Memahami Bayi Yang Suka Mengisap Ibu Jari



bayi mengisap jari

Memahami Bayi Yang Suka Mengisap Ibu Jari. Dalam memahami perkembangan bayi kita memamng sangatlah asik dan menyenangkan. Bahkan terkadang bisa dikatakan rewel dan penuh dengan sesuatu. Bayi yang sedang mengisap ibu jarinya mempunyai banyak makna. Jangan langsung anda larang dengan nada dan tindakan yang keras terhadap bayi anda yang melakukan hal tersebut.

Ada beberapa hal penting tentang mengapa bayi sering mengisap ibu jarinya atau mengisap benda-benda yang ada di dekatnya. Kebiasaan ini muncul yang pada umumnya saat bvayi berusia tiga bulan. Dengan usia tersebut bayi sangat lucu-lucunya.

Baca Juga : Kiat Mengatasi Bayi Yang Sulit Makan

Maka dari itu ini adalah hal yang perlu diperhatikan ketika bayi anda melakukan hal tersebut :

  1. Kemungkinan bayi tersebut lapar – sebagai orang tua anda harus paham tentang kondisi tersebut, apakah bayi anda dalam keadaan lapar atau hanya sekedar ingin mengisap, hal pertama yang harus anda ketahui adalah jika memang bayi anda sudah tiba waktunya makan, maka anda harus cepat menangkap sinyal tersebut.
  2. Bayi memang senang menghisap – kalau bayi anda mengisap jarinya atau benda-benda lain diluar waktu nakannya, besar kemungkinan bayi anda hanya sekedar ingin mengisap, karena kebutuhan mengisap tergantung pada pribadi masing-masing bayi.
  3. Bayi merasa tidak puas mengisap susu ibunya atau susu botol – bayi yang diberikan minum setiap tiga jam sekali besar kemungkinan akan lebiuh sedikit mengisap ibu jarinya atau benda-benda lain dibandingkan dengan bayi yang diber minum setiap empat jam sekali.

Baca Juga : Tips Persalinan Normal Tanpa Rasa Sakit

Permasalahan yang sangat penting untuk dicermati adalah kebiasaan bayi mengisap ibu jarinya atau benda-benda lain sesaat setelah bayi diberi minum atau kalau bayi terlalu banyak mengisap jari sewaktu diberi makan. Sebaiknya anda harus memberi solusinya untuk memenuhi kebutuhannya mengisap. Cara yang  terbaik yang biasanya dilakukan adalah dengan member dot pada bayi.

Jangan sekali-kali anda menghentikan kebiasaan bayi tersebut, misalnya dengan manyarungi tangan dengan sarung tangan. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan frustasi pada bayi, bahkan membuat ia giat mengisap jarinya saat sarung tangan anda lepaskan. [YuQe-WartaSolo.com]