paling banyak mengandung vitamin. Jika diuraikan secara lengkap, alpukat terdiri dari 20% lemak organik dan 75% air yang mana 10% di dalamnya mengandung banyak mineral-mineral. Belum lagi jika bicara soal vitamin yang terkandung, aplukat ini hampir terdiri dari vitamin selenglap alphabet. Satu buah alpukat mengandung vitamin A, B, B2, B3 dan juga vitamin C.

Baca Selengkapnya: Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang paling baik untuk sistem pencernaan Anda, dan itulah kenapa brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang paling direkomendasikan untuk mereka yang sedang dalam program diet menurunkan berat badannya. Brokoli adalah jenis sayuran yang bisa Anda makan mentah (tentunya setelah dicuci bersih) dan bisa disandingkan dengan makanan lain sebagai sayur lalapan.

Brokoli kaya potasium, fosfor, dan belerang. Komposisinya terdiri atas 90% air dengan kadar karbohidrat dan lemak yang rendah. Di dalamnya juga terdapat vitamin A. Brokoli merupakan pembersih tubuh yang baik dan dapat mengurangi berat badan. Sayuran ini enak dimakan mentah, baik dalam bentuk salad maupun lalap.

Baca Selengkapnya: Manfaat Brokoli Untuk Bayi, Diet Dan Kecantika

Apel

Dalam setiap buah apel terdapat zat besi dan magnesium. Selain itu juga ada potasium yang bisa menjaga kesehatan pencernaan Anda, serta kandungan-kandungan lain yang juga dibutuhkan seperti kalium, klor, sodium dan belerang. Bicara soal vitamin yang terkandung, sebuah apel dapat memberikan Anda vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin G. Apel memiliki manfaat yang lebih besar bagi tubuh lebih dari yang disadari kebanyakan orang. Apel merupakan buah yang baik untuk pencernaan sehingga disebut sebagai ‘buah pembersih tubuh.

Baca Selengkapnya: Manfaat Buah Apel Mampu Menyembuhkan Penyakit Jantung

Sayur Kol

Kol juga merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan manfaat bagi tubuh manusia. Pada sayur kol terdapat kalsium, zat besi dan klor. Bicara soal vitamin, sayuran kol bisa memberikan Anda vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin G dan vitamin U. Sebuah penelitian di Standford University menemukan bahwa sayur kol dapat membantu penyembuhan borok yang terjadi pada bagian perut. Kandungan yang terdapat dalam kol dapat bermanfaat bagi penderita borok, terutama vitamin U. Vitamin U yang terdapat dalam sayur kol ini hanya bisa Anda dapatkan dengan cara meminum sari dari sayuran tersebut.

Simak Selengkapnya: Manfaat Kembang Kol Dan Kandungan Gizinya

Mentimun

Mentimun merupakan sayur yang kaya akan gizi. Adapun vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya antara lain vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Kandungan lain yang ada pada mentimun antara lain zat besi, silikon, klor, potasium dan magnesium.

Simak Selengkapnya: Manfaat Jus Timun Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

Lemon

Lemon merupakan buah yang kaya dengan vitamin C. Saat terserang flu, buah lemon adalah pilihan yang baik untuk kembali meningkatkan resistensi tubuh terhadap penyakit (tapi ini belum terbukti dengan flu burung ataupun flu babi). Tapi memang benar, lemon adalah buah yang baik untuk dikonsumsi orang-orang yang sedang menderita penyakit karena jatuhnya daya tahan tubuh. Ini mungkin salah satu alasan kenapa lemon adalah buah yang paling banyak dibawa orang-orang saat mengunjungi pasien di rumah sakit. Selain karena memang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, lemon juga adalah buah yang paling banyak dijual.

Baca Selengkapnya: Manfaat LemonUntuk Kecantikan Dan Kesehatan

Bawang Merah, Bawang Putih dan Bawang Bombay

Dari ketiga jenis bawang ini, dua diantaranya memiliki manfaat yang sama. Bawang bombay dan bawang merah memiliki manfaat untuk melancarkan dan memaksimalkan sistem pencernaan Anda. Di dalam kedua jenis bawang ini juga terkandung vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin G. Selain itu, buah/sayur (yang mana saja boleh!) yang lebih sering dijadikan sebagai penyedap makanan ini banyak juga mengandung zat-zat lain di dalamnya yang bisa berguna untuk tubuh. Zat-zat tersebut antara lain adalah iodin, magnesium, zat besi, fosfot, potasium, kalsium dan belerang. Ini luar biasa mengingat ukuran dari kedua jenis bawang ini juga relatif kecil dibandingkan sayur/buah yang lain.

Simak Selengkapnya:

Bayam

Di dalam syauran bayam terkandung sodium, fosfor, zat besi, magnesium, belerang dan zodium. Bayam juga adalah sayuran yang mengandung banyak vitamin, diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan vitamin G. Selain itu, bayam juga sangat berguna bagi Anda yang sangat benci dengan sariawan, karena bayam dapat mencegah berbagai penyakit gigi dan gusi.

Simak Juga: Manfaat Bayam Untuk Bayi, Ibu Hamil Dan Baik Sebagai Menu Diet

Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang baik untuk kulit dan pencernaan, dibarengi dengan rasanya yang manis membuatnya juga menjadi salah satu buah favorit untuk kaum hawa. Tidak salah memang, karena pepaya sangat banyak mengandung vitamin-vitamin dan kandungan lain yang berguna untuk mencerahkan kulit.

Baca Selengkapnya: Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Tomat

Ini juga adalah salah buah favorit wanita, terutama jika disajikan dalam bentuk jus. Tapi menurut survey kecil-kecilan yang saya lakukan, 10 dari 10 pria menganggap bahwa jus tomat adalah jus dengan tampilan dan rasa yang paling ‘menakutkan’. Ini tentu saja jika kita hanya bicara soal selera. Tapi buah tomat sebenarnya punya banyak kandungan yang dapat memaksimalkan metabolisme tubuh sehingga banyak disarankan untuk dikonsumsi mereka yang sedang dalam program diet.

Simak Selengkapnya: Manfaat Buah Tomat Untuk Penderita Diabetes

Demikian ulasan mengenai buah dan sayur yang kaya akan manfaat bagi tubuh. selalu konsumsi buah dan sayur untuk menjaga kesehatan tubuh. selain itu biasakan olah raga pagi agar tubuh tetap sehat. semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe-WartaSolo.com]