Penanganan Radang Tenggorokan Pada Anak. Radang tenggorokan tidak ditentukan oleh perubahan iklim. Penyakit yang banyak menyerang anak-anak maupun orang dewasa ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh makanan, minuman, serta zat kimia yang terkandung dalam makanan tersebut. Dimusim penghujan radang tenggorokan kerap disertai batuk pilek.

Radang tenggorokan bisa disebabkan virus namun kadang juga disebabkan oleh bakteri serta jamur. Penularan radang tenggorokan disebabkan terkenanya percikan renik yang mengandung banyak kuman. Pada anak-anak radang tenggorokan akan mengurangi asupan makanan dan cairan anak-anak karena sakit saat menelan.


Radang tenggorokan akan membuat anak menjadi uring-uringan. Penanganan radang tenggorokan pada anak, sebagai orang tua harus selalu mengawasi makanan serta minuman yang dikonsumsi anak. Makanan yang tidak mengandung MSG serta pewarna buatan bagus untuk anak. Perbanyak anak mengkonsumsi buah dan sayur yang empunyai manfaat yang sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Penanganan Radang Tenggorokan

Sebenarnya radang tenggorokan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun untuk meringankan rasa sakitnya anda bisa menggunakan larutan garam untuk berkumur. Atau bisa juga menggunakan air jeruk lemon.

Simak Juga Ulasan Lainnya:

Disamping mampu meringankan radang tenggorokan penggunaan bahan alam aman bagi anak dan tidak ada efek samping. Selain itu larutan garam mampu membunuh bakteri yang bersarang pada mulut. Untuk anak penggunaan mouth wash sebaiknya diawasi oleh orang tua.

Namun jika radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri maka pemberian antibiotik perlu dilakukan. Atau ada gejala lain seperti kesulitan saat bernafas, adanya selaput putih pada dinding mulut. bila kesulitan bernafas dibiarkan saja akan mengakibatkan pasikan oksigen dalam paru-paru akan berkurang dan akan berakibat fatal.

Hubungi dokter bila radang tenggorokan tak kunjung sembuh dalam 3 hari. Penanganan oleh doker lebih baik. Obat penurun panas diberikan apabila anak masih mengalami demam. Selalu jaga kesehatan buah hati tercinta. Jauhkan makanan ataupun minuman yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Semoga ulasan mengenai penganan radang tenggorokan pada anak diatas bermanfaat dan manembah pengetahuan anda dalam menjada dan menangani anak yang terserang radang tenggorokan. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]