6 Manfaat Minyak Tawon untuk Kulit dan Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Manfaat Minyak Tawon untuk Kulit dan Kesehatan Tubuh

Sejak lama minyak tawon dikenal di tengah masyarakat Indonesia. Bahkan minyak tawon saat ini banyak dijual secara online, misalnya saja di Tokoina.com. Namun tahukah sobat jika sejatinya nama minyak tawon merupakan nama merek minyak gosok yang bahan dasar pembuatannya merupakan campuran dari ekstrak minyak kayu putih, minyak kelapa, cengkeh, lada, dan bahan herbal lainnya. Jadi, meskipun memiliki nama minyak tawon, minyak ini bukan berasal dari tawon loh, sobat. Jangan salah sangka ya, hehehe..

Pada umumnya minyak tawon lebih dikenal kegunaannya sebagai minyak untuk pijat. Pasalnya minyak ini banyak digunakan oleh tukang pijat karena mampu menimbulkan sensasi rasa hangat pada kulit dan membuat otot menjadi lebih rileks setelah dipijat dengan minyak tawon. Padahal khasiat dan manfaat minyak tawon tidak hanya untuk pijat saja. Minyak tawon memiliki manfaat lainnya yang mungkin saja belum sobat ketahui.

Manfaat dan Khasiat Minyak Tawon

Minyak Tawon

Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak tawon untuk kulit dan juga khasiatnya untuk kesehatan.

1. Mencegah Gigitan Nyamuk

Manfaat minyak tawon yang pertama adalah dapat digunakan untuk mencegah gigitan nyamuk. Minyak tawon dapat digunakan untuk mengusir dan mencegah gigitan nyamuk dengan cara mengoleskannya secara tipis pada tubuh. Hal ini disebabkan karena nyamuk tidak menyukai aroma khas minyak tawon yang tajam.

2. Menyembuhkan Peradangan pada Kulit

Minyak tawon yang terbuat dari ekstrak kunyit yang banyak mengandung senyawa aktif curcumin. Senyawa ini sendiri mampu membantu dalam menurunkan risiko peradangan di kulit. Bekas gigitan nyamuk misalnya, dapat membuat kulit terasa gatal, dan apabila sobat garuk, maka kulit bisa membengkak dan meradang. Nah sobat, sebagai solusinya sobat oleskan saja minyak tawon pada kulit mengalami peradangan. Dengan demikian peradangan pada kulit akan cepat pulih.

3. Mengatasi Pegal-pegal

Manfaat minyak tawon yang umum diketahui adalah untuk pijat guna mengatasi pegal-pegal. Biasanya minyak ini digunakan sebagai pelumas ketika proses memijat sehingga tangan lebih lincah dan lancar. Minyak tawon memiliki kandungan capujut dengan senyawa aktif cineole yang dapat membantu meredakan nyeri.

Secara umum, minyak tawon aman dioleskan ke kulit. Hanya saja, sobat jangan coba-coba untuk mengoleskannya pada area kulit yang terluka. Pasalnya, sobat akan merasakan sensasi panas dan perih pada luka tersebut.

4. Membantu Meredakan Sakit Kepala

Sobat pernah mengalami sakit kepala akibat flu? Jangan cemas, karena minyak tawon dapat membantu meredakan sakit kepala tersebut. Cara mudah sekali, hanya dengan menoleskan minyak tawon pada bagian samping kepala secara perlahan, lalu pijat secara lembut. Maka keluhan sakit kepala yang sobat rasakan akan berangsur membaik.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat minyak tawon untuk kesehatanselanjutnya adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan, termasuk perut kembung, diare dan sakit perut. Oleskan saja minyak tawon pada bagian perut secara perlahan. Setelah beberapa saat keluhan pada gangguan perut akan membaik.

6. Menghangatkan Tubuh dan Melegakan Pernapasan

Tentu sobat sudah hafal dengan aroma khas minyak tawon. Tahukah sobat, jika ternyata aroma khas minyak tawon ini dapat digunakan untuk membantu dalam melegakan pernapasan. Misalnya saja ketika hidung sobat tersumbat.

Hal ini disebabkan karena aroma cajuput oil memiliki aromaterapi. Di samping itu, aroma minyak serai dan kunyit yang terkandung di dalamnya dapat membantu melancarkan sirkulasi udara di hidung. Ditambah lagi dengan keberadaan cajuput oil di dalam minyak tawon yang dapat menghangatkan tubuh.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat minyak tawon baik itu untuk kulit maupun untuk kesehatan tubuh pada umumnya.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743