Antikythera Mechanism Google Doodle 17 Mei 2017. Apa arti Antikythera Mechanism Google Doodle 17 Mei 2017 hari ini? Pada Rabu, 17 Mei 2017, halaman utama google ada gambar simbol gigi (gear) sebuah alat (mesin), pada tulusan GOOGLE doodle. Ada juga seseorang menghadap arah kanan semacam membawa bowling dan akan melemparnya. Apakah artinya? Google Doodle Hari Ini 17 Mei 2017 Antikythera Mechanism, mari mengenal lebih dekat.

Google doodle memberikan arti, simbol, atau logo dalam memperingati, mengenal, mengenang dan menyambut sesuatu yang dianggap berjasa. Antikythera Mechanism hari ini menjadi topik hangat laman muka google doodle ketika seseorang sedang menjelajah menggunakan peramban tersebut.


Penjelasan Sejarah Antikythera Mechanism Google Doodle 17 Mei 2017

Apa makna arti Mekanisme Antikythera ? atau Antikythera mechanism?

Hari ini google doodles menyebut logo, sombol laman muka dengan hal unik lainnya. Ada semacam tampilan logo google doodles dengan gambar yang aneh, dan saat kita klik pada simbol itu akan mengarah pada keyword (kata kunci) “what is the Antikythera mechanism?” yang artinya “Apa itu Mekanisme Antikythera?”.

Dengan ini memperlihatkan bahwa bertepatan dengan 115 tahun hari ditemukannya sebuah mesin unik yang dinamakan Antikythera mechanism, jika anda ingin tahu lebih jelas tentang apa sich Antikythera mechanism, atau Mekanisme Antikythera , berikut ulasannya:

Pengertian Antikythera Mechanism Google Doodle 17 Mei 2017

Arti mekanisme antikythera adalah nama yang diberikan untuk sebuah benda misterius yang ditemukan oleh para penyelam abad ke 20 yang mengekspedisi puing-puing kapal keram yang tenggelam sekitar tahun 80 SM di perairan pulau Antikythera menuju Roma. Benda tersebut memang terlihat aneh, bentuknya seperti jam Waker dengan kombinasi gear-gear (roda gigi) dari besi.

Pada penelitian yang seksama mengenai benda tersebut oleh ilmuwan yang berasal dari Universitas Cardiff, adalah semacam tim tingkat dunia untuk meneliti benda misterius tersebut, disimpulkan bahwa benda tersebut adalah kalkulator astronomi pra sejarah atau komputer analog kuno berumur dua ribu tahun. Yang kemudian sekarang dineal sebagai Antikythera Mechanism karena ditemukan di pulau Antikythera.

Fungsi Mekanisme Antikythera?

Pada hasil penelitian yang mendalam oleh Derek John De Solla Price, dijelaskan bahwa benda misterius antikythera mechanism adalah benda atau alat ukur astronom yang digunakan untuk menghitung dan mengukur pergerakan bintang-bintang dan pelanet. Sekarang juga dikenal sebagai dan sebagai Kalkulator Astronomi.

Kalkulator ini mampu melacak jejak bulan dan matahari pada rasi bintang, penghitungan gerhana secara tepat, pergerakan orbit bulan yang tidak umum serta posisi planet. Sebagaimana hasil penelitian alat tersebut tentang kegunaan dalam penghitungan astronomi yang memiliki ketetapan luar biasa.

Faktanya bahwa teknologi Yunani kuno telah maju jauh melampaui perkiraan manusia. Tidak ada peradaban yang mampu menciptakan suatu benda yang begitu rumit semacam ini dalam ribuan tahun yang lalu.

Hal ini mendapat komentar dari Professor Edmund berkata, “Alat ini luar biasa, hanya satu-satunya. Disainnya indah, perhitungan astronominya juga luar biasa tepat. Siapapun bisa ternganga bila menyaksikannya, alat ini telah diciptakan dengan penuh ketelitian.”.

Dari kecanggihan alat tersebut membuat para ilmuan utuk menusunnya, menduplikat bahkan ingin mengembangkan teklologi kuno Antikythera Mechanism.

Penelitian, Rekonstruksi dan Pengembangan Antikythera Mechanism

Sejak ditemukan oleh para penyelam abad 20 di sekitar pulau Mechanism, dan diteliti oleh para ilmuan, Komputer kuno sebagai kalkulator astronomo tersebut menantang para ilmuan untuk meneliti lebih dalam, akhirnya mereka mencoba untuk menyusun ulang pecahan mesin aneh tersebut sembari mempelajarinya lebih dalam.


Seperti Dr.Tony Freeth dari Universitas Matematika dan Prof.Mike Edmunds dari Universitas Fisika Astronomi sebagai orang yang pertama kali mengetahui Antikythera Mechanism. Sekarang mereka percaya adanya rahasia (misteri) mengenai bagaimana mesin misterius tersebut dapat bekerja. Dan berikut adalah gambaran / skema bagaimana mesin astronomi tersebut dapat bekerja :

Cara alat Antikythera Mechanism bekerja

Mekanisme alat Antikythera Mechanism bekerja

 

Diagram alur alat Antikythera Mechanism bekerja

3D Gambaran Mekanisme alat Antikythera Mechanism bekerja

Profesor Michael Edmunds dari Cardiff University, yang memimpin sebuah studi tahun 2005-2006 meneliti mekanisme itu dengan mesin CAT-scan yang canggih untuk menghasilkan gambar sinar-X tiga dimensi beresolusi tinggi.

Mereka menyusun ulang ulang kalkulator astronomi dengan penuh kehati-hatian demi bisa membuktikan dan mengetahui fungsi dan sistem kerja alat tersebut.
Komputer raksasa Hewlett-Packard juga ikut membantu menyediakan teknologi pencitraan untuk menampilkan permukaan mesin secara detail. Mekanisme alat ini tersusun kembali dari 70 bagian, dan secara tepat dipasang seperti kondisi awalnya.

Saat selesai direkonstruksi, mereka mengemukakan informasi baru tentang cara kerja mekanisme itu. Ketika si pengguna memutar kenopnya, setidaknya 30 roda gigi yang saling terhubung mengaktifkan tiga piringan di bagian depan dan belakang kotak. Ini memungkinkan si pengguna memprediksi siklus astronomis, termasuk gerhana.

Foto-foto Tampilan Antikythera Mechanism Google Doodle 17 Mei 2017 Hari Ini Pada wikipedia

Foto-foto Antikythera Mechanism komputer analog kuno Antikythera Mechanism

Baca Juga:

BENAR-BENAR HAL DILUAR NALAR, AMAIZING!!!

Kecanggihan ilmu pengetahuan jaman dahulu melebihi ekspetasi keilmuan modern. Dan akhirnya para ilmuan memperkenalkan alat ini pada konferensi internasional 2 hari di Athena dan Jurnal Nature. Mereka berharap untuk menciptakan model komputer tentang bagaimana mesin ini bekerja, dan replikanya yang dapat bekerja seperti aslinya. Sekarang, Antikythera Mechanism ini disimpan di Museum Arkeologi Nasional, Athena (Yunani). Semoga bermanfaat. Baca Juga: Jadwal Imsak Puasa Seluruh Daerah di Indonesia 2017[M. Anis – WartaSolo.com]

 

dari berbagai sumber