5 Cara Ampuh Mengusir Ular dari Rumah

5 Cara Ampuh Mengusir Ular dari Rumah

5 Cara Ampuh Mengusir Ular dari Rumah. Bagaimana cara mengusir ular Kobra (sendok), Sanca, Anaconda agar tidak masuk kedalam rumah. Ada beberapa tips mencegah ular agar tidak masuk ke area rumah denga melakukan beberapa hal yang telah disiapkan tim rekdaksi Wartasolo.com. Apakah mengusir ular dengan kapur barus sangat ampuh mengusir hewan reptil tersebut? Menurut pengalaman beberapa orang cara mengusir ular adalah dengan garam, ternyata hal tersebut adalah mitos semata. Menurut beberapa ahli di bidang hewan reptil ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan apabil bertemu dengan hewan melata ini.

Ada banyak jenis ular di dunia ini yang mungkin belum diketahui namanya oleh anda, mulai dari yang terkecil (ular air) hingga yang paling besar misalnya ular piton.Yang paling anda kenal adalah ular Kobra ataupun Anaconda yang sering muncul di TV dalam adegan film. Di Indonesia sendiri ada ratusan jenis ular dari yang berbisa maupun tidak. Setidaknya ada lebih dari 2.900 spesies ular didunia ini dan dari jumlah tersebut, 375 spesies merupakan ular berbisa.

Ular adalah kelompok reptilia tidak berkaki dan bertubuh panjang yang tersebar luas di dunia. Secara ilmiah, semua jenis ular dikelompokkan dalam satu subordo, yaitu Serpentes dan juga merupakan anggota dari ordo Squamata (reptilia bersisik), bersama-sama dengan kadal. Akan tetapi, ular (Serpentes) sendiri diklasifikasikan pada cabang (klade) Ophidia, yaitu segolongan reptilia-reptilia dengan atau tanpa kaki, bertubuh panjang, dan memiliki fisiologis yang sangat berbeda dengan kadal.

Salah satu hewan reptin ini merupakan hewan jenis karnivora. Ular memangsa berbagai jenis hewan lebih kecil dari tubuhnya. Salah satu contoh ular pohon dan ular darat lebih suka memangsa burung, mamalia, kodok, jenis-jenis reptil kecil lain, termasuk telur-telur dari hewan. Ular-ular besar seperti ular sanca kembang mempunyai kemampuan luar biasa saat makan yaitu mampu memangsa kambing, kijang, rusa dan bahkan manusia. Ular-ular yang hidup di perairan memangsa ikan, kodok, berudu, dan bahkan telur ikan.

BACA JUGA: KATA-KATA BIJAK SAAT HUJAN DAN KATA MINTA MAAF BAHASA JAWA

Lantas bagaimana cara mencegah ular datang kerumah maupun pekarangan, menurut beberapa ahli menaburkan garam yang diiringi dengan doa-doa bisa mengusir ular. Ada pula untuk orang jawa pernah melakukanya yakni mengusir ulang dengan air panas dengan cara menyiramkanya. Tapi ada satu orang petualang namanya bang Panji yang sudah sangat terkenal di dunia hewan maupun mamalia bahwa hal yang paling ditakuti oleh ular adalah Manusia itu sendiri. Adanya reaksi perlawanan ular karena lingkunganya diganggu ataupun mencapat ancaman dari manusia atau makhluk lainya.

5 Cara Ampuh Mengusir Ular dari Rumah

Adapun beberapa cara mencegah ular datang atau masuk ke pekarangan maupun rumah bisa melakukan hal-hal berikut ini.

1. Wewangian

Cara paling ampuh pertama untuk mengusir ular dari rumah adalah dengan menyemrpotkan wewangian di setiap sudut rumah, dikolong tempat tidur maupun tempat-tempat yang anda curigai ketika ada ularnya.

Hal ini dilakukan untuk mengelabuhi penciuman ular yang senantia masuk ke dalam rumah karena ada bau makananya seperti tikus maupun hewan-hewan lainya. Nah, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan semprotan pada sudut-sudut sempit di sudut ruangan rumah anda.

2. Karbol

Kenapa menggunakan karbol pembersih lantai padahal biasanya dipakai untuk membersihkan keramik dan kloset WC. Tapi siapa kira ternyata jika Anda menemui ular di kediaman anda dan mempunyai karbol segera siram dengan karbol maka ular akan menyingkir. Sebab ffek karbol terhadap tubuh ular adalah rasa panas pada kulit yang mengakibatkan rusaknya sensor gerak ular.

Saat menyiramkan karbol sebaiknya hati-hati sebab ular bisa saja melakukan perlawanan balik apabila terancam dengan adanya serangan dari manusia.

3. Tanaman Pengusir Ular

Siapa sangka ada jenis pohon yang di takuti oleh ular yaitu pohon drini. Sayang menurut informasi yang di dapat jika tanaman pengusir ular juga banyak yang tahu, namun dipercaya atau tidak ada sebuah tanaman yang dipercaya oleh warga setempat sebagai tanaman yang ditakuti ular. Pohon yang satu ini keberadaannya sudah cukup langka dan jarang ditemui saat ini.

Baca Juga: Cara Melihat Pengumumam CPNS

Tanaman ini bisa ditemukan di Pantai Pulau Drini, Dusun Wonosobo, Desa Banjareja, Tanjungsari, Gunungkidul. Meskipun tergolong langka, tetapi saat ini banyak orang mulai membudidayakan menjadi bonsai drini. Jika Anda tertarik bisa membeli bonsai drini untuk berjaga-jaga apabila ada ular yang nyasar ke rumah.

4. Benda Bergagang Panjang

Ada salah tips mengusir ular keluar dari rumah yaitu dengan menggunakan benda bergagang panjang, seperti sapu, besi, kayu atau tongkat. Bisa dibilang cara mengusir ular dengan benda bergagang panjang ini adalah salah satu cara paling ampuh dengan mengarahkan benda ke arah ular. Cara ini sering dilakukan oleh ahli reptip atau orang terlatih. Jika anda masih awam sebaiknya ada pengawasan dari para pawang atau didampingi ahlinya.

5. Tali Ijuk

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan tali ijuk, sebab benda ini juga diklaim ditakuti ular karena memiliki permukaan yang kasar. Cara menggunakanya cukup mencambuk badan ular dengan benda ini.

Cara Mencegah Ular Datang Kembali ke Rumah

Kemudian akan kami berikan tips mencegah ular agat tidak datang lagi kerumah kediaman dengan melakukan hal-hal dibawah ini.

  1. Menjaga kebersihan rumah
  2. Merapikan taman
  3. Menutup semua lubang atau celah menuju di rumah seperti jalan air, pintu maupun jendela
  4. Pasang pagar yang tidak bisa dilewati ular
  5. Jaga agar aroma di rumah tetap wangi

Itulah beberapa cara mengusir dan mencegah ular dari rumah. Semoga dengan adanya informasi mengenai diatas bisa membantu Anda semua.

Kategori: PERISTIWA
Tagged as: , dan lainnya.