Biaya Membangun Rumah Minimalis 1 Lantai Tipe 21 Terbaru 2017. Berapa biaya untuk membangun rumah minimalis? Apa yang dimaksud rumah minimalis dan berapa biaya untuk membangunya. Cara menghitung biaya membangun rumah minimalis 1 lantai akan kita bahas dan kita pelajari dari membayar tenaga, menghitung luas tanah dan bangunan dan biaya lain-lain.

ARTI RUMAH MINIMALIS. Masih banyak yang belum tahu tentang arti membangun rumah minimalis bagi Anda yang sedang mengidamkan rumah baru. Sebagian keluarga yang baru menikan pastinya mengidamkan rumah/hunian yang murah namun harmonis tapi mempunyai lahan yang minim. Nah, untuk itu kita harus berpikir cermat jika ingin membangun rumah minimalis, contoh yang akan kita hitung biaya membangun rumah minimalis kali ini adalah tipe 21.


Kembali ke tema arti rumah minimalis yaitu sebuah konsep rumah minimalis terinspirasi dari ajaran filosofis dari Jepang yang dikenal sebagai Zen. Sebagian orang yang keseluruhan hidupnya saat itu bersandar pada Zen memang ditekankan untuk dapat hidup mengharmoniskan tubuh dengan pikirannya mereka. Setelah mendapatkan pengetahuan dari Zen, kuat dugaan konsep rumah minimalis lahir. Sebab dalam Zen, ketenangan diraih apabila hidup menyatu dengan alam. Itulah konsep yang akan kita pelajari saat ini.

Baca Juga: Model Rumah Minimalis Satu Lantai Tampak Depan Unik Terbaru 2017

Biaya Membangun Rumah Minimalis 1 Lantai Tipe 21

Inilah inti pembahasan kita kali ini yaitu membangun rumah minimalis. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhitungkan untuk membangun rumah minimalis yang ramah juga harmonis.

Biaya untuk Membayar Tenaga Kerja

Berikut ini ada tiga sistem yang erat berlaku untuk membuat (membangun) rumah baru, yakni harian, borongan jasa atau borongan penuh. Memang untuk hitung-hitungan bayaran jasa berbeda-beda. Seperti dikutip rumah.com untuk sistem harian, biayanya per hari sekitar Rp100-150 ribu per hari.

Kemudian untuk biaya jasa sekitar Rp600-800 ribu per meter persegi, namun yang menjadi mahal yakni biaya borongan penuh. Apabila kita taksir bisa mencapai Rp3-5 juta per meter persegi. Hal yang perlu diperharikan yaitu jika borongan jasa akan dibayar dana jasa sedangkan bahan material akan dipikirkan dan dibayarkan si pembangun rumah.

Simak Juga:

Memang pada umunya sistem borongan membangun rumah estimasi waktu lebih cepat daipada harian. Tapi keunguntungan dari membangun harian adalah memungkinkanya mengubah desain rumah bisa dilakukan. Memang hal tersebut diatas saling menguntungkan, hal tersebut kembali pada Anda yang ini membangun rumah baru.

Mengukur Luas Tanah dan Bangunan

Berikut ini adalah sebuah cara atau reng-rengan ketika ingin membuat rumah 21/60 bisa diartikan Anda harus mempunyai ukuran tanah seluas 60 meter persegi dan harga tanah di lokasi incaran yang diinginkan misalnya Rp800.000/m². Maka bisa dihitung dengan rincian Rp800.000 x 60 = Rp48.000.000.

Perkiraan penghitungan selanjutnya yaitu pembelian material, seperti pasir, batu bata, semen, dan lainya. Untuk pembahasan yang satu ini perlu komuniakasi dengan kepala pekerja material apabila menggunakan sistem harian, hal ini sesuai dengan kebutuhan.

Lihat Juga:

Selanjutnya jika Anda menginginakan sistem borongan secara penuh maka estimakas harga borongan pneuh antara Rp3,5 juta per meter persegi: 21 x 3.000.000 = Rp63.000.000. Jadi, total biaya beli tanah dan bangunan (sistem borongan penuh): Rp48.000.000 + Rp63.000.000 = Rp111.000.000.

Biaya Tambahan lainya

Bila dalam masa pembangunan, ada perubahan yang ingin dilakukan, seperti membangun taman, menambahkan ornamen, dan sejenisnya, perlu dihitung berapa perkiraan biayanya. Biaya ini perlu dipersiapkan dalam anggaran. Tetapkan sebesar 10% dari keseluruhan total anggaran.

Mungkin hal ini jarang dipikirkan bagi Anda yang ingin membangun rumah baru tipe 21 yaitu biaya lain-lain. Seperti apakah yang dimaksud dengan biaya lain-lain, biaya ini mencakup membangun taman, menambahkan ornamen, dan sejenisnya, perlu dihitung berapa perkiraan biayanya. Atau bisa kita anggar sebesar 10% dari biaya keseluruhanya.

Total Anggaran Pembangunan Rumah Minimalis Tipe 21/60

Itulah ketiga pos anggaran penting yang mungkin harus diperharikan juga dipersiapkan ketika ingin cepat membangun rumah minimalis untuk hunia Anda. Mungkin bisa ditaksir keseluruhanya biaya yang mesti di anggarkan dibawah ini.

Biaya Tanah + Bangunan (borongan penuh): Rp111.000.000
Biaya Lain-Lain: ditiadakan karena sistem borongan penuh
Total Anggaran: Rp111.000.000

Simulasi semacam inilah yang bisa kita gunakan untuk bisa mengetahui besaran anggaran untuk membangun rumah minimalis tipe 21/60. Memang untuk saat ini anggaran dalam simulasi di atas bisa berubah-ubah atau mengalami fluktuasi dan perbedaan demografis daerah Anda.

Intip Juga:

Demikianlah informasi biaya terbaru membangun rumah minimalis 1 lantai saat ini, anggaran biaya diatas bisa berubah-ubah sesuai dengan keadaan dan fluktuasi. Semoga bisa membantu Anda dalam menemukan referensi dan gambaran mengenai biaya membangun rumah anda kelak. Terima kasih semoga bermanfaat. [Muvus Prasetyo – WartaSolo.com]