Kiat-kiat Mengatasi Bayi Yang Sulit Makan



kiat mengatasi bayi sulit makan

Kiat-kiat Mengatasi Bayi Yang Sulit Makan. Dewasa ini banyak sekali permasalahan dan keluhan ibu-ibu karena bayi mereka sulit akan untuk makan. Mereka khawatir tentang kondisi tubuh bayinya, karena menurut pendapat para ahli bahwa bayi yang sulit makan akan berdampak negative yaitu kekurangan gizi. Pola makan bayi, pada dasarnya dipengaruhi oleh factor perilaku bayi itu sendiri serta factor interaksi dengan orang tuanya. Kedua faktor inilah yang dominan untuk membentuk pola makan bayi.

Kesulitan makan dapat terjadi pada semua kelompok usia bayi, dari bayi yang baru lahir sampai balita. Ada beberapa hal yang menyebabkan bayi sulit makan, akan tetapi yang sering terjadi disebabkan berkurangnya nafsu makan. Yaitu diantaranya ada penyakit, gangguan psikologis, menu makanan yang tidak sesuai dengan selera atau membosankan dan lain-lain.

Baca Juga : Perbedaan ASI dan Susu Formula yang Mendasar

Maka dari itu ini adalah jenis-jenis kesulitan makan bayi dan cara menanganinya :

  1. Menolak Makan
  2. Karena paksaan orang tua – paksaan terhadap pola makan, misalnya bayi dipaksa menelan semua mkanan yang telah diambilkan ibunya di piring. Biasanya orang tua tidak menghiraukan penolakan si bayi, padahal si bayi sudah dalam keadaan kenyang.
  3. Kelelahan bayi – jangan memberikan makanan pada saat bayi sedang bermain-kain, karena dengan kelelahan sehabis bermain, jantungnya masih memacu dengan keras, sehingga si bayi akan menolak jika diberi makan dan biasakan menyuapi makanan si bayi dalam keadaan tenang.
  4. Karena sakit – jika bayi anda menolak makan mungkin sedang terkena sakit. Perhatikan dia dengan seksama jika memang kondisi bayi tidak sehat segeralah untuk ambil tindakan yang terbaik buat bayi anda.
  5. Mengemut Makan –  mengemut makanan banyak dilakuakan oleh bayi guna untuk menarik perhatian orangtua atau cara menolak melakukan kegiatan yang biasanya dilakukan setelah selesai makan, misalnya tidur siang. Maka dari itu cara menanganinya adalah dengan mengurangi perhatian pada bayi.
  6. Memuntahkan Makanan – faktor yang banyak menyebabkan masalah ini adalah udara yang tertelan waktu menyusu atau kebanyakan makan serta alergi. Bayi juga cenderung muntah bila berada di lingkungan yang ramai dan stress yang diderita akibat makanan. Baca Juga : Cara Pemberikan Makanan Kepada Bayi. [YuQe-WartaSolo.com]