Anjuran Berolahraga Dengan Senam Buat Ibu Hamil



Senam ibu hamil

Anjuran Berolahraga Dengan Senam Buat Ibu Hamil. Ibu yang hamil memang berbeda secara fisiologis dengan ibu yang tidak dalam kondisi mengandung. Yaitu daya tahan tubuh berkurang, otot perutnya melemah dan lain lain. melakukan olah raga (jika mendapat ijin dari dokter) akan sangat membantu menjaga kesehatan jasmani, yang nantinya akan berguna untuk mempersiapkan tubuh menghadapi proses persalinan. Dimana kegunaan lain dari berolah raga adalah untuk memperbaiki peredaran darah.

Olah raga selama dalam kondisi hamil akan dapat mengatasi gangguan yang menyerang diantaranya yaitu ; rasa sakit pada punggung bawah, varises kaki, kaki bengkak, kejang-kejang dan lain-lain. Dlam berolahraga dapat menambah kemampuan otot-otot perut menyangga beban yang sangat berat yaitu dengan semakin bertambah si bayi dalam kandungan tentunya.

Baca Juga : Anjuran Menjaga Kesehatan Bagi Ibu Hamil 

Adapun beberapa saran tentang olagraga dalam kondisi hamil :

  1. Yang pertama adalah konsultasikan dengan dokter, yang pasti akan mengijinkan melakukan olah raga, seandainya keadaan anda tidak mengidap suatu penyakit atau gangguan kehamilan lainnya.
  2. Jika telah mendapat ijin dari dokter, maka konsultasikan seputar tentang gerakan-gerakan apa saja yang diperbolehkan atau sebaliknya dilarang untuk dilakukan seiring dengan usia kehamilan anda. Yaitu senam hamil yang baik dan tidak berbahaya terhadap kesehatan bagi anda yang sedang hamil
  3. Latihan hendaknya dilakukan secara teratur 20-30 menit dengan 5 menit melakukan pendinginan.
  4. Jangan melakukan senan dengan gerakan yang berlebihan dan jika dalam melakukan senam terjadi/menimbulkan rasa sakit, maka langsung hentikan dengan segera kegiatan anda tersebut.
  5. Jangan makan sebelum anda melakukan latihan ini. Karena bayi dalam kandungan akan terus menggeser tempat lambung dan usus, segingga menibulkan rasa kurang enak jika lambung dalam keadaan penuh.
  6. Benafaslah secara teratur sewaktu latihan, jangan sekali-kali menahan nafas anda.

Simak Juga : Anjuran Dalam Mengkonsumsi Makanan Bagi Ibu Hamil

Maka dari itu, sekali lagi konsultasikan kondisi hamilanda dengan sesuai jadwal yang ditentukan. Dan jangan lupa untuk berkonsultasi sebelum anda melakukan latihan ini agar anda dan calon dedek tetap sesuai yang diharapkan yaitu selamat dua-duanya dengan baik. [YuQe-WartaSolo.com]