Tips Mudah Membasmi Sarang Tawon Vespa Affinis di Rumah

Tips Mudah Membasmi Sarang Tawon Vespa Affinis di Rumah

Tips Mudah Membasmi Sarang Tawon Vespa Affinis di Rumah. Tawon vespa affinis belakangan santer diperbincangkan di dunia nyata maupun didunia maya. Pasalnya sudah banyak orang yang menjadi korban sengatan tawon vespa. Meskipun kebanyakan masyarakat menganggap bahwa lebah atau tawon merupakan jenis yang sama, namun tidak untuk yang satu ini. Tawon ndas, atau tawon vespa memiliki racun yang jauh lebih menyakitkan dan mampu membuat korban meninggal.

Tawon adalah serangga terbang yang mudah dikenali karena dikenal suka menyengat bila diganggu dan warnanya yang mencolok pada beberapa spesies. Tawon termasuk dalam ordo Hymenoptera yang juga beranggotakan semut dan lebah. Tawon atau tabuhan kadang-kadang dikelirukan sebagai lebah oleh orang awam.

Di dunia ini ada sekitar 75.000 spesies tawon yang sudah diketahui manusia dan sebagian besar dari mereka hidup sebagai parasit dengan menaruh telurnya di tubuh hewan lain. Tawon bisa ditemukan di seluruh dunia, kecuali di daerah terlampau panas dan terlampau dingin.

Tawon vespa sangat menyukai warna yang cerah, makanan yang dibiarkan begitu saja terbuka serta aroma bunga maupun aroma parfum. Ciri dari tawon vespa yaitu seperti pada tawon umumnya tapi memiliki garis melingkar pada bagian perut dengan warna kuning, tawon ini lebih agresif bila dibanding dengan jenis tawon yang lainnya.

Lebah disebut-sebut hanya mampu menyengat satu kali dan setelah itu akan mati tapi tidak dengan tawon vespa ini, tawon ini mampu menyengat beberapa kali. Akibat dari sengatan tawon ini yaitu bagian kulit tidak hanya terasa gatal saja namun kulit akan melepuh dan terasa seperti terbakar. Apabila sengatan dalam jumlah banyak akan mengakibatkan kematian.

Tips Mudah Membasmi Sarang Tawon Vespa Affinis

Sudah banyak laporan yang melaporkan korban meninggal akibat sengatan tawon vespa. Untuk itu kita wajib berhati-hati apabila tawon vespa bersaran dirumah atau dikebun. Sebaiknya segera musnahkan sarang tawon tersebut agar koloni tawon tidak bertambah. Berikut tips mudah membasmi sarang tawon vespa yang bisa anda lakukan. Namun bila anda tidak yakin anda bisa menghubungi tim damkar.

Sabun Cuci Piring

Bahan sederhana seperti sabun cuci piring ternyata bisa juga dimanfaatkan sebagai cara untuk mengusir tawon. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkanlah satu liter air panas dengan sabun cuci sampai banyak busa yang dihasilkan. Setelah diaduk merata, masukkan larutan ini ke dalam botol semprotan. Arahkan cairan ini pada pintu masuk sarang.

Bila sarang berada di bagian atas rumah, bidik dengan hati-hati dan jangan lupa minta bantuan orang untuk memegang tangga. Jika sarang tersebut berada di bagian yang mudah dijangkau, kamu dapat langsung menyiraminya dengan ember. Cara mengusir tawon dengan sabun cuci piring ini sangatlah ampuh dan sering digunakan oleh ibu rumah tangga.

Cuka

Cara mengusir tawon yang ampuh selanjutnya adalah dengan menyemprotkan cuka ke sarangnya. Membuat larutan cuka cukup mudah, kamu hanya perlu menambahkan satu sendok makan cuka ke dalam seperempat air. Kemudian, tuangkan ke dalam semprotan botol. Ramuan ampuh ini sudah siap untuk menyerang sarang tawon yang ada di rumah.

Kapur Barus

Selain mampu menyingkirkan gerombolan semut, kapur barus bisa mengusir tawon. Cara mengusir sarang tawon di atap rumah yang ini cukup mudah, masukkan satu sampai dua kapur di dalam kaus kaki. Kemudian, gantungkan di dekat sarangnya.

Lemon dan Baking Soda

Selanjutnya, larutan lemon dan baking soda sangat dibenci tawon. Aroma asamnya, ampuh menjadikan dua bahan ini sebagai ramuan pengusir tawon yang mujarab. Penggunaannya, cukup semprotkan cairan tersebut langsung ke sarang tawon.

Bawang Putih

Serangga tawon anti sekali terhadap bau yang menyengat. Seperti, aroma bawang putih. Bubuk bawang putih adalah cara terbaik sebagai insektisida alami menyingkirkan tawon. Dijamin, tawon enggak berani lagi untuk mendekati sarang mereka yang ada di rumahmu karena bau bawang putih yang menyengat!

Minuman Bersoda

Tuangkan minuman bersoda ke dalam suatu wadah, lalu taruh di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak, orang, dan hewan. Aroma dari minuman bersoda akan menarik tawon dan tak lama mereka pun segera mengerubunginya sampai tenggelam ke dalam air minuman bersoda itu.

Semprotan Merica

Cara terakhir membuat tawon pergi dari rumah adalah bisa menggunakan semprotan merica. Buat ramuan dalam secangkir air putih, lalu tambahkan 6 sendok makan lada bubuk, serta 3 sendok makan cabai bubuk. Didihkan slama 15 menit, lalu pindahkan ke botol semprot. Ramuan semprotan pedas dan panas ini bisa langsung kamu gunakan dengan menyemprot kea rah sarang tawon.

Gunakan Asap Pembakaran

Bila kamu menemukan sarang tawon bergelantungan di tangkai pohon, lemahkan hewan-hewan ini dengan menggunakan asap pembakaran. Caranya, tumpuklah daun-daun kering serta potongan ranting tepat di bawah sarang. Bakar tumpukan tersebut dan biarkan asapnya membumbung ke udara. Pertahankan api dan asap tetap menyala hingga dua jam lamanya. Asap yang masuk ke dalam sarang akan membuat hewan-hewan ini kesulitan bernafas dan memilih untuk meninggalkan sarang. Setelah proses ini selesai, pukul sarang hingga terjatuh dan bakar hingga hangus. Cara ini juga dapat mengusir lebah yang ada di pohon rumahmu.

Baca Juga:

Insektisida Khusus Tawon

Membasmi serangga ini satu per satu tentu sulit dilakukan, maka itu disarankan untuk melakukan pembasmian dengan menyasar sarangnya. Cara pertama adalah dengan menggunakan insektisida khusus yang dapat dibeli di toko kimia. Umumnya insektisida tersediap dalam bentuk semprotan atau aerosol. Di samping itu, kamu pun dapat menggunakan insektisida serbuk. Dilansir dari situs Wikihow, ternyata jenis serbuklah yang dianggap lebih ampuh mengusir hewan ini. Tuangkan insektisida ke dalam wadah, lalu siapkanlah kuas dengan ukuran yang pas. Oleskan serbuk tersebut secara merata pada sarang. Dalam beberapa waktu sarang tersebut akan berubah kaku dan hewan yang ada di dalamnya akan melemah.

Demikian tadi beberapa tips mudah dalam membasmi sarang tawon vespa yang aman dan bisa anda lakukan sendiri dirumah. Berhati-hatilah dalam membasmi sarang tawon vespa. [Yuni Hastuti-WartaSolo.com]

Kategori: PERISTIWA
Tagged as: , dan lainnya.