Resep dan Cara Membuat Kolak Ketan Kelapa Muda, Enak, Gurih, dan Mudah

Resep dan Cara Membuat Kolak Ketan Kelapa Muda, Enak, Gurih, dan Mudah

Resep dan Cara Membuat Kolak Ketan Kelapa Muda, Enak, Gurih, dan Mudah. Kolak dan aneka ragamnya memiliki rasa dan kesan tersendiri bagi penikmatnya. Koleksi berbagai menu kolak yang lezat dan nikmat seakan menambah rasa bahagia ketika berbuka puasa berlangsung. Resep membikin kolak ketan kelapa muda sebenarnya sangat gambang dan simpel. Kudapan kolak yang siap disantap saat buka puasa tiba. Kenikmatan berbuka dengan lengkapnya aneka resep kolak yang simpel selalu menjadi berkah ramadan tersendiri. Rasa bosan dan jenuh dengan menuk kolak setiap ahri yang sama membuat kondisi nafsu makan kurang berselera.

Dengan resep membuat kolak ketan kelapa muda perpustakaan menu makanan Bunda makin tambah lengkap. Sehingga setiap hari Anda bisa mengkombinasikan dengan menu lain. Sajian kolak berganti-ganti membuat nuansa asyik berbuka puasa ramadhan semakin ceria. Ketan yang selama ini dianggap hanya untuk bahan-bahan masakan tertentu menjelma menjadi makanan berbuka puasa berkelas dan nikmat. Ditambah bahan lainnya, hmmm semakin wangi dan harum mengundang minat lahap makin memuncak. Tapi ingat disantap saat berbuka puasa ya.

Kolak adalah makanan spesial di bulan ramadhan. Kolak biasanya sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa di bulan Ramadhan yang mubarak. Selain manis, hangat (kadang dikasih es juga), kolak sangat cocok buat lambung yang awalnya kosong saat puasa di isi dengan satu mangkok kecil kolak yang lezat dan sehat. Aneka cara resep kolak di sini bisa Anda share sebanyak-banyak kepada saudara Anda agar makin lengkap dan berkesan selama menjalani puasa Ramadhan.

Resep dan Cara Membuat Kolak Ketan Kelapa Muda, Enak, Gurih, dan Mudah

Berikut cara membuat kolak ketan kelapa muda yang mudah dan praktis untuk Anda pembaca sekalian.

Bahan-bahan ketan:

  • 200 gr beras ketan, rendam
  • 1 jam 100 ml air
  • 1 lembar daun pandan, disimpulkan
  • 1/8 sendok teh garam

Bahan utama kolak:

  • 1500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 200 gr kelapa muda, dikeruk lebar
  • 100 gr kolang-kaling
  • 350 gr gula merah, disisir halus
  • 2 lembar daun pandan, disimpulkan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 5 buah nangka, diiris panjang
  • 30 gr sagu mutiara merah

Cara membuat kolak ketan kelapa muda:

  1. Bahan Ketan: kukus beras ketan 15 menit hingga merekah.
  2. Siapakan dan rebus air, daun pandan wangi, dan garam hingga mendidih. Tambahkan ketan kukus. Aduk hingga terserap.
  3. Kukus 30 menit hingga matang. Angkat dan bentuk bola-bola. wartasolo mengucapkan selamat berbuka puasa.
  4. Bahan Kolak: rebus gula merah, daun pandan, garam, dan santan sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan kelapa muda, kolang kaling, nangka, dan sagu mutiara merah.
  5. Masak dengan api kecil hingga meresap.
  6. Sajikan ketan di siram dengan kuah kolak.

BACA JUGA: Kumpulan Aneka Kolak Terbaru, Mudah, Gampang, Praktis

Mudah dan praktiskan? Semoga resep dan cara membuat kolak ketan kelapa muda barusan mampu menemani ibadah puasa Anda semakin lengkap dan khusuk. WartaSolo.com juga menyediakan aneka kebutuhan selama bulan puasa seperti menu anek menu sahur, koleksi menu dan resep singkat buka puasa, serta hiburan selama bulan ramadhan seperti dp bbm saat tarawih, kalimat ucapan sahur, sms kata-kata sahur dalam bahasa jawa halus. Intinya selama berpuasa di bulan suci ramadan lengkap apa yang Anda butuhkan di laman ini. Searching aja di wartasolo dan ketik sesuatu di pencarian maka semoga apa yang Anda butuhkan dan cari tersedia. BACA JUGA: Kumpulan Tema Kultum Selama Satu Bulan Penuh Ramadhan 2017.