Tips Mengajari Anak Mandi Sendiri



ajari anak mandi sendiri

Tips Mengajari Anak Mandi Sendiri. Untuk bunda-bunda yang mempunyai anak yang pinter serta cerdas adalah sebuah cita-cita tersendiri dalam berumah tangga tentunya. Dengan mandiri di usia dini serta cerdas untuk beraktivitas sehari-hari merupakan dambaan yang sangat berarti dalam membimbingnya.

Untuk kegiatan mandi sendiri merupakan salah satu ketrampilan hidup yang harus dimiliki anak. Selain mengajarkan kemandirian, mandisendiri juga melatih kemampuan motorik kasar. Apalagi saat anak mulai masuk TK atau berusia 5 tahun ke atas, anak sebaiknya mulai diajarkan dan dibiasakan untuk dapat mandiu sendiri.

Baca Juga : Tips Melatih Anak Makan Sendiri

Dan berikut ini adalah tips menghajari anak mandi sendiri :

  1. Awasi dan bantu anak agar berhasil menyelesaikan kegiatan mandinya, beri tahu bagian tubuh mana yang perlu dibersihkan dengan baik dan benar.
  2. Ajari dan beri contoh tentang caranya, bukan hanya sekedar menyiram tubuh dengan air saja dan memakai sabun dengan sesukanya.
  3. Ingatkan si anak untuk selalu menutup pinti kamar mandi saat sedang mandi atau menggunakan tolet itu sendiri.
  4. Apabila anak menolak untuk mandi, berikan arahan kepada anak untuk dapat mandai sendiri sehubungan dengan pertumbuhan usia si anak yang harus dapat mandi sendiri.
  5. Sediakan peralatan mandi di tempat yang dapat terjangkau anak anda dan sesuaikan dengan kebutuhan atau fisiknya, misalnya gayung kecil, sabun air agar lebih praktis, dll.
  6. Tunjukan beberapa contoh anak mandiri sendiri melalui buku cerita atau teman-temannya yang sudah mampu mandi sendiri.
  7. Berikan pujian, misalnya dengan kata-kata ‘ anak bunda sudah makin pintar ya mandinya, hebat dan  jos’, atau mungkin dengan istilah pujian sesuai dengan kebiasaan anda dalam memberikan pujian.

Simak Juga : Tips Melatih Balita Berbicara

Maka dari itu selamat mencoba dengan penuh kasih sayang yang tinggi terhadap anak anda, agar dapat tumbuh kembang sesuai dengan apa yang menjadi cita -cita anda. So, selamat berakhir pekan untuk bunda-bunda semuanya ya. [YuQe-WartaSolo.com]