Rumah Minimalis, Pengertian dan Tren Terkini. Tak ada definisi pasti tentang Rumah Minimalis. Arti sebuah rumah tidak luput dari rencana dan tujuan sang pemilik. Memahami minimalis menggambarkan fungsi rumah, lokasi, lahan, biaya bahkan sampai gambar desainnya. Pengertian Rumah Minimalis terletak pada tren pasar yang menginkannya. Dulu orang suka dengan membangun rumah yang luas dan besar tetapi itu sekarang bergeser kepada fungsi pokok rumah.

Rumah bila ada kamar tidur, dapur, ruang tamu, dan kamar mandi mungkin sudah cukup bagi sebagian orang untuk dijadikan hunian yang nyaman. Pemasar rumah sangat jeli melihat calon pembeli, mulai dari minat pembeli dan keinginan terbaru dari sebuah perkembangan rumah. Industri rumah minimalis bak cendawan di musim hujan.


Satu alasan orang beranggapan bahwa tanah semakin sempit tentunya tidak sepenuhnya benar. Pemekaran wilayah dengan kebijakan rumah rakyat masih sangat relevan di setiap masa. Artinya kengininan masa dewasa ini memungkinkan semua serba instant, simpel dan mudah menjadi arus besar perubahan. Tak hanya rumah yang bercorak minimalis, segala bidang kehidupan akan lari menuju masa instan, simpel dan mudah. Tak ada bedanya dengan filosofi Handphone (HP) makin hari makin kecil dengan kemampuan besar bisa menjangkau luas.

BACA JUGA:

Sejarah Pengertian Rumah Minimalis

Corak dan gaya minimalis itu mengacu kepada gaya hidup. Arti bangunan minimalis itu sendiri sebenarnya terinspirasi dari gaya hidup Zen, berasal dari Jepang. Zen, beranggapan semakin sedikit perabotan atau benda yang  kita gunakan atau miliki, maka semakin tenanglah kehidupan seseorang. Itulah sebabnya pada gaya desain rumah minimalis sedikit sekali menerapkan atau bermain warna.

Penataan desain interior rumah minimalis juga sesedikit mungkin menaruh furnitur. Ruang keluarga contohnya, tidak harus menaruh banyak kursi dan sofa. Bahkan jika perlu, cukuplah dengan menaruh karpet serta beberapa buah bantal sebagai tempat duduk. Begitu juga dengan kamar tidurnya, jika memang Anda ingin menerapkan gaya minimalis, maka pakai saja futon , seperti di negaranya, Jepang. Dengan begitu, bila tidak digunakan, dapat digulung lalu disimpan. Ruangannya pun bisa digunakan untuk aktifitas lainnya. Kesimpulannya adalah semakin sedikit barang kita yang ada di sana, semakin minimalislah gaya rumah Anda. Seperti yang telah kita ketahui selama ini, orang hanya beranggapan bahwa gaya minimalis sebagai tren. Padahal minimalis tersebut lebih identik dengan gaya hidup yang akhirnya berimbas kepada desain dan gaya arsitektur sebuah rumah.

Banyak keuntungan membangun rumah minimalis. Jika gaya hidup anda tidak minimalis, pastinya tidak akan nyaman jika Anda memiliki rumah gaya minimalis. Artinya kita tidak hanya suka dan minat terhadap rumah minimalis saja tetapi disesuiakan dengan kondisi dan gaya hidup kita.

Rumah minimalis apapun namanya itu sudah menjadi fakta kehidupan sekarang. Cara mensikapi sebuah tren desain perumahanlah yang nantinya melahirkan sikap seimbang dengan gaya hidup kita. Bisa disimpulkan bahwa Rumah Minimalis Adalah rumah dengan fungsi minim meliputi aspek lokasi, lahan, biaya dan desain. BACA JUGA: Gambar Desain Denah Rumah Minimalis Tiga Dimensi Terbaru. [M. Anis – WartaSolo.com]