7 Tips Mencuci agar Pakaian Wangi Tahan Lama

Tips Mencuci agar Pakaian Wangi Tahan Lama

Mencuci pakaian dengan bersih adalah sesuatu. Namun memiliki pakaian yang harumnya tahan lama merupakan satu hal yang berbeda. Selain membutuhkan deterjen yang berkualitas, Anda juga perlu menggunakan pewangi pakaian yang tahan lama.

Mungkin Anda pernah menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaian. Hasilnya selain bersih juga sangat wangi, juga keharumannya dapat bertahan hingga berhari-hari di dalam lemari pakaian. Bahkan wanginya melebihi ketika pakaian tersebut Anda cuci sendiri di rumah.

Sejatinya Anda juga bisa memiliki pakaian yang wanginya tahan lama tanpa harus mencucinya di laundry.

Cara Membuat Pakaian Wangi Tahan Lama

Berikut ini merupakan beberapa tips mencuci pakaian agar harum tahan lama seperti halnya menggunakan parfum atau pewangi laundry.

1. Gunakan Pewangi yang Tepat

Tips mencuci agar pakaian wangi tahan lama yang pertama adalah dengan menggunakan pewangi yang tepat. Anda bisa menggunakan pewangi pakaian yang dapat memberikan keharuman layaknya parfum laundry. Anda bisa mencoba Molto All in 1 sebagai salah satu solusi guna mengharumkan pakaian, agar wanginya tahan lama.

Pasalnya, Molto All in 1 atau Molto AlO merupakan satu-satunya pelembut dan pewangi pakaian yang mengandung teknologi ULTRA CARE, sehingga tidak hanya mampu menjaga bentuk, warna, dan kelembutan pakaian, namun juga memberikan keharuman yang tahan lama.

2. Segera Bersihkan Noda

Jangan pernah meyepelekan noda membandel. Noda yang telah lama mengendap dalam serat pakaian seperti minyak, tumpahan kuah masakan, makanan atau minuman, bahkan noda tinta dapat menyebabkan aroma tidak sedap pada pakaian Anda.

Jika terdapat noda yang sulit hilang, segera rendam dan cuci dengan menggunakan detergen atau pembersih noda hingga benar-benar bersih dan tidak berbekas. Kemudian cuci seperti biasa dan lanjutkan pemberian pewangi yang Anda kehendaki.

3. Memisahkan Pakaian

Saat mencuci, biasanya Anda akan memisahkan pakaian yang luntur dengan yang tidak. Selain itu juga pakaian yang sangat kotor dengan yang tidak begitu bernoda.

Setelah Anda mencuci dan membilas semua pakaian tersebut, jangan merendam semua pakaian dengan pewangi secara bersamaan sekalipun sudah bersih. Agar pakaian memiliki wangi yang tahan lama sebaiknya Anda juga memisahkan perendaman pewangi sesuai dengan yang Anda lakukan ketika mencuci.

4. Pastikan Bagian Dalam Pakaian Menghadap ke Luar

Salah satu kunci pakaian wangi tahan lama adalah mencuci hingga benar-benar bersih. Agar pakaian bersih maksimal, kucek terlebih dahulu semua noda membandel pada bagian luar pakaian kemudian balik agar bagian dalam berada di luar baru dicuci seperti biasa.

Untuk pakaian rumahan, Anda hanya perlu langsung membalik karena tidak terlalu kotor. Dengan cara mencuci seperti ini pewangi pakaian yang Anda gunakan akan bertahan lebih lama pada pakaian Anda.

5. Mesin Cuci Jangan Terlalu Penuh

Selain membalik pakaian, salah satu cara lainnya yang dapat Anda gunakan untuk memastikan pakaian Anda benar-benar bersih adalah mencuci pakaian sesuai kapasitas mesin cuci. Masing-masing mesin cuci memiliki kapasitas maksimal yang berbeda. Jangan sampai Anda mengisi mesin cuci hingga melebihi kapasitas yang disarankan.

Mencuci sesuai dengan kapasitas akan membantu Anda mendapatkan hasil cucian lebih bersih. Jika Anda mengisi mesin cuci melebihi kapasitas, perputaran mesin cuci menjadi kurang optimal.

Pergerakan pakaian dalam mesin cuci juga terbatas, sehingga banyak bagian pakaian yang tidak tergosok dan menjadi kurang bersih. Akibatnya pewangi pakaian kurang meresap dan juga tidak mengenai serat secara merata.

6. Jemur Pakaian dengan Tepat

Anda merasa sudah melakukan pencucian dengan benar, namun pakaian Anda masih berbau Apek. Mungkin Anda melewatkan cara menjemur pakaian dengan baik. Agar pewangi yang Anda gunakan menempel dengan baik, sebaiknya jemur pakaian ditempat teduh dan berangin.

Pakaian yang dijemur dibawah paparan terik matahari secara langsung langsung akan menguapkan pewangi yang Anda gunakan. Kemudian, segera angkat pakaian yang sudah kering.

7. Setrika dengan Suhu Normal

Setelah mencuci dan menjemur, untuk mempertahankan aroma pewangi Anda juga harus menyetrika degan benar. Setrika pakaian dengan suhu normal dan sesuai dengan jenis kain.

Menyetrika pakaian dengan suhu yang terlalu panas dapat menghilangkan aroma pewangi, memudarkan warna pakaian bahkan merusak serat pakaian kesayangan Anda.