Penyebab Muntaber Yang Sering Diremehkan

Penyebab Muntaber Yang Sering Diremehkan

Penyebab Muntaber Yang Sering Diremehkan. Muntaber atau GEA merupakan infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan yaitu didaerah lambung atau perut. GEA kepanjangan dari Gastroenteritis Acute atau penyakit dengan tanda diare. Namun tidak semua mencret disebut diare.

Diare merupakan buang air besar dengan bentuk feses yang lebih cair dam frekuensi lebih sering dari biasanya. Bagi bayi yang masih mengkonsumsi ASI kemungkinan besar saat diare feses akan lebih cair dan frekuensi lebih dari 5 kali sehari bila dibandingkan bayi yang mengkonsumsi susu formula feses lebih padat dan frekuensi lebih jarang.

Kasus muntaber di Indonesia masih mendapat perhatian karena memiliki angka kematian yang cukup tinggi, terutama pada bayi, anak-anak dan orang lanjut usia yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Untuk menghindari penyakit muntaber kebersihan lingkungan merupakan faktor yang ikut mempengaruhi. Kebiasaan tidak mencuci tangan serta penggunaan air yang kurang steril memicu terjadinya muntaber.

Penyebab Muntaber

Simak Juga Ulasan Lainnya Seperti:

Penyebab lain dari penyakit muntaber adalah makanan atau minuman yang dikonsumsi terkontaminasi tinja atau muntahan penderita diare. Penyebaran secara langsung terjadi bila tangan penderita diare yang belum steril digunakan untuk mengambil makanan secara langsung.

Penyebab penyakit muntaber secara umum biasanya terjadi karena hal-hal seperti tersebut dibawah ini antara lain:

  1. Factor infeksi
  • Infeksi bakteri oleh kuman E, coli Salmonella, Kolera(memanfaatkan saat kondisi tbuh melemah)
  • Infeksi basil (enerovirus disentri)
  • Infeksi virus dan adeno virus
  • Infeksi parasit oleh cacing (askaris)
  • Infeksi jamur (candidiasis)
  • Infeksi akibat radang organ lain, seperti radang tonsil, bronchitis, dan radang tenggorokan
  • Keracunan makanan
  1. Factor malabsorpsi. Malabsorpsi karbohidrat dan malabsorpsi lemak
  2. Factor makanan. Makanan yang mengakibatkan diare adalah makanan yang tercemar, basi, beracun, terlalu banyak lemak, mentah (sayuran) dan kurang matang
  3. Factor psikologis. Rasa takut, cemas tegang. Jika terjadi pada anak dapat menyebabkan diare kronis.

Pencegahan penyakit muntaber yaitu dengan cuci tangan dibawah air mengalir dengan memakai sabun pada lima waktu pentimg yaitu sebelum makan, sesudah buang air besar, sebelum memegang bayi, sesudah menceboki anak dan sebelum menyiapkan makanan. Selain itu pengolahan sampah yang baik, membuang barang yang membuat sarang nyamuk dan menjada kebersihan lingkungan. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Baca Juga:

Selalu biasakan pola hidup bersih untuk mendapatkan jiwa yang sehat. Kebersihan dimulai dari dalam diri sendiri. Demikian ulasan mengenai penyebab muntaber yang sering diremehkan dan baru terasa ketika muntaber sudah menjangkitinya. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk selalu hidup sehat. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]

Kategori: Kesehatan
Tagged as: , dan lainnya.