Cradle Cap Serta Lecet Pada Bayi dan Cara Mengatasinya



lecet pada pantat bayi

Cradle Cap Serta Lecet Pada Bayi dan Cara Mengatasinya. Perlu kita ketahui macam penyakit yang sering diderita oleh si bayi yang salah satunya adalah Cradle Cap atau kulit kepala yang tampak kotor dan menebal, berkerak yang berwarna kekuning-kuningan. Yang mana tindakan yang mendekati adalah dengan cara mencuci kepalanya dengan sabun atau shampo khusus bayi.

Dimana seorang bayi memang rentan terhadap segala penyakit yang ditimbulkan oleh virus. Maka bagi seorang bundanya atau ayahnya harus benar-benar menjaga kebersihan lingkungan rumahnya agar tetap bersih, rapi dan indah untuk si bayi anda. Begitu juga dengan lecet pada bayi yang kadang memmbuat bayi tidak nyaman dan sering menangis.

Baca Juga : Tips Mengatasi Anak Yang Susah Di Atur

Dimana faktor-faktor penyebab lecet pada bayi sebagai berikut :

  • Tekanan yang cukup lama di daerah kulit sehingga pembuluh kapiler terhimpit dan aliran darah tidak banyak yang masuk ke daerah jaringan kulit tersebut. Hal ini biasanya disebabbkan oleh posisi tidur yang tetap.
  • Gesekan terhadap alas tidurnya yang terus menerus sehingga menimbulkan lecet dan bercak-bercak merah. Ini khususnya apabila alas terlalu kotor.
  • Kelembaban udara dalam waktu yang relatif lama, misalnya karena air kencing yang melekat pada bayi yang tidak segera diganti.
  • Kondisi kesehatan bayi yang kurang normal, dimana dalam kondisi semacam itu organisme-organisme seperti jamur bakteri dan lainnya dapat mudah tumbuh.

Cara mengatasi lecet pada pantat bayi :

  1. Hendaknya bunda segera menggantikan popok bayi yang sudah basah karena kencing atau kotoran dan sekaligus membersihkan bayi.
  2. Apabila bayi dalam kondisi basah, hendaknya dikeringkan dnegan handuk karena badan yang basah mudah dihinggapi penyakit.
  3. Oleskan bedak bayi atau bedak khusus yang dapat mencegah lecet kulit bayi.
  4. Usahakan mengganti popok sesering mungkin dan pergunakan popok yang terbuat dari kain lembut.
  5. Hendaknya popok benar-benar terjaga dari kotoran, misalnya kotoran atau sabun karena kurang bersih dalam membilasnya.
  6. Hindari memakai celana plastik atau celana yang terbuat dari kain yang tidak menyerap kencing.
  7. Bila ingin memakai pampers atau popok disposable upayakan tidak terlalu sering kecuali karena keadaan-keadaan tertentu.

Maka dari itu harapan sebagai orang tua adalah kita tidak ingin anak kita terkena penyakit yang dapat menggangu pertumbuhannya. Maka dari itu menjaga kebersihan yang konsisten adalah kunci untuk kesehatan bayi anda. [YuQe-WartaSolo.com]