Tips Mengatasi Anak Yang Susah Diatur

Tips Mengatasi Anak Yang Susah Diatur

Tips Mengatasi Anak Yang Susah Diatur ...

Tips Mengatasi Anak Yang Susah Diatur. Mempunyai seorang anak dalam sebuah kehidupan berkeluarga tentunya sangat menyenangkan sekali bagi orang tua, kebanyakan orang tua mendambakan kehadiran sang buah hati, akan tetapi tidak banyak juga orang tua yang merasa kerepotan dan kesal oleh tingkah laku anaknya, apalagi jika sang anak memilki watak nakal, bandel, tidak penurut, dan susah diatur. Ketika menghadapi anak dengan watak yang seperti itu, tugas kita sebagai orang tua adalah harus mampu memilih cara yang benar dan tepat dalam mengatasi kenakalan anak.


Memang benar bahwa mendidik anak yang nakal, bandel, dan susah diatur tidaklah mudah, bahkan untuk mengembalikan sikap anak menjadi penurut membutuhkan usaha yang keras dan cara yang tepat. Orang tua sebaiknya juga mengerti kondisi anak sebagai orang tua diharap tidak memaksakan kehendak terhadap anak. Meskipun begitu, usaha yang sulit tersebut janganlah sampai membuat Anda sebagai orang tua mencari jalan pintas untuk mengatasi kebandelan anak, seperti menggunakan kekerasan atau marah-marah. Hal tersebut tidak akan membuat anak jera, tetapi malah membuat kenakalan mereka menjadi lebih semena-mena.

Cara dan Tips Mengatasi Kenakalan Anak

Untuk cara yang benar dan tepat dalam mengatasi kenakalan anak tentulah yang paling utama ialah tidak menggunakan kekerasan, tetapi menggunakan pendekatan yang lebih lembut. Simak saja penjelasannya dibawah ini dalam 6 tips cara mendidik anak yang nakal dan bandel serta susah diatur.

Baca Juga:

Mengenal Anak Hiperaktif dan Cara Mengatasinya

Mengenal Perbedaan Anak Aktif Dan Anak Hiperaktif

  1. Tunjukan Sikap yang Lembut

Ketika anak berbuat kesalahan dan hal tersebut dilakukan di tempat umum, pasti rasanya Anda sebagai orang tua sangat dan ingin segera memarahi anak. Cara mendidik yang seperti ini sangatlah salah sama sekali, tindakan tepat yang harusnya dilakukan ialah dengan menunjukan sikap yang lembut dan memaafkannya. Coba tanyakan kepada mereka mengapa ia membuat kesalahan, anak berbuat kesalahan bukanlah karena keinginannya sendiri, tetapi terkadang terjadi karena ketidaksengajaan. Cari pokok permasalahan jangan langsung memarahi anak didepan umum.

  1. Jangan Terlalu Memanjakan Anak

Terlalu memanjakan anak sejak dini sangatlah tidak baik bagi perkembangan anak, mereka akan terbiasa dengan jalan yang mudah ketika ingin mendapatkan sesuatu. Hal tersebut akan berakibat jika suatu saat keinginananan tidak terpenuhi, mereka akan menunjukan sikap membangkang pada orang tuanya. Oleh karena itulah Anda sebagai orang tua jangan terlalu memanjakan anak, perlakukan mereka secara baik dan sewajarnya saja. Sikap membangkang terjadi bisa karena orang tua yang terlalu memanjakan anak atau orang tua yang masa bodo kepada anak. Setiap anak mempunyai kepribadian berbeda-beda jadi jangan samakan dalam mengasuh anak.

  1. Berilah Contoh yang Baik Pada Anak

Anak yang masih dalam masa pertumbuhan akan dengan mudah menyerap apa yang orang lain lakukan disekitarnya. Bila Anda menginginkan anak untuk bersikap baik, jangan lupa untuk selalu memberikan contoh yang baik saat berada disekitar anak. Selain itu tidak lupa pula jauhkan anak dari hal-hal yang berdampak buruk pada perkembangannya, seperti acara tv kekerasan, teman yang nakal, dan yang lainnya. Hal-hal buruk akan melekat lebih kuat dalam memori anak

  1. Jangan Memberikan Label Buruk Pada Anak

Ketika anak berbuat kenakalan atau bersikap bandel, janganlah langsung memberikan label buruk kepada mereka, misalnya “kamu itu anak nakal, susah sekali untuk diatur”. Pemberian label nakal pada anak malah hanya akan membuat mereka yakin bahwa kenakalan adalah sifatnya, hal tersebut pada akhirnya hanya akan mempersulit kita sebagai orang tua dalam mengembalikan anak menjadi lebih baik.

  1. Buat Aturan dengan Sanksi dan Reward yang Jelas

Dalam mendidik anak yang nakal dan susah diatur, langkah efektif yang bisa Anda ambil ialah dengan membuat sebuah aturan yang tegas dengan sanksi dan reward dan jelas. Sanksi berguna agar mereka menjauhi perbuatan tersebut, sementara reward (hadiah) difungsikan agar memberikan semangat kepada anak untuk bersikap lebih baik. Hal tersebut lebih efisien jadi apabila anak melanggar aturan anak tersebut sudah tau sangsi apa yang akan didapatkannya begitu juga sebaliknya.

  1. Mendidik Anak Secara Agama

Pondasi akhlak yang paling utama dalam kehidupan ialah agama, itulah sebabnya ilmu agama sangat penting untuk diberikan kepada anak sejak dini agar pendidikan akhlaknya bagus. Jika Anda bergama islam bisa dilakukan dengan mengajarkan anak membaca al-qur’an dan juga menyekolahkannya pada madrasah. Dengan diberikannya pendidikan agama sejak dini, diharapkan anak akan mampu memiliki perilaku dan juga budi pekerti yang baik.

Ulasan diatas merupakan tips mengatasi anak yang susah diatur, semoga tips diatas bisa memberikan sedikit pengetahuan kepada para ibu dalam menghadapi anaknya. Jangan me “labeli” anak dengan mencap sebagai anak nakal atau yang lainnya. Hal tersebut akan berpengaruh kepada psikologis anak. Bicaralah dengan anak dari hati ke hati dengan kasih saying. Semoga tips diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]


Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.
Loading...
WartaSolo.com - Berita dan Informasi Terkini Agustus 2018. Ikuti perkembangan terbaru jadwal motogp 2018, nama pembalap motogp 2018, klasemen motogp 2018, jadwal f1 2018, serta update klasemen f1 2018, dan jadwal superbike 2018, klasemen superbike 2018.