Kue Kering Terpopuler: Jan Hagel, Camilan Khas Belanda Yang Enak Dan Lezat. Jan hagel merupakan sebutan bagi satu cemilan enak dari jenis kue kering yang sudah ada sejak zaman kolonial belanda dulu. Meski tidak begitu sohor seperti kue tradisional odading yang juga sudah ada sejak zaman penjajahan dulu tapi kue jan hagel ini pas sekali dinikmati sebagai cemilan di saat santai bersama keluarga tercinta atau untuk menyambut tamu.

Komposisi yang digunakan pada pembuatan kue jan hagel cukup sederhana yaitu dengan memadukan mentega, gula halus, telur dan almond slice. Sedangkan proses pembuatannya dilakukan dengan cara dipanggang. Perpaduan almond dan telur menghasilkan rasa yang begitu nikmat.


Berikut cara membuat kue jan hagel khas Belanda yang enak dan lezat banget

Kue Kering Terpopuler

Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Jan Hagel

  • Mentega 300 gram
  • Gula halus 180 gram
  • Kuning telur 2 butir
  • Tepung terigu 350 gram
  • Almond slice 50 gram
  • Kuning telur 1 butir + susu 1 sdm, bahan oles

Langkah Membuat Kue Jan Hagel

  1. Campurkangula halus dengan mentega lalu kocok sampai merata dan warnanya berubah pucat. Kemudian tambahkan dengan bagian kuning telur dan disusul dengan menambahkan tepung terigu yang sudah diayak halus. Aduk merata hingga mnejadi adonan kue.
  2. Pisahkan adonan menjadi 2 bagian lalu tuangkan pada loyang dengan bahan alas kertas baking, kemudian giling hingga rata.
  3. Kocok kembali bagian kuning telur yang masih tersisa untuk membuat bahan oles, kemudian tambahkan dengan susu. Kocok merata.
  4. Oleskan bahan kocok yang sudah dibuat pada bagian atas adonan dalam loyang yang sudah digling rata lalu taburkan juga almond slice di atasnya.
  5. Masukkan ke dalam oven dan panggang dalam suhu 140⁰C sampai agak matang dan keluarkan.
  6. Adonan kue yang dipanggan setengah matang kemudian dibagi menjadi beberapa potongan kue dan diberi olesan kocokan telur kembali.
  7. Masukkan kembali kue setengah matangnya ke dalam oven dan panggang sampai matang.
  8. Keluakan kue yang sudah dipanggang matang dan jan hagel siap dinikmati.

Demikian tadi resep membuat jan hagel meskipun kue ini berasal dari Belanda namun kue ini sangat disukai masyarakat Indonesia karena rasanya yang pas banget dengan lidah orang Indonesia. Semoga resep diatas bermanfaat, selamat mencoba. Baca Juga: Kue Belinjo Jajanan Khas Surabaya Yang Enak Banget [YuQe-WartaSolo.com]